Menghabiskan waktu yang lama bersama kucing kesayangan tentu menyenangkan, apalagi bisa melihat pertumbuhannya dari waktu ke waktu sampai akhirnya ia tutup usia. Namun, tahukah cat lovers jika cara merawat kucing yang sudah tua berbeda dengan yang masih muda? Ya, merawat kucing tua butuh dedikasi tinggi karena fungsi dan ketahanan organ tubuhnya sudah mengalami penurunan.

 

Bagaimana cara merawat kucing tua yang tepat agar ia tetap merasa bahagia di masa tuanya? Ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan, untuk mengetahuinya baca artikel ini sampai selesai ya!

Kucing Tua 1

sumber: https://steemit.com/indoneisa/@agus-maulana/aku-hanya-minta-sisa-makanan-tidak-lebih

Kondisi kesehatan kucing tua

 Seperti manusia, kucing yang sudah tua atau berumur lebih dari 10 tahun lebih rentan terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya sudah melemah. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang kucing tua:

  • Artritis
  • Nyeri sendi
  • Diabetes
  • Berat badan menurun
  • Ginjal kronis
  • Hipertiroidisme
  • Radang usus
  • Masalah pada gigi
  • Indra penciuman berkurang
  • Gangguan pencernaan dan lain-lain

Dengan ancaman penyakit sebanyak itu, merawat kucing dengan baik adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatannya, dan ini jadi tanggung jawab cat lovers sebagai pemiliknya.

Cara merawat kucing tua dengan baik

Kucing Tua 2

sumber: https://phoenixhillna.org/penyakit-penyakit-kucing-dan-penanganannya/

Memperhatikan lingkungan kucing

Hal paling umum ditemui pada kucing tua adalah pergerakannya berubah dan terbatas, ia jadi lebih banyak diam. Intinya mobilitasnya terganggu. Hal ini terjadi karena persendiannya mulai melemah. Oleh karena itu, untuk memudahkan kehidupannya cat lovers sebaiknya membuat lingkungan yang nyaman dan tidak menyulitkan pergerakan kucing.

Cat lovers bisa menyediakan jalan ke tempat tinggi yang biasa ia tempati, kemudian membuat tempat tidurnya jadi lebih nyaman agar kucing bisa beristirahat dengan tenang. Karena mobilitasnya terganggu, maka litter box miliknya pun harus disesuaikan. Seperti misalnya membuat rendah di satu sisi sehingga kucing tidak kesulitan menggunakannya.

Selain litter tray, tempat makan dan minum juga harus disesuaikan. Cat lovers bisa memindahkan tempat makan dan minumnya ke tempat yang lebih rendah dan mudah dijangkau oleh kucing. Atau bisa juga dengan membeli tempat makan yang salah satu sisinya lebih rendah. Pokoknya buat agar kucing mudah menjangkau makanan dan air minumnya.

 

Mengajak kucing olahraga

Kucing yang sudah tua mungkin tidak akan datang ketika dipanggil seperti biasanya, hal ini karena sendi-sendi dalam tubuhnya mulai melemah. Otomatis mereka jadi lebih pasif dan jarang bergerak seperti biasanya. Namun, ini membahayakan bagi kucing karena akan semakin melemahkan tubuhnya serta berpotensi menyebabkan diabetes.

Oleh karena itu, cat lovers harus mengajaknya berolahraga dan mengajaknya bermain dengan mainan favoritnya secara perlahan-lahan. Jangan memperlakukannya seperti kucing muda karena memang tubuh mereka sudah tidak mendukung untuk bergerak dengan lincah lagi.

 

Membersihkan tubuh kucing

Bakteri, virus, dan kutu adalah musuh utama bagi kucing yang sudah tua. Maka sebaiknya cat lovers rutin membersihkan bulu dan kuku kucing karena biasanya menjadi sarang bakteri, virus dan kutu.

Selain itu, membersihkan tubuh kucing juga bisa menjaga penampilannya agar tidak terlalu “tua” dan menyeramkan seperti kebanyakan kucing liar yang ditemui di sekitar rumah.

 

Memperhatikan makanannya

Cat lovers mungkin bertanya-tanya makanan apa yang cocok untuk kucing tua? Makanan kering atau makanan basah?

