Lovebird telat ngekek di lapangan merupakan salah satu masalah yang banyak dialami penghobi burung kicau ini. Tidak tanggung-tanggung, baik pemain pemula maupun senior pernah mengalaminya. Umumnya, lovebird telat ngekek saat sesi awal gantang lalu kembali ngekek di sesi-sesi selanjutnya. Meski begitu, masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini om master akan membagikan pengalaman dan informasi kepada sobat kicau. Tujuannya agar bisa menjadi referensi bagi sobat yang lovebird-nya telat ngekek maupun yang akan menghadapi masalah tersebut.

lovebird telat ngekekPenyebab lovebird telat ngekek

Kebanyakan lovebird telat ngekek di lapangan disebabkan karena burung belum panas. Karena itu masalah ini banyak terjadi di sesi awal perlombaan. Namun tidak sampai di situ saja, ada beberapa penyebab lovebird telat ngekek yang harus sobat ketahui, di antaranya:

  1. Lovebird terlalu kencang: maksudnya lovebird hanya ngompa pada sesi awal digantang dan ngetik dengan durasi yang cukup. Biasanya ini terjadi pada lovebird yang baru pertama kali digantangkan (lovebird baby).
  2. Kehabisan tenaga: Ini terjadi pada burung yang narik terus-terusan selama perjalanan menuju arena lomba hingga tenaganya terkuras habis.

Dari banyaknya penyebab lovebird telat ngekek di lapangan, dua kasus di atas adalah yang paling sering dialami oleh teman-teman penghobi burung. Oleh karena itu om master hanya memasukan dua poin tersebut saja.

Cara mengatasi lovebird telat ngekek

Lovebird terlalu kencang

Untuk mengatasi masalah yang pertama, yaitu lovebird terlalu kencang, sobat kicau bisa mulai dengan melihat kondisi burung ketika berada di lapangan terlebih dulu. Biasanya lovebird yang terlalu kencang akan langsung narik ketika digantang; ada juga yang sudah narik sejak sebelum digantang sampai sulit untuk dihentikan; selain itu ada juga yang hanya mompa sebelum digantang dengan tubuh yang kelihatan mengecil. 

Jika terjadi seperti itu, sobat bisa menyemprot bagian pantan lovebird sekitar 15 menit sebelum gantang dan mengistirahatkannya di tempat yang teduh. 

Kehabisan tenaga

Kehabisan tenaga tentu tidak bagus bagi lovebird yang akan dilombakan, karena itu sobat harus segera mengatasinya. Jika dibiarkan saja, bisa jadi lovebird menjadi gembos. Untuk mengatasinya, sobat bisa menyiapkan kerodong 2 lapis. Satu berwarna cerah dan satunya lagi berwarna gelap. Pertama gunakan kerodong berwarna gelap terlebih dulu (simpan di dalam) lalu tutup kembali dengan kerodong berwarna cerah agar memantulkan sinar matahari. Tujuannya agar lovebird tidak merasa terbakar sepanjang perjalanan. 

Setelah sampai di lapangan, simpan sangkar di tempat yang teduh lalu buka kerodong paling luar (kerodong berwarna cerah) agar hawa di dalamnya tidak terlalu pengap. Jika lovebird milik sobat merupakan lovebird yang latah, sobat bisa mengusap sangkar tepat ketika lovebird mulai terlihat mau narik.

lovebird telat ngekek

Tips untuk mengatasi lovebird telat ngekek

  • Sehari sebelum lomba (H-1) tidak perlu menjemur lovebird lagi. Cukup embunkan saat pagi hari kemudian semprot sampai tubuhnya agak basah dan anginkan.
  • Simpan burung dalam ruangan yang suasananya tenang, serta jauhkan dari lovebird yang lainnya.
  • Kerodong burung saat disimpan dalam ruangan yang tenang jika memang sobat biasa melakukannya.
  • Embunkan burung sebelum berangkat ke lapangan sambil disemprot halus lalu dikerodong. Setelah selesai tempatkan sangkar di tempat yang sejuk. 
  • Pilih lokasi yang tenang saat tiba di arena perlombaan lalu biarkan lovebird-nya ngekek terlebih dulu. Kemudian buka kerodongnya
  • Biarkan burung beradaptasi dengan suasana di lokasi perlombaan dengan cara menggantangnya di mana saja, bila perlu di gantangan.
  • Semprot dadanya satu sampai dua kali jika burung terlihat mompa atau ngetik di lapangan kemudian langsung dikerodong.
  • 15-20 menit sebelum digantang (sekitar dua sesi) buka kerodong agar sobat bisa mengambil tempat makan dan air minumnya.
  • Usahakan agar burung tidak ngekek terus-menerus selama berada di paddock agar staminanya terjaga
  • Berikan jagung muda sejak satu hari sebelum perlombaan sampai dengan hari H perlombaan

Untuk keberhasilan di arena perlombaan, sobat kicau harus benar-benar memahami dan mengetahui penyebab lovebird telat ngekek ini. Dengan begitu, sobat bisa mengatasi masalah tersebut dengan tepat dan benar secepat mungkin. Sekian pembahasan mengenai lovebird telat ngekek yang bisa om master sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat kicau di mana saja. Sampai jumpa di artikel burung dari om master selanjutnya.

Follow us:
Tips dan Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020