Tanaman beracun? Apa hubungannya dengan kucing? Meskipun kucing termasuk ke dalam hewan pemakan daging, namun kadang-kadang ia juga memakan tanaman. Entah apa yang membuat kucing suka makan tanaman, sampai sekarang belum ada yang mengetahui alasannya. Beberapa sumber mengatakan tujuannya mungkin untuk mendapatkan vitamin tertentu, menyerap serat, atau sekedar menyukai rasanya dan ada pula yang mengatakan kucing memakan tanaman untuk membantu mngeluarkan bulu-bulu yang tertelan untuk dimuntahkan kembali.

Cat lovers mungkin menganggap perilaku ini normal karena tidak membahayakan kucing, akan tetapi ternyata tidak semua tanaman aman untuk kucing. Ada juga tanaman yang beracun serta bahayanya bagi kucing. Untuk mengetahui jenis tanaman tersebut, silakan baca artikel ini sampai akhir ya!

 

Apa bahaya yang menunggu kucing jika memakan tanaman yang beracun baginya?

Sebelum membahas jenis tanamannya, kita akan membahas mengenai bahayanya terlebih dulu.

Beberapa jenis tanaman mengandung senyawa yang bisa mengganggu kesehatan kucing. Biasanya setelah kucing memakan tanaman tersebut, gejala keracunan akan muncul dan setiap gejalanya berbeda-beda tergantung jenis tanamannya.

Gangguan kesehatan paling umum yang diakibatkan oleh tanaman yang beracun bagi kucing adalah:

 

Gangguan pencernaan

Ada beberapa gangguan pencernaan yang disebabkan oleh tanaman yang beracun bagi kucing. Misalnya muntah, diare akut, gastroenteritis akut, gagal hati, nafsu makan hilang, serta perubahan suasana hati.

 

Kelainan saraf

Ada juga tanaman yang mempengaruhi sistem saraf kucing. Jika kucing memakan tanaman tersebut maka akan menyebabkan kejang-kejang, peningkatan jumlah air liur, sesak, halusinasi, pupil mata melebar, dan kerusakan mata permanen.

 

Gangguan jantung

Beberapa tanaman juga bisa meningkatkan detak jantung kucing, membuat kucing kesulitan bernafas, menyebabkan aritmia, dan yang paling parah menghentikan fungsi jantung.

 

Dermatitis Kontak (iritasi kulit)

Dermatitis kontak atau iritasi kulit merupakan kondisi yang muncul akibat kucing melakukan kontak langsung dengan tanaman beracun. Biasanya muncul gejala iritasi pada bagian tubuh kucing yang bersentuhan langsung dengan tanamannya. Selain itu, bisa juga menyebabkan radang, gatal, merah-merah, nyeri, dan rontok bulu.

 

Gagal ginjal

Biasanya beberapa jam setelah kucing mengkonsumsi tanaman beracun yang menyebabkan gagal ginjal, ia akan muntah-muntah. Gejala ini sangat mirip dengan gangguan pencernaan, oleh karena itu banyak orang yang salah mengartikannya.

Kemudian seiring waktu berlalu, gejala lain seperti anoreksia (penurunan berat badan), dehidrasi dan depresi  akan mulai terlihat jelas pada kucing.

Terkadang, kucing bisa mengalami lebih dari satu gangguan tergantung pada kontak antara kucing dengan tanaman dan jenis tanamannya. Nah ini adalah daftar jenis tanaman serta gangguan yang dihasilkannya:

 

Tanaman yang menyebabkan gangguan neurologis, pencernaan, atau jantung pada kucing

 

Oleander (Bunga Mentega)

Tanaman Beracun

sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Nerium_oleander_pink.jpg

Tanaman Oleander merupakan tanaman berbunga yang banyak ditemukan di sekitar lingkungan rumah. Jika ada tanaman ini di dekat rumah, sebaiknya cat lovers berhati-hati karena jika kucing memakannya maka kucingnya akan menderita masalah pencernaan.

Selain itu, tergantung jumlah yang dikonsumsi, Oleander juga dapat menyebabkan aritmia, kesulitan bernafas, demam atau serangan jantung!

