Mata kucing memiliki peran penting dalam hubungan antara kucing dengan manusia. Kita bisa mengetahui ekspresi kucing melalui tatapan matanya seperti marah, bahagia, ataupun sedih. Selain itu, kucing juga sering berkomunikasi menggunakan matanya, seperti dengan cara mengedipkan matanya pada kita.

Di luar dua fungsi tersebut, mata kucing juga memliki berbagai macam warna yang tampak indah saat kita melihatnya. Apa cat lovers tahu, darimana warna-warna tersebut berasal? Atau apa yang menyebabkan ada banyak warna pada mata kucing?

Kita akan menjawab pertanyaan tersebut dalam artikel kali ini. Silahkan baca sampai selesai ya, karena ada informasi penting lainnya yang berhubungan dengan warna mata kucing.

cat-694730_1280

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kucing-bayangan-hitam-kucing-siluet-694730/

Asal-usul warna mata kucing

Pada dasarnya, warna mata kucing sangat dipengaruhi oleh sebuah sel yang bernama melanosit. Melanosit adalah sel yang memproduksi melanin (pigmen yang menghasilkan warna gelap) pada mata kucing. Ia ada di dalam lapisan stroma dan epitel yang terdapat pada bagian iris mata (bagian yang berwarna di sekitar pupil) kucing.

Semakin banyak melanin dalam mata kucing maka warna matanya pun semakin gelap. Namun menariknya, warna paling gelap dalam “daftar warna” mata kucing adalah tembaga, bukan coklat atau hitam seperti manusia.

Selain warna mata, melanin juga ikut mempengaruhi warna bulu kucing loh. Namun, nggak ada hubungan pasti di antara warna mata dengan warna bulu kucing. Dengan kata lain, kita nggak bisa menyimpulkan jika bi-color akan mempunyai mata berwarna kuning, atau orange, atau hijau.

Satu lagi, aktivitas sel melanosit juga sangat mempengaruhi kepekatan warna mata kucing. Semakin aktif selnya maka warnanya semakin pekat, begitupun sebaliknya.

Nah, berikut ini ada daftar warna mata yang ditemukan pada kucing di seluruh dunia:

  • Biru
  • Tembaga
  • Kuning
  • Orange
  • Hijau
  • Odd Eye

Pada usia berapa mata kucing mulai menunjukan warnanya?

Saat lahir, semua kucing matanya berwarna biru. Karena sel melanin pada anak kucing yang baru lahir masih belum bisa bekerja dengan baik. Namuun warna biru ini hanya bertahan selama kurang lebih sepuluh hari saja. Selanjutnya, selama tiga sampai enam bulan kemudian, secara perlahan-lahan warna mata kucing berubah sesuai dengan gen-nya masing-masing.

Kucing bermata biru

adorable-1866475_1280

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/manis-sekali-hewan-mata-biru-1866475/

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna mata kucing sangat dipengaruhi oleh jumlah melaninnya. Namun, ternyata ada juga kucing yang nggak mempunyai melanin. Biasanya, warna mata kucing yang nggak mempunyai melanin adalah biru. Nah, warna biru ini merupakan hasil pembiasan cahaya yang terjadi di bagian iris.

Dilansir dari felineliving.net, daripada warna yang lain, kucing yang mempunyai bulu berwarna putih sangat mungkin memliki mata berwarna biru. Hal ini disebabkan karena melanin mempengaruhi warna mata dan bulu kucing. Artinya, kucing berbulu putih dengan mata yang berwarna biru nggak memiliki melanin dalam mata maupun bulunya.

Mungkin cat lovers juga bertanya-tanya bagaimana cara membedakan kucing berbulu putih bermata biru dengan kucing albino? Dilansir dari thehappycatsite.com, satu-satunya cara untuk membedakan keduanya adalah dengan melihat warna mata kucing. Biasanya, kucing albino mempunyai warna mata biru muda dan kadang ada sedikit warna pink dalam matanya.

