Sampai saat ini cukup banyak orang yang belum mengetahui cara mengobati lovebird lumpuh atau stroke. Namun ini hal yang wajar mengingat penyakit lumpuh atau stroke pada burung Lovebird seringkali terjadi secara tiba-tiba, tanpa gejala klinis terlebih dahulu. Misalnya, saat pagi hari burung masih gacor dan bergerak-gerak di dalam kandangnya lalu sore harinya jadi diam tak bergerak sama sekali. Jika lumpuh atau stroke terlambat ditangani, kemungkinan terburuknya adalah kematian. 

Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati burung Lovebird lumpuh atau stroke.

lovebird lumpuh

     1. Menyiapkan kotak karantina
Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan kotak karantina yang terbuat dari triplek, dengan ukuran 40x40x40 cm. Kotak ini nantinya akan digunakan sebagai “kandang sementara” untuk Lovebird selama proses penyembuhan.

     2. Buat lampu penghangat non permanen 5 watt
Setelah kotak karantina siap, langkah selanjutnya adalah membuat atau memasang lampu penghangat dari bohlam 5 watt. Pasang lampu bohlam tersebut di bagian atas kotak karantina.

     3. Pindahkan Lovebird ke dalam kotak karantina
Selanjutnya pindahkan Lovebird ke dalam kotak karantina. Hal ini dilakukan agar Lovebird bisa berdiri dengan nyaman karena pijakan kakinya rata dan tidak berjarak seperti kandang burung biasa. Dengan begitu, cedera pada kaki Lovebird tidak akan semakin parah.

     4. Siapkan pakan dan minum di dekat burung
Lovebird yang lumpuh atau stroke tidak akan bisa mengambil makanan yang disimpan terlalu jauh darinya. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan menyebar pakan di atas lantai kotak karantina.

     5. Berikan jagung yang sudah diberi air pada hari pertama sampai dengan hari ketiga
Setelah itu, sobat juga bisa memberikan jagung yang sudah diberi air sebagai variasi makanannya. Usahakan berikan pada hari pertama sampai dengan hari ketiga.

     6. Berikan cepuk air kecil di hari keempat
Pada hari keempat, sobat kicau bisa memberikan cepuk air kecil untuk minum. Lalu mulai kurangi pencahayaan pada siang hari.

lovebird lumpuh

     7. Oleskan balsem pada kakinya
Oleskan balsem pada kedua kaki Lovebird yang lumpuh atau stroke setiap pagi dan sore hari. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan serta melemaskan kaki burung Lovebird nya.

     8. Berikan obat pada burung
Langkah selanjutnya adalah memberikan obat orang yang diberikan langsung melalui paruh lovebird. Obat ini berfungsi sebagai antioksidan serta menambah vitamin untuk burung. Berikan maksimal 3 tetes setiap pagi atau sore hari.

     9. Berikan apel jika Lovebird tersebut keracunan
Selain itu, ada juga beberapa pakan yang bisa sobat berikan pada Lovebird yang lumpuh atau stroke. Jika selama proses penyembuhan fese atau tinja burung encer dan berwarna coklat, tandanya burung keracunan. Untuk mengatasinya, sobat bisa memberikan buah apel yang berguna membantu mengurangi racun dalam tubuh burung. Berikan buah apel setiap siang hari dengan cara disuapi dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

     10. Berikan perawatan tambahan jika diperlukan
Selain itu, sobat juga bisa melakukan perawatan tambahan seperti memijat kaki burung agar tidak terlalu kaku. Lakukan secara hati-hati, dengan tenaga secukupnya agar burung tidak kesakitan.

Jika lumpuh atau stroke-nya baru berjalan selama satu minggu, kemungkinan besar lovebird tersebut bisa sembuh kurang dari dua minggu dengan cara-cara di atas.

Itulah informasi mengenai penanganan lovebird lumpuh atau stroke secara tiba-tiba. Semoga bisa bermanfaat dan membantu sobat kicau merawat burung Lovebird kesayangannya di rumah. Tunggu artikel burung lainnya dari pakanmaster.com, ya!

Follow us:
Cara Mengobati Lovebird Lumpuh atau Stroke
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020