Azalea

Azalea

sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/538711/

Tanaman dengan bunga yang indah ini bisa mempengaruhi sistem pencernaan kucing, menyebabkan diare, muntah dan peningkatan jumlah air liur. Jika kucing mengkonsumsi tanaman ini dalam jumlah yang kecil, maka ia akan mengalami halusinasi.

Sementara itu, jika jumlahnya lebih besar maka ia akan menderita kerusakan saluran pencernaan akut, gangguan pernafasan, perubahan denyut jantung, hipertensi, koma, kejang. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Dieffenbachia

Dieffenbachia

sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Dieffenbachia-01.jpg

Tanaman rumahan ini semua bagiannya sangat beracun bagi kucing. Jika kucing tidak sengaja menyentuh tanaman ini, maka ia akan mengalami iritasi, kemerahan, radang atau melepuh. Jika sampai termakan, maka dapat menyebabkan rasa panas seperti terbakar dalam mulut kucing. Oleh karena itu, biasanya kucing yang tidak sengaja memakan tanaman ini akan langsung berhenti setelah tanaman masuk ke mulutnya.

Selain itu, Dieffenbachia juga bisa menyebabkan leher dan tenggorokan kucing membengkak, perut dan kerongkongan sakit, sulit menelan, peningkatan jumlah air liur, kesulitan bernafas, muntah, dan mati karena kehabisan energi.

Eucalyptus (kayu putih)

Kayu Putih

sumber: https://surabayastory.com/2020/05/13/mengenal-eucalyptus-tanaman-yang-dipercaya-bisa-menangkal-virus-corona/

Eucalyptus atau kayu putih adalah jenis pohon yang banyak ditemukan di hutan atau kebun dekat rumah. Jika di dekat lingkungan tempat tinggal cat lovers ada pohon ini, sebaiknya berhati-hati. Jika daun atau bagian lain dari pohon ini tidak sengaja dikonsumsi kucing maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diare, dan muntah.

Ivy

Ivy

sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4243715/mengenal-daun-ivy-tanaman-hias-yang-bisa-meredakan-batuk

Ivy adalah tanaman yang sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Semua bagian tanaman ini ternyata beracun bagi kucing. Jika ada bagian yang tertelan oleh kucing maka akan menyebabkan gangguan pencernaan, diare, muntah, kejang-kejang, dan detak jantung menjadi lebih cepat. Jika kucing tidak sengaja bersentuhan dengan tanaman ini maka ia akan mengalami dermatitis dan ruam.

Hydrangea (hortensia)

Hydrangea

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Hydrangea_macrophylla_blue.jpg

Tanaman yang sangat familiar bagi kita ini ternyata daun dan bunganya beracun bagi kucing loh! Gejala keracunan yang paling umum adalah diare, muntah dan sakit perut. Jika terlalu banyak dikonsumsi oleh kucing maka dapat menyebabkan masalah motorik seperti berkurangnya koordinasi di antara sistem sarafnya.

Eceng Gondok

Eceng Gondok

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Eceng_gondok_(Eichhornia_crassipes).jpg

Bagian yang paling beracun dari eceng gondok adalah umbinya. Umbinya bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan, diare atau muntah jika dimakan oleh kucing.

Lily (Bunga Bakung)

Bunga Bakung

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bakung

Sudah jadi pengetahuan bersama bahwa bunga lily ini beracun bagi kucing. Tanaman ini dapat menyebabkan diare, muntah, sakit perut, atau malaise umum. Dalam beberapa kasus, tanaman ini juga bisa menyebabkan hipertensi dan meningkatkan tekanan darah kucing.

Mistletoe

MIstletoe

sumber: https://www.pexels.com/photo/red-and-green-mistletoe-decoration-695971/

Tanaman yang banyak dijumpai saat natal tiba ini ternyata memiliki buah yang beracun untuk kucing. Jika kucing mengkonsumsi buahnya, mereka akan mengalami gejala seperti muntah, diare, atau malaise umum; selain itu bisa juga menyebabkan pelebaran pupil dan peningkatan jumlah air liur.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti kerusakan neurologis dan kardiovaskular, gangguan pernapasan, asfiksia, takikardia, kejang-kejang, koma bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Poinsettia (Kastuba)

Pointsettia

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kastuba

Poinsettia adalah salah satu dari banyak tanaman hias yang beracun bagi kucing. Jika tanaman ini dikonsumsi oleh kucing maka dapat menyebabkan gangguan pencernaan, diare, muntah, juga sakit perut. Jika kucing terkena getahnya maka akan mengalami iritasi kulit dan mata kucing, serta gatal-gatal.

