Melakukan sterilisasi pada kucing merupakan salah satu pilihan sulit yang harus diambil cat lovers suatu saat nanti. Faktanya, kebiri pada kucing terbukti mampu membuat kucing menjadi lebih sehat dan jinak. Namun, ini juga masih menjadi perdebatan bagi sebagian cat lovers di luar sana.

Jika kamu sedang kebingungan memutuskan untuk mengebiri kucing atau tidak, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai karena semua hal tentang kebiri akan dibahas dengan lengkap di sini.

Apa itu kebiri?Kebiri Kucing

sumber: https://tirto.id/puluhan-kucing-jantan-di-duren-sawit-dikebiri-dhVD

Kebiri atau disebut juga dengan sterilisasi adalah sebuah tindakan untuk menghilangkan organ reproduksi kucing oleh dokter hewan dengan cara dioperasi. Akibatnya, kucing menjadi kehilangan kemampuan untuk menghasilkan keturunan dan gairah untuk kawin berkurang.

Dalam banyak artikel berbahasa inggris, kebiri biasa disebut dengan spay dan neuter. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya?

Neuter adalah proses kebiri yang dilakukan pada kucing jantan dengan cara menghilangkan testis miliknya. Sedangkan spay adalah kebiri pada kucing betina dengan menghilangkan ovarium miliknya. Proses spay biasanya lebih rumit daripada neuter karena itu harganya pun lebih mahal.

 

Kenapa harus melakukan kebiri pada kucing?

cat-2934720

sumber: https://pixabay.com/id/photos/kucing-anak-kucing-hewan-peliharaan-2934720/

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebiri merupakan proses yang baik pada kucing karena bisa membuatnya lebih sehat dan jinak. Selain itu, masih ada 5 alasan lain yang harus kamu ketahui.

 

1. Mengurangi resiko kucing terkena kanker dan tumor

Ada beberapa penyakit yang menyerang alat reproduksi kucing seperti kanker testis pada kucing jantan, kanker uterin, dan pyometra pada kucing betina. Dengan melakukan kebiri, maka kucing bisa terbebas dari semua penyakit tersebut.

Selain itu, dilansir dari meowcitizen.com, kucing betina 7x lebih rawan terkena tumor kelenjar mamari jika tidak dikebiri. Kanker dan tumor adalah penyakit yang tumbuh secara perlahan dan kita tidak akan menyadarinya sebelum muncul gejala yang parah.

 

2. Membuat kucing berumur lebih panjang

Penyakit yang disebutkan pada poin pertama adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kucing, resiko kematiannya pun tinggi. Jadi bisa disimpulkan melakukan kebiri pada kucing berarti membuat kucing berumur lebih panjang karena penyakit-penyakit tersebut tidak akan menyerang kucing.

Seperti dilansir dari meowcitizen.com, kucing jantan yang dikebiri berumur 2 kali lebih panjang daripada yang tidak dikebiri, sementara kucing betina 1.6 kali lebih panjang. Dengan hasil ini, maka cat lovers bisa hidup lebih lama dengan kucing yang sudah dikebiri.

 

3. Mencegah kucing dari siksaan saat musim kawinnya

Saat kucing sedang berada dalam musim kawin, ia akan merasa gatal dan tidak nyaman. Cara untuk mengatasi ini adalah dengan memberikannya pasangan. Karena jika tidak, maka ini akan mempengaruhi tingkah laku dan kesehatannya.

Contohnya seperti rontok bulu, berkurangnya selera makan, dan tingkah laku yang lainnya. Dengan melakukan kebiri, fase-fase “siksaan” seperti ini akan menghilang secara perlahan karena hormon kawin yang kuat diredam secara perlahan-lahan.

 

4. Mengurangi sifat buruk kucing

Lagi-lagi berhubungan dengan musim kawin. Kucing yang masuk musim kawin biasanya punya sifat buruk yang cukup menyebalkan. Misalnya kucing jantan jadi suka kencing sembarangan untuk menandai wilayah kekuasaan mereka; selain itu kucing jantan juga biasanya suka keluar rumah untuk mencari pasangan; terakhir kucing jantan yang sedang bergairah biasanya mengeluarkan suara kencang yang mengganggu anggota keluarga lain maupun tetangga di dekat rumah. Semua ini bisa dikurangi, bahkan dihilangkan, dengan cara melakukan kebiri kucing.

 

5. Mengurangi jumlah kucing yang terlantar

Dalam satu tahun, kucing bisa hamil sebanyak tiga sampai empat kali. Setiap kehamilan paling sedikit induk kucing melahirkan dua anak kucing. Artinya dalam satu tahun minimal ada kucing baru yang lahir ke dunia ini. Bagaimana jika sekali hamil induk kucing melahirkan empat anak kucing? Satu tahun ada enam belas kucing baru!!!

