Lovebird bahan masih jadi primadona bagi penghobi burung lovebird pemula serta tidak memiliki banyak modal. Alasannya karena harganya terjangkau, lebih mudah dirawat dan juga dilatih untuk mengikuti lomba. Dengan begitu, biaya untuk menjadikannya lovebird unggulan juga bisa dikontrol. Di luar permasalahan biaya, kepuasan batin saat berhasil membuatnya jadi lovebird unggulan juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Namun tidak semua lovebird bahan dapat dijadikan lovebird unggulan untuk lomba karena indukan dan karakternya juga berpengaruh. Kali ini om master akan membagikan tips memilih dan merawat lovebird bahan untuk dijadikan lovebird unggulan.

lovebird bahanPemilihan lovebird bahan untuk lomba

Dalam proses pemilihan lovebird bahan, setidaknya ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi. Di antaranya:

  • Sudah berumur 3 bulan atau lebih
  • Terlihat lincah, sehat, aktif, dan tidak memiliki kecacatan pada fisiknya
  • Bulu, mata, dan paruh terlihat cerah
  • Saat didekati manusia, burung tidak grabagan (ketakutan)
  • Terlihat santai saat bertengger dan mengeluarkan suara sesekali
  • Sebaiknya tanyakan asal-usul induknya jika memungkinkan. Lebih bagus jika induknya pernah mengikuti perlombaan 
  • pastikan lovebird sudah mau ngekek setiap kali digantang

Setelah mengetahui persyaratan dasarnya, selanjutnya sobat tinggal mencari lovebird bahan. Tempat-tempat yang biasa didatangi untuk mendapatkan lovebird bahan adalah ombyokan pasar burung, peternak atau penangkaran, dan dari arena latber.

Berikut ini beberapa tips memilih lovebird bahan sesuai dengan lokasi pengambilannya: 

Ombyokan pasar

Mencari lovebird bahan dari ombyokan pasar punya tantangan tersendiri karena itu hanya dianjurkan bagi mereka yang sudah ahli dalam memilih lovebird. Jika sobat merasa sudah ahli, maka yang pertama harus diperhatikan saat mencari lovebird bahan di ombyokan pasar adalah menanyakan usia lovebird.

Sebisa mungkin cari yang sudah berusia 3 bulan ke atas, ya. Selain itu, fisik juga harus terlihat segar dan burung terlihat aktif di dalam sangkarnya. Selanjutnya pastikan mental burung sudah kuat dengan cara mendatanginya secara langsung. Kalau terlihat ketakutan sebaiknya cari yang lain lagi.

Peternak atau penangkaran

Hal paling penting jika sobat ingin mencari lovebird bahan di peternak atau penangkaran adalah dana. Alasannya karena biasanya harga dari peternak atau penangkaran lebih mahal, namun kualitasnya juga lebih bagus.

Setelah dana dirasa mencukupi, selanjutnya tanyakan silsilah atau asal-usul induknya. Cari tahu apakah induknya pernah mengikuti lomba dan memiliki track record yang bagus. Selanjutnya perhatikan warna bulunya, siapa tahu sobat bisa mendapatkan lovebird dengan warna bulu yang eksotis. 

Perlu diingat bahwa sobat sebaiknya jangan terlalu berambisi mendapatkan lovebird yang sudah ngekek panjang. Jika kebetulan sobat mendapatkan yang seperti itu, anggap saja sebagai bonus. 

Arena latber

Keunggulan lovebird bahan yang berasal dari arena latber adalah harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan yang berasal dari peternak atau penangkaran. Namun kualitasnya tidak terlalu jauh berbeda. Saat tiba di arena latber, sobat tidak perlu fokus pada lovebird yang menjadi juara. Sebaiknya, cari saja lovebird yang mau berbunyi dan ngekek saat digantang.

Jika lovebird terlihat ngekek saat digantang, pastika tidak ngekek dalam satu sesi saja. Karena jika begitu kemungkinan besar ia hanya merasa kaget saja. Lovebird yang tidak ngekek dalam satu sesi berarti memiliki mental bagus dan performa yang stabil.

Merawat lovebird bahan untuk lomba

lovebird bahan

Setelah mendapatkan lovebird bahan yang sesuai dengan keinginan, tugas selanjutnya adalah merawatnya sampai ia memiliki performa yang lebih bagus lagi.

Pertama-tama, latih lovebird bahan satu kali dalam seminggu. Artinya, lovebird boleh dilatih ke lapangan namun tidak terlalu sering karena bisa mengakibatkan lovebird sering ngeruji, tidak mau ngekek, lebih sering ngelantai dan lain sebagainya. 

Setelah berumur 6 bulan atau sudah dewasa, baru lombakan lovebird secara rutin karena saat ini merupakan saat yang tepat untuk menguji kualitas lovebird. Jika masih belum menunjukan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan tips berikut ini: 

  • Carikan pasangan bagi lovebird yang sedang dilatih untuk mengontrol birahinya. Setelah perkawinan terjadi, silakan coba lombakan kembali lovebird tersebut. 
  • Mandikan lovebird sampai basah kuyup setiap pagi lalu jemur dengan durasi yang tidak terlalu lama, seperlunya saja.
  • Berikan terapi mandi guyur atau mandi hujan
  • Saat siang sampai dengan sore hari, sangkarnya jangan dikerodong.
  • Master lovebird secara kontinyu

Dalam beberapa kasus, lovebird yang dilatih mampu menunjukan tanda-tanda yang bagus ketika di rumah. Akan tetapi di arena lomba justru tidak mau berbunyi atau susah untuk berbunyi. Jika terjadi seperti itu, sebaiknya lakukan pencegahan. Caranya bisa dibaca di artikel berikut ini: 

Demikianlah informasi mengenai cara memilih dan melatih lovebird bahan untuk lomba dari om master. Selamat hunting lovebird dan jangan lupa tetap kunjungi pakanmaster.com untuk informasi bermanfaat lainnya.

 

Follow us:
Cara Memilih dan Merawat Lovebird Bahan untuk Lomba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020