Sejak dulu banyak orang menyukai variasi suara lovebird. Maka, tidak heran jika mereka pun mulai melatih lovebird kesayangannya untuk menghasilkan beragam jenis suara. Namun tentu saja, tidak mudah untuk menghasilkan lovebird seperti itu. Dibutuhkan perawatan dan pemasteran yang serius dan konsisten sejak lovebird masih paud. 

Dari seluruh proses pemasteran untuk menghasilkan variasi suara lovebird, yang paling penting adalah menentukan tujuan pemasteran sejak awal sehingga kita bisa memilih cara pemasteran yang sesuai. Untuk lovebird yang akan diikutkan lomba, proses pemasteran bisa memanfaatkan suara burung dengan karakter yang mirip suara lovebird sehingga suara kicauan burung kita bisa berkembang dengan lebih baik. 

variasi suara lovebird

Sedangkan untuk menghasilkan variasi suara lovebird, proses pemasteran bisa memanfaatkan suara burung yang karakter suaranya unik, seperti ciblek atau prenjak betina, sehingga suara kicauan burung kita bisa memiliki lagu-lagu baru. 

Macam-macam suara masteran yang cocok untuk lovebird

  1. Cililin: burung Cililin memiliki suara yang tajam dan nyaring. Sehingga jika sobat berhasil memaster lovebird dengan burung ini, suara ngekek lovebird bisa jadi lebih panjang serta nyaring. Persis seperti karakter suara burung Cililin.
  2. Kenari: Burung kenari mempunyai suara dengan karakter yang mengalun, jika sobat berhasil memaster lovebird dengan burung ini maka hasilnya suara lovebird akan lebih bervariasi lagi iramanya.
  3. Tengkek: Karakter suara burung tengkek yang tajam dan rapat cukup baik jika digunakan untuk masteran lovebird sobat kicau.
  4. Cucak jenggot: Jika sobat kicau punya lovebird yang latah maka cucak jenggot bisa jadi pilihan untuk masterannya.  Alasannya karena karakter cucak jenggot yang mempunyai besetan yang khas sangat bagus untuk menambah variasi suara lovebird sobat.
  5. Belalang: Belalang memang bukan seekor burung, namun perlu diketahui bahwa sudah banyak orang yang memanfaatkan suaranya sebagai masteran karena karakternya rapat dan tajam sehingga mempengaruhi gaya berkicau burung lovebird.

Selain 5 macam suara di atas, sobat juga bisa memilih burung ciblek, prenjak betina, dan burung lain yang mempunyai suara khas. Terutama jika lovebird sobat hanya dijadikan penyanyi rumahan. Berdasarkan pengalaman om master, cukup pilih 2 jenis burung untuk membantu proses pemasteran. Jika sobat memaksa menggunakan semua suara masteran, biasanya lovebird pun akan kesulitan menangkap dan mengingatnya. Akibatnya sobat tidak bisa mendapatkan variasi suara lovebird yang diinginkan.

Tips memaster lovebird

Untuk memaster lovebird, om master mempunyai beberapa tips yang bisa berguna jika sobat aplikasikan di rumah pada burung jagoannya:

  • Lakukan proses pemasteran sejak lovebird masih usia anakan agar suara masteran menempel kuat di ingatan lovebird
  • Memaster lovebird menggunakan burung masteran agar kualitas suara yang dijadikan masteran terjamin baik dan bisa dikontrol.
  • Gunakan rekaman suara burung masteran jika sobat tidak punya banyak waktu untuk memaster burungnya
  • Gunakan burung sejenis untuk memaster burung
  • Lakukan proses pemasteran saat lovebird sedang merasa tenang dan nyaman agar burung bisa merekam suara masteran dengan baik
  • Perhatikan jarak sangkar burung lovebird dengan burung masteran
  • Jika sobat merasa burung lovebirdnya bisa down atau stress saat proses pemasteran secara langsung sebaiknya kerodong burung lovebird yang dimaster. 

Proses pemasteran untuk menghasilkan variasi suara lovebird

Berikut ini merupakan langkah-langkah proses pemasteran untuk menghasilkan variasi suara lovebird:

  1. Menggantang lovebird muda di antara 2 jenis burung masteran di dalam satu ruangan
  2. Memutar rekaman suara burung masteran secara otomatis
  3. Menempelkan lovebird dengan burung masteran setiap hari

Dalam praktiknya, proses pemasteran bisa jadi singkat namun bisa juga cukup lama. Hal ini sangat tergantung pada kepintaran burung lovebird yang dimaster. Selain itu, kegacoran burung yang dijadikan masteran pun ikut berpengaruh. Jika lovebird sobat sudah menguasai jenis suara masteran yang diperdengarkan, maka sobat bisa mengganti suara masteran dengan suara yang lainnya. 

Contohnya, sobat ingin memaster lovebird jagoannya dengan suara ciblek dan cililin. Lalu sobat memaster burungnya dengan suara ciblek lebih dulu. Setelah ia berhasil menguasai suara ciblek, selanjutnya bisa diganti dengan suara cililin.

Jika sobat kicau belum memiliki masteran yang berkualitas saat ini, jangan khawatir karena sekarang rekaman suara masteran bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan om master sendiri sering menggunakan rekaman untuk beberapa burung yang dirawat di rumah menggunakan video di youtube berikut ini:

 

 

Itulah pembahasan mengenai proses pemasteran untuk menghasilkan variasi suara lovebird. Semoga dapat membantu sobat kicau membentuk lovebird dengan variasi suara yang diinginkan. Sampai jumpa di artikel tentang lovebird dari om master selanjutnya di pakanmaster.com.

Follow us:
Cara Menghasilkan Variasi Suara Lovebird
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020