Daffodil

Daffodil

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Narsis

Semua tanaman yang masuk ke dalam jenis daffodil ini beracun bagi kucing. Jika tanaman ini terkena kulit kucing maka dapat menyebabkan iritasi kulit. Sementara itu, jika dikonsumsi tanaman ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah, diare akut, radang perut, dan nyeri. Jika sudah terlalu parah, dapat menyebabkan kematian pada kucing.

Tulip

Tulip

Sumber: https://news.royalindonesia.id/tahukah-anda-darimana-bunga-tulip-berasal/

Tanaman berbunga lain yang beracun bagi kucing adalah tulip. Jika kucing mengkonsumsi tulip, maka ia akan mengalami gejala iritasi gastrointestinal yang disertai dengan diare dan muntah.

 

Tanaman yang dapat menyebabkan gangguan sistemik

Berikut ini adalah daftar tanaman yang dapat menyebabkan gangguan sistemik pada kucing:

 

Aconite or wolf’s bane

Aloe

Apel

Aprikot

Autumn Crocus

Bay laurel

Blackthorn

Buttercup

Elder

Foxglove

Bawang putih

Horse chestnut

Jimson weed

Lupine

Bawang Merah

Privet

Rhododendron

Yew

 

Jika tanaman dalam daftar ini ada di rumah cat lovers, sebaiknya pastikan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau kucing. Semua tanaman ini beracun bagi kucing, jika kucing menunjukan gejala keracunan segera hubungi dokter hewan agar kucing mendapatkan pertolongan yang tepat.

 

Tanaman yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing: Lily

Lily, seperti kita ketahui bersama, dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing. Bahkan ada juga anggapan yang menyatakan bahwa tanaman Lili merupakan tanaman yang paling berbahaya untuk kucing karena semua bagian tanamannya sangat beracun. Selain itu, tingkat toksisitasnya sangat kuat. Saking kuatnya, satu daun saja dapat membuat kucing keracunan dan mengalami gejala seperti muntah, hilang nafsu makan, dan kekurangan energi.

Jika ini dibiarkan saja, maka bisa merusak sistem ginjal secara berkelanjutan, penurunan berat badan, dan berhenti kencing karena berkurangnya nafsu makan.

Gejala gagal ginjal akibat tanaman ini biasanya muncul dua jam setelah kucing mengkonsumsinya. Jika luput dari perhatian cat lovers, hanya dalam waktu tiga hari gagal ginjalnya jadi semakin mengganas. Oleh karena itu, pertolongan yang paling tepat adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan.

 

Tanaman yang dapat menyebabkan iritasi kulit pada kucingnya

Selain menyebabkan gangguan pada organ internal kucing, ada juga tanaman yang menyebabkan iritasi kulit saat kucing menyentuhnya. Berikut ini adalah daftar tanaman pemicu iritasi kulit pada kucing:

 

  • Teratai
  • Daisy
  • Nettle
  • Pothos
  • Borage
  • Geranium
  • Primrose
  • Krisan

 

Jika kucing bersentuhan langsung dengan tanaman ini, ia akan mengalami gejala alergi seperti ruam, kemerahan, radang, gatal, nyeri, sakit, kulit melepuh, dan bulu rontok di bagian tubuh yang menyentuh tanamannya. Jika dikonsumsi, tanaman ini dapat membuat kucing merasakan panas seperti terbakar di dalam mulutnya.

Untuk iritasi level ringan, pengobatan bisa dilakukan dengan memberikan salep anti-inflamasi yang mengandung kortison—namun harus sesuai arahan dokter hewan. Namun untuk iritasi yang lebih parah, dibutuhkan bantuan dokter hewan secara langsung untuk mengobatinya.

Ternyata ada banyak tanaman yang beracun dan membahayakan kesehatan kucing cat lovers di rumah. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan cat lovers mengetahui jenis-jenis tanaman yang ada di rumah dan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau oleh kucing.

Sekian pembahasan tentang tanaman yang beracun bagi kucing, nantikan artikel selanjutnya hanya di pakanmaster.com!

Follow us:
Tanaman Beracun Bagi Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020