Lovebird beauty contest dalam beberapa tahun terakhir ini sudah mulai digandrungi pecinta burung lovebird. Terbukti dengan mulai banyaknya kategori beauty contest di beberapa event lomba lovebird. Namun di Indonesia pada umumnya orang-orang masih tertarik dengan lovebird kicauan sehingga sumber-sumber informasi bagi para pemula pun tidak terlalu banyak. 

Untuk menyiasati hal itu, dalam artikel kali ini om master akan membahas informasi seputar lovebird beauty contest mulai dari standar penilaian sampai dengan cara perawatan lovebird khusus untuk beauty contest.

lovebird beauty contest

9 kriteria penilaian beauty contest

Dari banyak jenis burung lovebird, yang sering diikutkan event beauty contest adalah: Blorok, Violet, Batman, Parker Blue, Lutino, Dakocan, dan juga Biola. Perawatan lovebird beauty contest tentu saja berbeda dengan perawatan untuk suara (singing contest). Secara umum yang menjadi kunci utama dalam beauty contest adalah penampilan fisik yang meliputi postur tubuh, kombinasi warna bulu, dan anatomi tubuh lovebird (paruh dan kaki).

Untuk lebih spesifik lagi, berikut ini om master jelaskan 9 kriteria penilaian beauty contest yang sudah dirumuskan oleh Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) dalam buku “Penangkaran Lovebird Beauty Contest” karya Iskandar Mirza a.k.a Abah Meer, dari KLI Surabaya.

Perilaku burung

Dalam penilaian, ada tiga kategori yang terkait dengan perilaku burung. Pertama, lovebird bisa berinteraksi dengan manusia. Kedua, lovebird terlihat tenang dan tidak takut saat didekati. Dan terakhir, lovebird memiliki gerakan yang lincah.

Kepala

lovebird beauty contest

Selanjutnya adalah penilai pada kepala burung. Yang dinilai oleh dewan juri saat kontes kecantikan adalah lengkung kepala yang berbentuk bulat seperti koin dan jidatnya sedikit menonjol. Lalu di bagian kedua mata lovebird juga harus bersih atau tidak keruh. Di bagian paruh tidak ada cacat, retak, dan juga goresan. 

Dada

lovebird beauty contest

Untuk mendapatkan nilai yang maksimal, bagian dada lovebird beauty contest harus terlihat bidang dan tampak meruncing saat dilihat dari samping. Selain itu, saat dikaitkan dengan jenis lovebird, bagian dada tersebut haruslah mencerminkan karakternya. 

Contohnya, jenis Fischeri, warna merah pada bagian dada harus lah rata sampai ke perut. Sementara jenis personata, warna dadanya harus senada dengan warna leher jadi terlihat seperti kalung,

Bagian punggung bawahlovebird beauty contest

Untuk bagian punggung sampai dengan ekor, penilaiannya adalah tubuh burung terlihat lurus saat dilihat dari samping. Ekor membentuk segitiga sama kaki dan bagian kloaka juga harus bersih.

Sayap

lovebird beauty contest

Pada bagian sayap, semakin terlihat rapat ke badan maka nilai yang diperoleh juga semakin besar. Kriteria lain untuk penilaian sayap adalah terlihat tidak menurun serta bulu-bulunya lurus. 

Tubuh dan Kesehatan

Penilaian bagian tubuh dan kesehatan biasanya terdiri dari empat kriteria, yaitu:

  • Fokus pada keharmonisan bentuk tubuh lovebird secara keseluruhan
  • Kondisi tubuh terlihat sempurna, tidak ditemukan cacat seperti kuku hilang, paruh retak, atau bulu-bulu yang terlihat kurang lengkap
  • Ukuran tubuh burung harus proporsional atau panjang dan beratnya seimbang. Artinya burung tidak kegemukan ataupun terlalu kurus. 
  • Kesehatan burung dilihat dari kesegaran, kelincahan, dan kebersihan fisik burung.

Warna

lovebird beauty contest

Warna-warna pada setiap bagian tubuh lovebird harus tegas dan terlihat perbedaannya. Sehingga menyerupai blok warna bagi orang-orang yang melihatnya. 

Setelah mengetahui kriteria penilaian dalam beauty contest, selanjutnya kita akan membahas cara merawat burung lovebird agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal. 

Cara merawat lovebird beauty contest

Perlu sobat ketahui bahwa sebenarnya inti dari kontes kecantikan (beauty contest) adalah untuk mempertahankan penampilan fisik serta warna bulu lovebird agar selalu enak dipandang. Dalam hal ini termasuk bentuk tubuh yang proporsional karena biar bagaimanapun lovebird yang obesitas atau terlalu kurus tidak terlalu bagus saat dilihat.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memudahkan perawatan yang sobat lakukan pada burung kesayangannya:

Kebersihan sangkar

Sudah jadi pengetahuan umum di kalangan penghobi burung lovebird bahwa sangkar yang kotor merupakan sumber masalah. Saat sangkar kotor, biasanya lovebird yang diam di dalamnya juga kotor. Karena itu, kebersihan wajib menjadi perhatian utama demi membuat tubuh burung tidak kotor.

Cara yang bisa sobat lakukan adalah dengan memberikan karpet putih pada bagian alas sangkarnya. Atau bisa juga dengan cara melapisnya menggunakan kertas karton tebal berwarna putih sehingga kotoran pun lebih mudah terlihat. 

Gunakan sangkar khusus lomba

Tujuan dari penggunaan sangkar khusus lomba adalah untuk menjaga bulu ekor dan sayap burung jadi tidak mudah rusak. Saat menggunakan sangkar khusus lomba, lovebird kemungkinan tidak akan selalu merambati jeruji sehingga bulu sayap dan ekor tidak cepat rusak.

Rajin memandikan lovebird

Durasi mandi lovebird beauty contest biasanya lebih sering daripada lovebird kontes suara. Selain itu, cara memandikannya pun tidak sembarangan karena harus menjaga dan merawat penampilan fisik burung. Beberapa pemain beauty contest bahkan memandikan burung dengan tangan plus menggunakan sabun khusus.

Jika sobat ingin mencoba memandikan lovebird kesayangannya dengan tangan, tips berikut ini sangat bisa dicoba:

Pertama, sobat bisa menyemprot tubuh burung sampai basah lalu tangkap dan bungkus tubuh burung dengan handuk. Setelah itu, saat proses mandi gunakan sabun khusus yang sudah disiapkan. Setelah selesai bilas menggunakan air yang bersih. 

Jemur seperlunya saja

Untuk lovebird beauty contest, sebaiknya penjemuran dilakukan seperlunya karena jika terlalu lama akan membuat bulu-bulu gampang kering dan rusak. Selain itu, waktu penjemurannya juga sebisa mungkin lakukan pada pagi hari.

Mengolesi kaku dan jari burung dengan minyak bayi

Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kaki serta jari burung. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak bayi tipis-tipis sampai merata ke seluruh bagian kaki. Usahakan agar minyak bayi yang dioleskan tidak menyentuh bagian bulu pahanya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang lovebird beauty contest yang bisa om master bagikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan pencerahan untuk sobat kicau semuanya. Nantikan artikel selanjutnya hanya di pakanmaster.com

Follow us:
Cara Merawat Lovebird Beauty Contest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020