Menguburkan kucing dengan baik dan benar adalah bentuk penghormatan terakhir yang bisa kita berikan pada kucing kesayangan di rumah. Seperti yang kita tahu bahwa setiap makhluk yang hidup akan menemui ajalnya, termasuk juga kucing. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena usianya sudah tua, penyakit, atau tertabrak kendaraan di jalanan. Pada umumnya usia kucing berkisar antara 10-15 tahun, namun jika terserang penyakit yang ganas mungkin kematiannya menjadi lebih cepat. 

Sampai saat ini masih banyak orang yang enggan menguburkan kucing yang sudah meninggal karena tidak mengetahui caranya. Karena itu, mereka membuang bangkai kucing di tempat yang jauh dari rumah atau jarang dilewati oleh manusia. Padahal kucing juga punya hak untuk mendapatkan penguburan yang layak seperti manusia. 

Kali ini kita akan membahas cara menguburkan kucing yang baik dan benar demi menghormati hewan kesayangan kita.

menguburkan kucing

Pilih tempat penguburan yang tepat
Untuk menguburkan kucing, kita haru memilih tempat yang tepat agar tidak mengganggu tetangga karena bau dari bangkai kucing. Untuk itu, cat lovers bisa menguburkannya di pekarangan rumah atau di kebun dekat rumah. Sebisa mungkin cari tempat yang ada pohon besar agar bangkai kucing tidak muncul lagi ke permukaan. Selain itu, perhatikan juga apakah di lokasi penguburan ada saluran airnya atau tidak. 

Membungkus bangkai kucing
Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah membungkus bangkai kucing menggunakan kain bekas atau daun yang lebar. Hal ini nantinya bisa mencegah bau kucing menyebar ke luar. 

Selain itu, penggunaan daun untuk membungkus juga bisa mempercepat proses pembusukan di dalam tanah sehingga bangkai kucing cepat terurai dan menjadi nutrisi bagi tumbuhan di sekitarnya. 

Menyiapkan peralatan untuk menguburkan kucing
Untuk menguburkan kucing, cat lovers perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti sarung tangan untuk menjaga tangan kita dari virus atau penyakit yang menempel pada bangkai kucing. 

Selanjutnya sekop atau cangkul untuk menggali tanahnya. Namun, menurut kami lebih baik menggunakan cangkul karena cat lovers akan menggali tanah cukup dalam. 

Menguburkan kucing
Setelah menyiapkan lokasi, membungkus bangkai kucing, dan menyiapkan peralatannya, selanjutnya cat lovers bisa mulai proses penguburan kucing. Pertama, gunakan sarung tangan lalu mulai menggali tanah. Sebaiknya buatkan lubang sedalam 70 cm atau lebih agar bau bangkai kucing tidak keluar dan mengganggu tetangga. Ini juga bisa mencegah anjing menggali kembali kuburan kucing. Jika terlalu dangkal, mudah lho bagi anjing menggalinya kembali. 

Buat lubang cukup lebar agar kucing bisa disimpan dengan posisi menyamping, lalu letakan kucing yang sudah dibungkus sebelumnya. Jangan lupa pastikan kucing sudah berada di dasar lubang.

Langkah selanjutnya, tutup kembali lubang dengan tanah. Cat lovers tidak perlu menutupnya sampai menggunung, asal rata dan tanahnya padat. Setelah itu beri tanda dengan nisan atau batu-batu kecil.

Taburkan bunga
Jika cat lovers mau, bisa juga menaburkan bunga di kuburan kucingnya. Ini dilakukan semata-mata untuk menghormati kucing kesayangannya saja. 

Perlu cat lovers ketahui, menunda penguburan juga sangat tidak disarankan karena justru akan menyebabkan pembusukan dan mengundang banyak serangga. Jika sudah begitu, biasanya bangkai kucing menjadi sarang bakteri yang berbahaya bagi manusia. Jadi jika ada kucing yang mati, lebih baik dikuburkan secepatnya. 

Selanjutnya, jika di rumah cat lovers memiliki banyak kucing, sebaiknya berikan perhatian lebih pada kucing yang masih ada untuk mencegah mereka merasa sedih karena telah kehilangan temannya.

Jika cat lovers sendiri yang merasa sedih, bisa lakukan cara berikut ini untuk mengembalikan mood:

menguburkan kucing

Mengingat kenangan manis bersamanya
Kedekatan kucing dan manusia tidak bisa dianggap enteng, karena itu wajar jika cat lovers merasa sedih setelah kucingnya meninggal. Untuk mengenangnya, cat lovers bisa mengingat kenangan manis yang pernah dilakukan bersamanya. Seperti saat menghabiskan waktu bermain dengannya, atau momen rebahan di kamar bersamanya. 

Ambil waktu untuk menyendiri
Untuk mengobati kesedihan, cat lovers bisa mengambil waktu untuk menyendiri beberapa saat. Namun perlu diingat, habiskan waktu menyendiri dengan kegiatan yang positif seperti melakukan hobi atau menulis agar perhatian cat lovers teralihkan. Jadi tidak perlu murung sepanjang hari. 

Memelihara kucing baru
Jika cat lovers ingin cepat melepas kesedihan, sebaiknya segera adopsi kucing baru. Di luar sana masih banyak kucing yang membutuhkan rumah baru dan perawatan yang baik dari manusia lho.

Selain itu, memelihara kucing baru juga bisa membuat cat lovers melupakan kucing yang sudah mati dengan cepat. Sangat tidak baik terlalu lama tenggelam dalam kesedihan. Dengan memelihara kucing baru, cat lovers bisa menghabiskan energi untuk membuat kucing yang lain merasa berbahagia. 

Sekian informasi mengenai cara menguburkan kucing yang baik, Sampai jumpa di artikel pakanmaster.com selanjutnya!

Follow us:
Menguburkan Kucing dengan Baik dan Benar
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020