Salah satu hal yang membuat kucing menjadi unik adalah bulunya, seperti contohnya Tri Color. Di Indonesia, kucing seringkali mendapatkan nama panggilan sesuai dengan warna bulunya, seperti si hitam, belang, oren, putih, bintik, dan masih banyak lagi.

Ternyata setiap warna tersebut punya istilahnya masing-masing loh! Dan kali ini kita akan membahas warna serta pola pada bulu kucing di seluruh dunia untuk menambah pengetahuan cat lovers tentang kucing. Yuk dibaca baik-baik!

Warna Solid Bulu Kucing
Warna Solid Bulu Kucing

sumber: https://www.catster.com/cats-101/different-cat-colors

Warna-warna dasar pada bulu kucing

 

Jika melihat kucing secara langsung, bulunya memiliki banyak warna. Namun sebenarnya ada lima warna yang menjadi “dasar”-nya, yaitu: putih, hitam, merah (orange), abu-abu, dan coklat. Adapun warna lainnya merupakan kombinasi atau campuran dari kelima warna tersebut.

Sedangkan dilansir dari catster.com, warna dasar bulu kucing hanya ada dua yaitu hitam dan orange. Joan Miller, seorang ahli kucing, mengatakan jika ratusan warna lain yang ada pada kucing disebabkan oleh faktor yang memodifikasi dua warna tersebut, yaitu gen.

Macam-macam pola pada bulu kucing

Selain warna, pola bulu kucing juga sering menarik perhatian. Dari berbagai jenis kucing di seluruh dunia, total ada tujuh pola bulu kucing. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Solid color (satu warna)

Warna Solid
Warna Solid

sumber: https://i.imgur.com/Mra3KF9.jpg

Solid Color atau satu warna adalah pola bulu yang paling mudah diidentifikasi karena hanya ada satu warna pada tubuh kucing. Jika ada warna lain di tubuhnya, maka sudah bukan termasuk Solid Color lagi.

2. Bi-color (dua warna)

Bi-Color (Dua Warna)
Bi-Color (Dua Warna)

sumber: https://www.thesprucepets.com/facts-about-tuxedo-cats-554704

Bi-color atau dua warna adalah pola yang terdiri dari dua warna, biasanya yang mendominasi adalah warna putih. Karena menurut penuturan Joan Miller kepada catster.com, pola Bi-color terlahir dari belang-belang yang nggak sempurna.

Pola Bi-color kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu: magpie (belangnya acak), harlequin (belangnya acak dengan ekor yang berwarna), cap and saddle (kepalanya memiliki warna, dan di belakang tubuhnya ada warna yang membentuk seperti ‘pelana’) atau van (terdapat warna di antara telinga dan ekornya juga berwarna).

3. Tabby (belang)

Tabby (Belang)
Tabby (Belang)

sumber: https://www.thehappycatsite.com/grey-tabby-cat/

Jenis pola warna bulu Tabby (belang) adalah yang paling banyak ditemukan pada kucing di seluruh dunia. Dilansir dari catster.com mengungkapkan fakta menarik tentang pola warna ini, mereka mengatakan bahwa semua kucing memiliki pola warna tabby, bahkan untuk kucing yang memiliki pola sollid pun memiliki pola tabby yang bisa dilihat saat mereka bayi.

Ciri paling khas dari pola tabby ini adalah adanya garis yang membentuk huruf “M” di antara kedua matanya.=

Ada 4 variasi pola warna tabby pada kucing.

  • Striped tabby (mackerel tabby) mempunyai garis lurus yang menurun dari punggung sampai ke perut.
  • Classic tabby (blotched tabby) mempunyai pola garis yang melingkar seperti marble di sebagian besar tubuhnya.
  • Spotted tabby sama seperti namanya yaitu pola yang membentuk seperti sebuah spot (seperti bengal) pada tubuhnya. Jarak antara spot ini bisa berbeda-beda pada setiap jenis kucing.
  • Ticked tabby biasanya terdapat garis-garis di kaki dan ekornya, juga terdapat pola burik yang rumit di sisi tubuhnya

4. Tortoiseshell

Tortoiseshell
Tortoiseshell

sumber: https://www.petinsurance.com/healthzone/pet-breeds/cat-breeds/tortoiseshell/

Pola Tortoiseshell adalah campuran dari warna merah (orange) dengan hitam. Kebanyakan pola Tortoiseshell ditemukan pada kucing betina. Campuran warna merah (orange) dengan hitam pada pola Tortoiseshell sangat beragam, mulai dari brindled—atau kondisi di mana kedua warna tersebut bercampur dengan baik—sampai dengan yang garis potongannya terlihat jelas.

