Menyetel birahi lovebird adalah kunci agar ia tampil maksimal saat kontes. Karena pada dasarnya lovebird bukan termasuk burung petarung (fighter) sehingga penampilannya pun bisa berubah dari waktu ke waktu. Biasanya, untuk menyetel birahi lovebird bisa dilakukan dengan pengaturan ekstra fooding (EF) yang cocok untuk lovebird yang dilombakan.

menyetel birahi lovebirdMenyetel birahi lovebird untuk kontes

Biasanya penghobi burung lovebird memberi pakan milet putih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya. Milet putih, menurut pengalaman om master, ternyata tidak dapat diandalkan untuk menaikan birahi lovebird. Akibatnya, lovebird jadi tidak bisa ngekek panjang.

Untuk meningkatkan birahi lovebird, diperlukan ekstra fooding (EF) seperti jagung muda, kwaci (biji matahari), kangkung, atau kroto. 

Dengan target mengoptimalkan birahi lovebird saat lomba, EF bisa diberikan H-1 saat sore hari. Misal perlombaannya dilakukan hari minggu, maka sobat bisa memberikan EF pada hari sabtu sore. Bisa dengan memberikan 10-25 biji matahari. Berikan biji matahari secara bertahap dari yang paling sedikit yaitu 10 biji, sampai dengan 25 biji.

Sebelum dibawa ke lapangan lomba, sobat amati dulu apakah birahinya sudah naik atau belum. Jika setelah pemberian EF birahinya masih belum naik, berikan kangkung yang sudah dicacah sebelumnya atau jagung muda. Untuk minumnya, sobat bisa memberikan air jernih yang sudah ditaburi garam, 

Setelah tiba di lapangan, amati kembali perilaku burung karena ada kalanya burung menempel pada jeruji sangkar dan berputar-putar (ngeruji). Hal ini disebabkan oleh peningkatan birahi burung yang berlebihan. Jika begitu, sobat bisa memberikan gabah beras merah yang sudah dioplos dengan milet putih.

Tips-tips khusus menyetel birahi lovebird jantan untuk kontes

menyetel birahi lovebird

Menampilkan lovebird jantan di arena lomba yang mayoritas diikuti lovebird betina memiliki resiko dan problem tersendiri pada burung jantan milik sobat maupun burung betina milik orang lain (menjadi over birahi). Karena itu, jika sobat benar-benar ingin menampilkan lovebird jantan harus mengetahui tips-tips khusus menyetel birahi lovebird jantan untuk lomba, di antaranya: 

Pertama pisahkan (karantina) burung jantan dari burung lovebird lainnya lima hari sebelum perlombaan dilaksanakan (H-5). Berikan juga pakan bernutrisi tinggi selama masa karantina yang bisa didapatkan dari produk HBS Konslet, dan pakan tambahan seperti sayur, buah-buahan segar. Kemudian, untuk memaksimalkan stamina dan mentalnya, sobat bisa memberikan obat khusus dari pakanmaster.com yaitu Vitamin M-plus selama masa karantina. 

Karantina ini dilakukan agar birahi burung stabil dan tidak ngeruji saat mengikuti perlombaan. Dengan kata lain, burung menjadi tenang saat diam di atas tangkringannya dan durasi ngekeknya menjadi lebih panjang. 

Selain itu, beberapa orang yang om master temui juga melakukan metode lain yaitu menempelkan burung jantan dengan burung betina agar bisa jadi semakin agresif lagi. Namun, dalam metode ini, sobat harus selalu membawa pasangannya ke mana saja, bahkan ke arena perlombaan.

Tips mendongkrak birahi lovebird sebelum kontes

Selain melakukan pengaturan Ekstra Fooding (EF), sobat juga bisa melakukan pengecekan kondisi birahi burung sebelum hari perlombaan dengan menggunakan batang kangkung. Caranya, sodorkan batang kangkung pada burung, kemudian perhatikan perilakunya. Jika burung mengejar-ngejar tangan sobat, artinya kondisi birahinya sedang bagus.

Jika tidak ada respon sama sekali dari burung saat disodori batang kangkung, artinya kondisi birahinya sedang tidak bagus. Maka, kemungkinan besar penampilannya pun menjadi tidak maksimal di arena perlombaan. Apabila sobat tidak memiliki batang kangkung, bisa coba menggunakan tangan sobat sendiri. 

Saat proses menyetel birahi lovebird, sobat bisa memberikan terapi dengan suara rekaman masteran agar performanya semakin baik lagi.

Semua cara dan tips yang ada dalam artikel ini tidak bisa menjamin performa burung menjadi maksimal di arena lomba, karena sangat bergantung pada kecocokan dengan burung itu sendiri. Namun, setidaknya dengan membaca artikel ini, sobat jadi punya dasar untuk dikembangkan atau disesuaikan dengan lovebird milik sobat di rumah.

Demikian pembahasan mengenai cara menyetel birahi lovebird untuk kontes yang bisa om master bagikan dalam artikel ini. Semoga membantu menjawab pertanyaan sobat kicau. Sampai jumpa di artikel om master yang lainnya, ya!

Follow us:
Cara Menyetel Birahi Lovebird Untuk Kontes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020