Dilansir dari bobo.grid.id, Uri Burstyn yang berprofesi sebagai dokter hewan menyarankan pemberian makanan basah untuk kucing yang berusia di atas 10 tahun. Hal ini dikarenakan kucing yang sudah tua sangat mudah dehidrasi yang bisa mempengaruhi kerja jantung atau organ penting lain di tubuhnya.

Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan diabetes pada kucing. Makanan basah dapat membantu asupan cairan bagi tubuhnya terpenuhi. Di sisi lain, makanan basah juga rendah kalori sehingga mencegah kucing mengalami obesitas.

Yang lebih penting lagi, makanan basah mudah dikonsumsi karena teksturnya yang empuk serta lembut sehingga mudah dikunyah. Namun, agar kucing mau memakannya, saat proses perpindahan dari makanan kering ke makanan basah, sebaiknya dilakukan secara perlahan dengan cara mencampurkan makanan basah ke makanan kering.

 

Memperhatikan air minumnya

Kucing yang kondisinya masih fit, bisa menahan rasa haus dalam waktu yang lama. Namun tidak demikian untuk kucing yang sudah tua. Rasa haus bisa datang kapan saja karena kemampuan menahan rasa hausnya sudah menurun. Maka, cat lovers harus menjamin ketersediaan air minum untuknya.

Ini bisa dilakukan dengan cara menyediakan tempat minum di dekat kandang ataupun tempat favoritnya yang lain. Perlu cat lovers tahu bahwa saat kucing tua kehilangan 15% cairan, tubuhnya akan sangat lemas dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

 

Jangan membentak dan memukul kucing

Kucing yang sudah tua, perasaan dan emosinya jadi lebih sensitif juga tidak stabil yang menyebabkannya lebih mudah stress serta merasa depresi.

Membentak dan memukul kucing adalah tindakan yang sangat tidak boleh dilakukan karena dapat membuatnya gelisah, stress dan jadi tidak betah diam di rumah. Dengan membentak kucing berarti cat lovers sudah bertindak seperti musuhnya.

Untuk menjaga kesehatan kucing, sebaiknya jangan membentak dan jangan ringan tangan pada kucingnya ya.

 

Tunjukan kasih sayang lebih pada kucing

Kucing yang sudah tua, biasanya menjadi lebih manja dari biasanya. Maka cat lovers harus menunjukan kasih sayang lebih padanya. Cara paling mudah bisa dengan memeluk dan menggendongnya sesering mungkin.

Dengan memeluk dan menggendongnya, kucing akan merasa disayangi dan dihargai sehingga membuatnya tidak mau pergi jauh-jauh dari cat lovers.

 

Jangan memelihara kucing baru di rumah

Jika cat lovers mempunyai kucing yang sudah berusia di atas 10 tahun, sebaiknya jangan mengadopsi kucing baru untuk sementara waktu karena kucing yang sudah tua jadi lebih pencemburu dari biasanya.

Hal ini mungkin sepele, namun bisa membuat kucing merasa stress dan marah karena menganggap cat lovers sudah tidak lagi menyayanginya. Oleh karena itu, agar ia tidak kabur dari rumah sebaiknya tahan dulu keinginan untuk mengadopsi kucing baru ya. Untuk kucing yang dipelihara bersamaan dengannya masih diperbolehkan, karena ia sudah terbiasa dengan kehadirannya.

 

Rajin membawa kucing ke dokter hewan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing tua sangat rentan terkena penyakit. Oleh karena itu cat lovers harus sering-sering mengecek kesehatannya. Jadi jika ada penyakit yang menyerang tubuh kucing bisa langsung diatasi dengan cepat dan tepat.

Minimal bawa kucing ke dokter hewan dua bulan sekali agar pengecekannya teratur. Dan jangan lupa juga untuk tetap memberikan obat serta suplemen jika disarankan oleh dokternya ya!

Ya, itulah cara-cara merawat kucing yang sudah tua. Mungkin terlihat sedikit lebih sulit daripada kucing muda, namun wajar saja karena kondisi kesehatan kucing juga sudah menurun. Dan merupakan tugas cat lovers untuk menjamin kucing bahagia sampai akhir hayatnya.

Nantikan artikel tentang kucing lainnya di pakanmaster.com ya!

Follow us:
Cara Merawat Kucing Yang Sudah Tua
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020