Sejauh ini ada tiga masalah utama ternak lovebird yang sering dirasakan oleh peternak lovebird. Karena ketiga masalah ini, cukup banyak peternak yang tidak bisa menikmati hasil dari usahanya. Alasannya karena tiga masalah utama dalam ternak lovebird tersebut berkaitan dengan piyikan atau anakannya. 

Kali ini om master akan mencoba menjelaskan tiga masalah utama ini secara singkat agar setidaknya bisa menambah pengetahuan peternak pemula atau ikut membantu menyelesaikan masalahnya. Karena itu simak sampai selesai ya!

masalah utama ternak lovebird

Tiga masalah utama ternak lovebird

Induk tidak mengacuhkan anak-anaknya

Permasalahan yang pertama adalah induk tidak mengacuhkan anak-anaknya. Artinya induk tidak merawat ataupun meloloh anak-anaknya. Masalah ini menjadi yang paling sering dijumpai oleh peternak lovebird. 

Penyebabnya adalah induk lovebird masih muda sehingga kurang mempunyai pengalaman. Selain itu, bisa juga diakibatkan karena kandang yang kurang nyaman (terdapat gangguan dari hewan atau manusia), birahi burung naik, atau induknya memiliki sifat pemalas. 

Solusi yang bisa sobat lakukan saat menemui masalah ini adalah dengan memisahkan anakan dari induknya lalu lakukan proses pelolohan secara manual. Dengan begitu, anakan jadi terawatt kembali sejak dini.

Anakan sering digigit dan dicabuti bulunya oleh indukan

Permasalahan yang kedua adalah induk burung menjadi agresif sampai menggigit dan mencabuti bulu anaknya. Perilaku agresif ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah karena terlalu sering berproduksi sehingga induk merasa stress, kekurangan nutrisi, dan juga gangguan ektoparasit.

masalah utama ternak lovebird

Dari ketiga penyebab tersebut, yang paling sering dirasakan oleh peternak burung adalah induknya stress karena terlalu sering berproduksi. Untuk itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur ulang jadwal produksi induk dan memberikan waktu istirahat yang cukup sebelum kembali dikembangbiakan.

Selain itu, sobat juga bisa melakukan perubahan dalam kegiatan pemberian pakan atau menjaga dan membersihkan kandangnya secara rutin sehingga kebersihannya tetap terjaga. 

Piyikan atau anakan hilang dari sarangnya

Masalah yang ketiga adalah piyikan yang menghilang dari sarangnya Banyak penangkar lovebird yang menganggap kejadian ini sebagai sebuah misteri, namun ternyata alasan sebenarnya disebabkan oleh adanya piyikan yang mati. Untuk mencegah bakteri dari bangkai tersebut, induk burung kemudian menginjak-nginjak bangkainya sampai rata dengan sarangnya. 

Alasan ini cukup masuk akal mengingat bangkai akan jadi lebih cepat kering karena tidak ada cairan. Dengan begitu, bakteri menjadi tidak mempunyai tempat untuk tumbuh dan berkembang. 

Solusi untuk masalah yang terakhir adalah dengan mengganti sarang yang ada atau bisa juga mendiamkannya karena ini merupakan keputusan induknya sendiri sehingga bisa disimpulkan aman bagi burung. 

Nah, itulah tiga masalah utama ternak lovebird yang sering dirasakan oleh para peternak. Untuk mencegah masalah tersebut terjadi, sobat bisa coba memberikan pakan yang berkualitas tinggi serta kaya akan nutrisi seperti Pakan Master Premium dan Pakan Master Daily pada lovebird kesayangannya. Semoga informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat dan membantu sobat kicau ya.

Follow us:
Tiga Masalah Utama Ternak Lovebird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020