Mengembalikan performa lovebird betina dan jantan setelah kawin merupakan kegiatan yang harus dilakukan agar kualitas indukan tetap terjaga. Biasanya setelah bertelur performa lovebird betina dan jantan akan menurun. Penurunan performa biasanya ditunjukan dengan perubahan durasi ngekek yang menjadi lebih pendek dan lebih banyak ngetik-ngetiknya. 

mengembalikan performa lovebird betina dan jantan

Penurunan performa ini umumnya disebabkan karena kondisi burung itu sendiri. Pada lovebird betina, misalnya bisa disebabkan karena nyilet atau ngelemak. Sementara pada lovebird jantan disebabkan karena menurun birahinya. Jika dipaksakan mengikuti lomba, penampilannya tidak akan maksimal seperti sebelum diternakan. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan performa lovebird betina dan jantan setelah kawin:

Cara mengembalikan performa lovebird betina dan jantan setelah diternak

Cara mengembalikan performa lovebird betina

mengembalikan performa lovebird betina dan jantan

Untuk mengembalikan performa burung betina setelah diternak atau bertelur, ada beberapa perawatan yang bisa sobat terapkan. Namun perlu diketahui bahwa perawatan ini hanya cocok untuk settingan single fighter ya. 

Hal pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan lebih rutin melakukan pengembunan. Pengembunan ini bisa dimulai sejak satu jam sebelum matahari terbit. Kemudian setelah matahari terbit, mandikan burung sampai tubuhnya basah kuyup dengan menggunakan semprotan atau hand sprayer. Selesai dimandikan, angin-anginkan burung sampai bulunya setengah mengering. Selanjutnya full kerodong sangkarnya kemudian gantungkan di tempat teduh dan agak berangin. 

Berikan Pakan Master Daily sebagai pakan sehari-harinya agar performanya juga cepat kembali seperti semula. Lalu berikan juga air minum yang bersih dan segar. Berikan juga Vitamin M-Plus untuk menunjang dan menjaga kondisi kesehatan lovebird. 

Lakukan pola perawatan tersebut dengan rutin selama satu minggu penuh. Setelah itu pindahkan burung ke kandang umbaran untuk dilatih. Selama masa pelatihan, sebaiknya jauhkan burung betina dari lovebird jantan agar birahinya bisa segera stabil. 

Selain itu, berikan juga Pakan Master Premium selama pelatihan agar performanya kembali meningkat dengan cepat. Setelah itu, siapkan air minum dalam cepuk besar agar bisa digunakan sebagai tempat mandi oleh burung nantinya. 

Setelah menerapkan settingan tersebut, penampilan lovebird betina akan kembali maksimal seperti sebelum diternakan atau bertelur. 

Cara mengembalikan performa burung jantan

mengembalikan performa lovebird betina dan jantan

Untuk mengembalikan performa lovebird jantan, ada beberapa kegiatan yang harus sobat lakukan, yaitu:

  • Memeriksa kondisi fisik dan bulu lovebird jantan
  • Menggunakan sangkar bulat agar perawatan hariannya jadi lebih mudah
  • Berikan pakan yang berkualitas agar mencegah bulunya ambrol, misalnya dengan memberikan Pakan Master Daily yang sudah terbukti mengandung berbagai macam nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi burung
  • Gunakan jagung manis sebagai pakan tambahan (EF)
  • Satu jam sebelum matahari terbit, embunkan burung di luar rumah
  • Setelah matahari terbit, siapkan cepuk untuk mandinya dan pancing burung agar mau mandi semprot
  • Selesai dimandikan, angin-anginkan burung sebentar kemudian jemur sampai dengan pukul 10.00 atau 11.00 pagi. 
  • Selesai dijemur, pindahkan burung ke tempat yang teduh untuk diangin-anginkan kembali
  • Selanjutnya full kerodong sangkar burung kemudian tempatkan di dalam ruangan. Sebelum disimpan, sebaiknya semprot kerodong dengan semprotan halus agar kelembaban suhu di dalamnya terjaga
  • Lakukan pemasteran dengan suara lovebird betina sampai dengan sore hari
  • Pada malam hari, semprot halus kain kerodong sekali lagi
  • Pancing lovebird jantan dengan suara lovebird betina agar ia kembali ngekek. Setelah mulai terlihat ngekek lagi, turunkan durasi penjemuran menjadi 10-15 menit. 

Dengan pola perawatan di atas, performa lovebird jantan akan kembali seperti semula sebelum ia diternakan dan menghasilkan keturunan. Setelah itu burung bisa diikutkan kembali dalam perlombaan sebagaimana biasanya. 

Demikianlah cara mengembalikan performa burung betina dan jantan setelah diternakan. Semoga dengan informasi ini, lovebird kesayangan sobat kicau bisa kembali moncer di arena lomba. Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

Follow us:
Tips Mengembalikan Performa Lovebird Betina dan Jantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020