Meski tidak umum, lovebird anakan yang berusia 3 bulan ternyata bisa diturunkan dalam perlombaan. Biasanya penghobi burung menurunkan lovebird-nya ke arena perlombaan setelah berusia 6,5 bulan untuk menyiapkan mental burung sebaik mungkin. Lovebird yang masih anakan lebih banyak disimpan di rumah untuk mendapatkan perawatan dan pemasteran khusus sampai mereka cukup umur. 

Jika seperti itu, lantas bagaimana cara menurunkan lovebird anakan ke arena perlombaan? Dalam artikel kali ini, om master akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut selengkap mungkin. Jadi, baca sampai selesai, ya!

lovebird anakanSyarat utama yang harus dipenuhi

Sebelum menurunkan lovebird anakan ke arena lomba, sobat kicau harus mengetahui dulu syarat-syarat utama yang harus dipenuhi. Jika tidak, kemungkinan besar mental burung akan jadi tidak stabil dan butuh waktu yang lama untuk mengembalikannya. Nah, berikut ini dua syarat utama tersebut:

  • Mengetahui garis keturunan lovebird agar mengetahui kualitas genetiknya
  • Tidak berekspektasi terlalu tinggi, misalnya ingin lovebird anakan jadi juara atau ngekek panjang (waktu standar untuk lovebird anakan adalah 10-15 detik).

Dua syarat utama di atas berguna agar sobat kicau tidak mudah patah semangat dalam merawat lovebird anakan untuk perlombaan sehingga bisa terus mengikuti setiap event yang ada. Dengan begitu, lovebird akan beradaptasi pada suasana atau lingkungan perlombaan. Ditambah lagi, sobat bisa menilai apakah lovebird anakannya mempunyai sifat fighter atau tidak. 

Perawatan lovebird anakan untuk lomba

Pada saat lovebird berusia 1,5 bulan-2 bulan, biasanya lovebird mulai belajar mengeluarkan bunyi meskipun masih malu-malu. Karena itu, agar mentalnya bisa jadi bagus, sobat perlu menjemur burung setiap pagi, mandikan lalu angin-anginkan di tempat yang cukup ramai oleh suara. Sobat juga bisa memindahkan gantangan ke berbagai tempat agar lovebird tidak takut pada keramaian dan bisa cepat beradaptasi dengan tempat asing.

Selanjutnya, usahakan jangan terlalu sering menempatkan lovebird anakan dengan lovebird lainnya bersamaan. Cukup biarkan mereka saling mendengar suara agar nantinya anakan tersebut berani bersuara jika sudah waktunya bertemu lovebird lain. 

Jika perawatan di atas berhasil saat lovebird berusia 3-4 bulan, selanjutnya sobat bisa mulai melakukan latihan rutin dengan perawatan khusus. Di antaranya:

  • Mandi dan jemur lovebird anakan dari hari senin-kamis
  • Berikan pakan milet putih dan air jernih
  • Kerodong burung sejak Kamis sore hingga Minggu (karantina full)
  • Campur air minum dengan madu asli secukupnya
  • Bersihkan kandang, sisa makan, dan sisa minum pada hari minggu lalu bawa lovebird anakan ke tempat latihan
  • Di tempat latihan, buka kerodong di pinggir lapangan lalu gantang sampai lovebird mau mengeluarkan bunyi

Lakukan perawatan di atas secara kontinyu sampai sobat kicau merasa lovebird anakannya sudah siap mengikuti event yang lebih tinggi lagi tantangannya alias “naik kelas”.

Tips tambahan dari Pakan Master

lovebird anakanPemilihan Pakan

  • Pilih pakan dengan kadar protein dan karbohidrat yang seimbang.
  • Berikan racikan ekstra fooding dengan komposisi jagung muda (¼ potong) dan kangkung (1 batang) setiap hari sejak lovebird berusia 1,5-3,5 bulan.

Cara memandikan burung

Untuk memandikan burung sebaiknya pegang langsung lovebird anakan yang ingin dimandikan. Posisikan lovebird tersebut di bawah air kran yang mengalir pelan. Lalu usap-usap tubuh burung mulai dari kepala, sayap, sampai dengan ekornya. Dengan begini, hubungan batin antara sobat dengan lovebird anakannya akan terbentuk.

Cara menjemur burung

Anginkan lovebird anakan sebentar setelah dimandikan. Jangan menaruh lovebird di bawah sinar matahari langsung sebelum bulunya setengah kering. (Idealnya jemur lovebird dari pukul 08.00 sampai dengan 08.50). Sobat juga bisa menjemur burung di lantai atas jika memungkinkan, namun pastikan bebas dari gangguan semut, kucing, ular, atau tikus.

Demikianlah cara merawat dan tips memoles lovebird anakan untuk mengikuti perlombaan sejak dini. Semoga membantu sobat kicau yang ingin mempunyai lovebird dengan kualitas terbaik. 

Follow us:
Merawat Lovebird Anakan Untuk Lomba
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020