Banyak yang bilang bahwa kucing takut air. Jika cat lovers sudah memelihara kucing untuk waktu yang lama, mungkin sudah tidak aneh saat melihat kucing jarang menyentuh air karena ketakutan. Bahkan saking takutnya, kucing akan langsung panik begitu didekatkan pada air. Padahal kadang-kadang, ada kotoran yang sulit hilang menempel pada tubuh kucing, seperti lumpur misalnya. Nah, kira-kira apa alasan kucing takut air ya?

Kucing takut air

Banyak asumsi mengenai alasan kucing takut air, pada intinya hanya ada 6 alasan, yaitu:

 

Tidak terbiasa dengan air
Anggapan kucing bisa memandikan dirinya sendiri sudah sangat menyebar luas di masyarakat. Akibatnya, ada pemilik kucing yang merasa tidak perlu memandikan kucingnya sama sekali. Hal ini pada akhirnya membuat kucing tidak terbiasa dengan air.

Jika sudah begitu, kucing akan merasa takut pada air karena air merupakan sesuatu yang asing buatnya. Padahal anggapan kucing bisa memandikan dirinya sendiri tidak sepenuhnya benar. Faktanya, kucing pun membutuhkan manusia untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran, virus, atau bakteri yang tidak bisa dihilangkan sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya mandikan kucing minimal dua minggu sekali atau satu bulan sekali untuk membersihkan tubuhnya serta membuatnya terbiasa dengan air.

 

Tidak bisa berenang
Kucing menjauhi air karena ia tahu bahwa dirinya bisa tenggelam jika masuk ke dalam air. Hal ini disebabkan karena kucing diberitahu instingnya bahwa ia tidak bisa berenang. Persis seperti manusia yang selalu menjauhi tempat-tempat yang tinggi karena kita tahu bahwa kita tidak bisa terbang seperti burung.

Walaupun pada kenyataannya kucing bisa menggerakkan kakinya saat berada di dalam air seperti anjing, namun tetap saja ia tidak tertarik untuk berenang.

 

Menganggap air sebagai hukuman
Banyak sekali orang yang sering menyemprotkan air untuk mengusir kucing, selain itu ada juga yang menyiram kucing saat mereka melakukan kesalahan atau sesuatu yang tidak disukai oleh manusia. Ternyata perlakuan ini bisa membuat kucing menganggap air sebagai hukuman.

Kucing yang terlalu sering disiram air akan berpikir bahwa saat tubuhnya terkena air artinya ia sedang mendapatkan hukuman. Dengan kata lain, kucing merasa trauma.

 

Tidak suka bulunya basah
Bulu bagi kucing sudah seperti mantel alami. Fungsi dari mantel ini adalah untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap hangat. Oleh karena itu, ketika bulunya basah, kucing jadi tidak mempunyai pertahanan untuk melawan suhu dingin.

Kucing takut air

Untuk beberapa jenis kucing hutan, bulu yang basah bisa jadi mematikan. Alasannya karena saat bulunya basah, ia akan kehilangan kalori dalam jumlah yang banyak lalu perlahan-lahan mati karena kekurangan energi.

 

Semi domestik
Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menunjukan bahwa kucing termasuk ke dalam hewan semi-domestik. Ini berarti kucing masih memiliki sedikit naluri liar dari para leluhurnya terdahulu.

Salah satu contoh naluri liarnya adalah tidak menyukai kejutan. Di alam liar, kucing termasuk hewan yang sangat waspada dan bisa merespon ancaman dengan sangat cepat. Namun, kemampuan ini menurun saat bulunya basah karena membuat pergerakan mereka menjadi lebih lambat. Dengan kata lain, kucing menganggap air berbahaya karena bisa mengancam kelangsungan hidupnya.

 

Kucing yang tidak takut air
Meski sudah sejak dulu kucing takut air, namun ada juga jenis kucing yang senang dengan air. Salah satu contohnya adalah jenis kucing pemancing yang tinggal di rawa-rawa di wilayah Asia. Kucing pemancing ini kakinya terselubung sebagian sehingga bisa membantunya untuk berenang dan menangkap ikan di sungai.

Selain itu, ada juga jenis kucing yang mempunyai julukan “kucing berenang”. Julukan ini bukan sekedar nama saja, melainkan diambil dari karakternya yang sangat senang berenang. Nama lainnya adalah Turki Van. Kucing jenis ini ternyata bisa menggerakan kakinya di dalam air untuk berenang layaknya seekor anjing.

Itulah keenam alasan kucing takut air yang berhasil kami kumpulkan. Untuk berjaga-jaga jika suatu hari cat lovers harus membersihkan tubuh kucing kesayangannya, sebaiknya biasakan kucing dengan air sekarang juga ya. Karena akan jadi sangat merepotkan jika kucing menjadi agresif saat dimandikan.

Sampai jumpa di artikel kucing dari pakanmaster.com selanjutnya ya!

Follow us:
Kucing Takut Air, Benarkah Pernyataan Ini?
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020