Mengetahui cara mengobati diare pada kucing akan sangat membantu cat lovers untuk membuat kucing tetap sehat. Untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing, kita bisa melihatnya melalui perubahan perilaku maupun kotorannya. Jika kucing mulai banyak diam dan menyendiri kemungkinan besar ada yang tidak beres dengan kesehatannya. Begitupun jika kotorannya tidak keras seperti biasa alias encer.

Nah, saat kotoran kucing berubah menjadi encer kemungkinan besar ia sedang mengalami gangguan pencernaan atau diare. Sayangnya, diare pada kucing bisa jadi berbahaya karena bisa menimbulkan gejala lainnya seperti lemas, muntah dan bahkan berdarah.

Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis diare pada kucing serta cara mengatasinya agar cat lovers tidak panik jika suatu saat nanti kucing kesayangannya ada yang diare.

diare pada kucing

Jenis-jenis diare pada kucing

Diare pada kucing berdasarkan penyebabnya bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu: diare ringan, dan diare berat. Simak perbedaannya di bawah ini, ya!

Diare ringan
Diare ringan pada kucing adalah jenis diare yang disebabkan oleh makanan, minuman, dan iklim. Biasanya lebih mudah disembuhkan dan tidak berlangsung lama.

  • Makanan
    Kucing memang terkenal dengan kebiasaan makannya yang tidak rewel alias bisa makan apa saja. Namun, ternyata kebiasaan itu tidak baik bagi kucing. Cat lovers pasti tahu bahwa pada dasarnya kucing termasuk hewan pemakan daging atau karnivora, jika dipaksa memakan sembarang makanan akan menimbulkan masalah pada pencernaannya. Sudah dari sananya pencernaan kucing juga sangat sensitif dengan makanan. Maka, jika cat lovers biasa memberikan sisa makanan pada kucing, lebih baik dihentikan secepatnya.
  • Minuman
    Cat lovers pasti sering melihat kucing yang minum genangan air hujan di dekat rumah, kan? Sebisa mungkin jangan biarkan kucing kesayangannya ikut minum genangan air hujan karena bisa jadi itu tidak higienis. Akhirnya malah jadi membahayakan bagi pencernaan kucingnya. Selain itu, cat lovers juga harus pandai memilih produk susu khusus kucing. Sebisa mungkin pilih yang tidak mengandung laktosa di dalamnya.
  • Iklim
    Kita, manusia, seringkali terserang penyakit demam atau flu saat pergantian musim. Hal ini juga terjadi pada kucing, lho! Bedanya, kucing terserang penyakit diare saat pergantian musim karena ia merasa stress dan kekebalan tubuhnya ikut menurun.

Diare berat
Diare berat pada kucing adalah diare yang disebabkan oleh bakteri, virus, radang, ataupun kerusakan organ dalamnya.

  • Bakteri atau virus
    Dalam dunia kesehatan kucing dikenal satu bakteri yang sering menyebabkan diare, yaitu Escherichia Coli.
  • FIV/AIDS
    Diare adalah salah satu gejala penyakit FIV/AIDS pada kucing. Jika cat lovers belum tahu, FIV/AIDS adalah penyakit ganas yang disebabkan oleh virus. Keganasannya hampir sama dengan penyakit HIV/AIDS pada manusia, lho. Untungnya, penyakit ini termasuk ke dalam jenis penyakit langka pada kucing.
  • Radang pada usus
    Radang usus atau panleukopenia adalah jenis penyakit berbahaya lainnya bagi kucing. Parahnya lagi, penyakit ini sering ditemukan pada kucing yang belum menerima vaksinnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin vaksin kucing secepatnya ya! Panleukopenia ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah, dan diare yang parah pada kucing.
  • Ginjal kucing rusak
    Jika ginjal kucing rusak, ia akan mengalami diare yang parah. Salah satu penyebab umum kerusakan ginjal pada kucing adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, cat lovers harus memenuhi kebutuhan cairan kucing kesayangannya, ya! Kalau bisa ditambah dengan makanan kering atau dry food.

Cara mengobati mencret pada kucing

diare pada kucing

Yogurt
Untuk pertolongan pertama, cat lovers bisa memberikan yogurt pada kucing yang mencret. Dalam yogurt ada satu bakteri yang termasuk non patogen dan baik bagi usus. Selain itu, bisa membantu pencernaan kucing. Namanya adalah bakteri Lactobacillus.

Cat lovers bisa memilih Yogurt jenis non laktosa atau yang kadar laktosanya rendah, kemudian berikan 1-2 sendok teh pada kucing sebanyak beberapa hari sekali.

Oralit khusus hewan
Oralit, yang sering kita minum saat diare, ternyata ada juga yang khusus untuk hewan. Oralit jenis ini bisa cat lovers dapatkan di Petshop terdekat. Oh ya jangan lupa, saat membeli oralit sebaiknya minta saran penggunaan obatnya ya!

Multivitamin
Selain oralit, cat lovers juga bisa memberikan multivitamin khusus untuk diare yang bisa dibeli di petshop. Bagusnya multivitamin untuk kucing adalah bisa mencegah mencret pada kucing.

Memberi obat cacing
Cat lovers bisa mencoba memberikan obat cacing pada kucing yang mencret, karena bisa jadi ia mengalami cacingan. Saat membeli obat cacing sebaiknya minta saran penggunaannya ya!

Memberikan tempe
Tempe ternyata adalah obat yang cukup ampuh untuk mengobati diare pada kucing, lho. Cat lovers bisa membeli tempe yang mentah lalu merebusnya terlebih dulu sebelum diberikan pada kucingnya.

Kelima cara di atas adalah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare ringan. Sedangkan untuk diare yang berat, lebih baik cat lovers bawa kucingnya ke dokter hewan agar mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

Demikian informasi mengenai diare pada kucing kali ini, tetap jaga kesehatan kucingnya, ya!
Sampai jumpa di artikel kucing pakanmaster.com selanjutnya.

Follow us:
Mengobati Diare Pada Kucing dengan Baik dan Benar
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020