Terkadang juga dijumpai campuran pola warna tabby dan Tortoiseshell, yang dikenal dengan sebutan “torbie”.

5. Tri color/Calcio (tiga warna)

Tri Color (Tiga Warna)
Tri Color (Tiga Warna)

sumber: https://www.animaltia.com/tortoiseshell-calico-cats-explained/

Tri color atau calcio adalah kucing dengan pola yang terdiri dari tiga warna. Seperti Tortoiseshell, kucing dengan pola ini juga biasanya ditemukan pada kucing betina. Di Indonesia sendiri ada mitos yang sangat populer mengenai kucing tri color, namun kebenarannya masih harus diuji lagi. Seperti yang dikenal dimasyarakat bahwa memelihara kucing Tri Color ini akan mendapatkan rizki berlimpah yang tiada hentinya, adalagi yang mengatakan bahwa jika ditemui kucing Tri Color jantan maka kucing tersebut pasti mandul / tidak dapat menghasilkan keturunan. Selain itu menurut rumor yang beredar kucing Tri Color jantan harganya sangat mahal karena jarang dijumpai.

6. Color point

Color Point
Color Point

sumber: https://wall.alphacoders.com/wallpaper.php?i=969717&w=1024&h=600&type=crop

Pola Color point adalah pola yang ada pada kucing Siam. Pada pola ini biasanya wajah kucing, kaki, dan ekor berwarna gelap. Menurut website omlet.co.uk, pola ini lahir disebabkan oleh sebuah gen yang membuat bagian terdingin dari tubuh kucing mempunyai warna lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya. Uniknya, gen ini terdapat pada kucing jantan maupun betina.

7. Shadow / Pola bayangan

Shadow
Shadow

sumber: https://www.catster.com/cats-101/different-cat-colors

Karakter khas yang terdapat pada pola ini adalah adanya warna pada ujung bulu-bulunya dan putih di bagian bawahnya. Pola bayangan ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu: Chinchilla, shaded dan smoke, masing-masing dibedakan dari bayangan yang ada di bulu-bulunya.

Pada pola Chinchilla, hanya bagian paling ujung dari bulu kucing yang berwarna; sementara itu dalam pola shaded, seperempat bulu kucing yang berwarna; sedangkan dalam pola smoke, sebagian dari bulu kucing yang berwarna. Jika kucing yang memiliki pola smoke diam, bulunya akan menunjukan warna yang solid (satu warna), namun saat ia bergerak warna putih di bagian bawahnya jadi terlihat.

 

Warna pada bulu kucing dan kepribadiannya

Seorang peneliti dari The University of Calorina, melakukan survey pada 1.200 pemilik kucing pada tahun 2015. Ia meminta respondennya untuk memilih kategori warna yang merepresentasikan kucing mereka dan menjawab pertanyaan terkait hubungan antara warna yang dipilih dengan tingkah laku kucing mereka. Hasilnya menunjukan bahwa kucing tiga warna dan Tortoiseshell cenderung bersemangat dan sulit diprediksi. Penelitian ini dipublikasikan dalam The Journal of Applied Animal Welfare Science.

Dalam survey yang lainnya, Berkeley, seorang peneliti dari The University of California, dan California State University, meminta 189 pemilik kucing untuk mencocokan istilah yang diberikan—aktif, menyendiri, berani, tenang, supel, intoleran, pemalu, keras kepala, dan dapat dilatih—kepada lima jenis warna bulu kucing—merah/orange, tri color, putih, hitam dan bi-color. Hasilnya menunjukan bahwa kucing oren mempunyai sifat yang nggak ramah, tri color mempunyai sifat intoleran, dan kucing berwarna putih mempunyai sifat yang senang menyendiri.

Kedua hasil penilitian tersebut hanya menunjukan sifat kucing berdasarkan pada perspektif manusia saja, bukan berdasarkan hasil uji lab atau penelitian ilmiah terhadap kucingnya langsung. Oleh karena itu, masih terdapat bias di sana. Namun tetap saja, menunjukan adanya kemungkinan korelasi antara warna bulu dengan sifat tertentu pada kucing.

Nah demikian pembahasan tentang warna dan pola pada bulu kucing. Semoga dengan membaca artikel ini, cat lovers jadi mengetahui nama asli dari si belang, oren, putih, atau hitam, ya! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

 

 

Sumber:

https://www.omlet.co.uk/guide/cats/choosing_the_right_cat_for_you/cat_coat_colours_and_patterns

Cat Colors — Get the Fascinating Facts Behind Cat Coats & Patterns

 

 

Follow us:
Tri Color dan Jenis Serta Warna Lainnya Pada Kucing
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020