Kucing dengan mata berwarna tembaga

cat-1652822_1280

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kucing-mabuk-merah-ikan-kembung-1652822/

Seperti yang sudah disebutkan di atas, warna paling gelap pada mata kucing adalah tembaga, bukan coklat ataupun hitam seperti mata manusia. Nah, jika cat loves merasa pernah melihat mata kucing yang berwarna coklat, sebaiknya perhatikan lagi baik-baik matanya.

Karena sebenarnya itu adalah warna tembaga yang sangat tua jadi terlihat seperti coklat atau bisa juga warnanya adalah orange tua.

Kucing dengan mata berwarna hijau

animal-1834409_1280

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/hewan-kucing-close-up-mata-licik-1834409/

Mata kucing yang berwarna hijau bisa ditemukan dengan mudah pada semua jenis kucing di seluruh dunia. Hal ini, sekali lagi, karena nggak ada hubungan antara warna mata dan bulu kucing. Makanya, cat lovers bisa melihat kucing abu-abu dengan mata berwarna hijau, kucing orange dengan mata berwarna hijau, kucing hitam dengan mata berwarna hijau, atau bahkan kucing tri-color dengan mata berwarna hijau.

Kucing dengan mata berwarna kuning atau orange

malai-4572548_1280

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/malai-kucing-hewan-anak-kucing-4572548/

Selain hijau, kucing dengan mata berwarna kuning atau orange juga sangat mudah ditemukan. Sekali-kali, coba perhatikan mata kucing yang berwarna kuning atau orange di sekitar rumah cat lovers kemudian bandingkan antara kucing yang satu dengan yang lainnya. Adakah perbedaan warna pada matanya?

Kucing bisa memiliki warna mata cerah atau gelap, tergantung aktifitas sel malnosit di dalam matanya. Maka dari itu, kita sebenarnya bisa membedakan warna mata kucing jika memperhatikannya dengan baik-baik.

Kucing bermata odd eye

cat-518306_1280

sumber: https://pixabay.com/id/photos/kucing-mata-aneh-berbeda-warna-518306/

Seekor kucing dapat mempunyai mata dengan dua warna yang berbeda. Kondisi seperti ini dikenal dengan “odd eye”. Odd eye dapat terjadi akibat adanya level aktivitas melanin yang berbeda di dalam matanya.

Umumnya, kucing odd eye memiliki satu mata yang berwarna biru dan satunya lagi bisa berwarna hijau, kuning, orange, atau tembaga. Artinya, ada satu mata kucing yang nggak mempunyai melanin di dalamnya atau disebut heterochromia.

Sejauh ini, odd eye lebih banyak ditemukan pada kucing yang memiliki warna bulu putih. Meskipun sebenarnya bisa juga ditemukan pada semua jenis kucing dengan warna bulu apapun.

Hubungan antara warna mata dengan kesehatan kucing

Studi yang dilakukan sejauh ini menyatakan bahwa warna mata kucing bisa berhubungan dengan kesehatan kucing. Namun cat lovers jangan terlalu mudah percaya pada orang lain selain dokter hewan. Karena banyak sekali kekeliruan yang menyebar di kalangan pecinta kucing tentang hal ini. Contohnya seperti rumor bahwa kucing odd eye sering kali tuli sebelah telinganya sejak lahir. Ini adalah kekeliruan yang terus dipelihara karena faktanya hanya 20% kucing odd eye yang tuli sejak lahir, sisanya menjadi tuli karena faktor usia.

Kemudian jika kucing dewasa tiba-tiba berubah warna matanya, maka kemungkinan ia mengidap penyakit Uveitis. Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian uvea, yaitu bagian mata kucing yang mempertahankan warnanya.

Meskipun nggak terlalu berbahaya, namun Uveitis dapat menjadi indikator bahwa kucing sedang menderita penyakit mata lain yang lebih parah, glaucoma, infeksi, cancer atau masalah pada imunnya.

Wah! Ternyata cukup banyak faktor yang mempengaruhi warna mata kucing ya! Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan cat lovers tentang dunia kucing ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: https://www.felineliving.net/cat-eye-colors/#nbspWhat_is_the_Spectrum_of_Cat_Eye_Colors

https://www.thehappycatsite.com/cat-eye-colors/

 

 

Follow us:
Bermacam Warna Mata Pada Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020