Hal ini tentu mengkhawatirkan, karena faktanya banyak kucing kurang beruntung yang tidak mempunyai majikan untuk menjamin kehidupannya. Jika kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja, maka jumlah kucing terlantar akan meningkat pesat dari waktu ke waktu. Di sisi lain, cat lovers juga mungkin tidak mampu memelihara terlalu banyak kucing di rumah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kebiri adalah jalan keluar untuk hal ini.

 

Pada umur berapa sebaiknya kebiri dilakukan?

cute-3273789

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/lucu-kucing-anak-kucing-hewan-3273789/

 

Waktu terbaik untuk melakukan kebiri pada kucing, menurut para ahli adalah saat kucing berumur 3-4 bulan; atau sebelum musim kawin pertama tiba karena manfaat kesehatan yang didapat akan lebih maksimal lagi.

Namun, jika cat lovers baru bisa melakukan kebiri saat kucingnya berusia 5 tahun, ya lakukan saja. Kebiri pada dasarnya tetap bermanfaat untuk kucing muda ataupun yang sudah tua. Hanya saja ada waktu yang lebih baik dan dianjurkan.

 

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kebiri

Kebiri pada kucing membutuhkan biaya yang cukup besar mengingat kebiri hanya bisa dilakukan dengan operasi saja. Karena itu, biaya sangat tergantung dengan kompleksitas dari operasi itu sendiri.

Sampai saat ini, harga kebiri kucing bervariasi dari Rp. 150.000 – Rp. 750.000 untuk kucing jantan, sedangkan kucing betina membutuhkan biaya sebesar Rp. 300.000 – Rp. 1.000.000. Ini pun sudah termasuk dengan biaya penyembuhan setelah operasi dilakukan, jadi masih worth it.

 

Hal yang harus dilakukan sebelum dan setelah melakukan kebiri

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melaksanakan operasi kebiri pada kucing, yaitu:

  • Berkonsultasi pada dokter hewan
  • Tidak memberikan makan dan minum dulu pada kucing
  • Jangan melakukan kebiri saat kucing berada dalam musim kawin
  • Mandikan kucing sebelum operasi dilakukan

 

Setelah melaksanakan kebiri, sebaiknya cat lovers melakukan beberapa hal, yatu:

  • Tempatkan kucing di tempat yang gelap, hangat dan sepi selama 24 jam
  • Jauhkan kucing dari anak kecil atau hewan peliharaan lain
  • Amati perkembangan kepribadian kucing selama 24 jam setelah operasi dilakukan
  • Berikan minum secukupnya pada kucing setelah operasi dilakukan
  • Berikan sedikit makanan, sekitar ¼ dari porsi normal setelah kucing bangun dari istirahatnya
  • Berikan makanan dengan porsi normal dua hari setelah operasi dilakukan
  • Jika dalam 48 jam kucing tidak mau makan atau minum, segera hubungi dokter hewan
  • Simpat litter box yang bersih di dekat kucing setelah operasi untuk mencegahnya berjalan
  • Perhatikan air kencing kucing, jika dalam dua hari ada darah di air kencingnya, segera hubungi dokter hewan
  • Diamkan kucing di rumah selama satu minggu untuk mengontrol proses penyembuhannya
  • Jangan biarkan kucing terlalu banyak bergerak selama masa penyembuhan

Melihat semua daftar di atas, kebiri memang membutuhkan penanganan yang serius karena berhubungan dengan kesehatan kucing secara langsung. Luangkan waktu untuk mengontrol kesehatannya ya!

 

Mitos-mitos tentang kebiri pada kucing

Selain informasi di atas, ternyata ada juga mitos-mitos yang keliru di kalangan masyarakat mengenai kebiri pada kucing. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

  1. Steril itu kejam pada kucing (salah, karena justru membantu menjaga kesehatannya)
  2. Steril membuat kucing stress (salah, karena reproduksi bagi kucing bukan sebagai pemuas nafsu seperti manusia)
  3. Steril dilakukan oleh manusia egois (salah, karena kebiri mencegah kucing kabur mencari betina di luar rumah sehingga lebih aman bagi kucing)
  4. Steril itu dosa (salah, karena manfaat steril lebih banyak daripada mudharatnya)
  5. Steril membuat kucing punah (salah, karena steril hanya mengontrol jumlah populasi kucing)

 

Setelah mengetahui semua informasi di atas, semoga cat lovers bisa memutuskan melakukan kebiri pada kucing dengan bijak.

Sekian artikel kali ini, tetap kunjungi pakanmaster.com untuk informasi selanjutnya ya!

Follow us:
Manfaat Sterilisasi Kucing
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020