Dari puluhan jenis kucing yang ada di dunia, kucing anggora dan persia menjadi favorit banyak orang Indonesia untuk dijadikan peliharaan. Meski begitu, masih banyak orang yang kesulitan membedakan antara keduanya. Pokoknya setiap kucing yang berbulu panjang namanya ya anggora.

Padahal sebetulnya ada ciri-ciri khusus yang membedakan dua jenis kucing favorit ini. Agar cat lovers tidak salah memilih saat hendak mengadopsi kucing, baca artikel ini sampai selesai ya karena kita akan menyajikan perbedaannya secara lengkap.

Kucing Angggora
Kucing Angggora & Persia

sumber: https://bobo.grid.id/amp/081839268/sering-dianggap-sama-inilah-perbedaan-kucing-anggora-dan-persia?page=all

 

1. Gagah vs menggemaskan

Kita akan mulai artikel ini dengan membahas perbedaan pada bentuk tubuh terlebih dahulu karena bentuk tubuh menjadi dasar bagi perbedaan bagian tubuh yang lain seperti kaki, wajah, dan bulu.

Bentuk tubuh kucing anggora lebih tinggi dan lebih ramping daripada kucing persia. Dengan bentuk tubuh yang seperti ini, otot kucing anggora jadi lebih menonjol sehingga terlihat gagah. Sementara itu, kucing persia tubuhnya lebih pendek, gemuk dan bulat sehingga terlihat menggemaskan.

 

2. Bentuk kaki

Bentuk kaki kucing anggora dan persia sangat khas dan mudah dibedakan bahkan oleh orang awam sekalipun. Ditambah lagi, bentuk kakinya sangat sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Kaki kucing anggora lebih ramping serta mirip dengan kucing domestik sehingga membuat tubuhnya terlihat tinggi. Sedangkan kucing persia kakinya agak lebar dan membuatnya terlihat lebih pendek dan membulat.

 

3. Bentuk wajah

Nah selain tubuh dan kaki, bentuk wajah kucing anggora dan persia juga sangat khas sehingga mudah dibedakan. Artinya, dengan melihat wajahnya saja cat lovers bisa tahu perbedaan kedua jenis kucing ini.

Secara keseluruhan, bentuk wajah kucing anggora sangat mirip dengan kucing domestik. Perbedaannya, kucing anggora memiliki bulu-bulu panjang di sekitar pipi dan terlihat berbentuk segitiga juga lonjong. Selain itu, mata kucing anggora juga tidak terlalu lebar dan punya tatapan yang lumayan tajam.

Bagian lain yang khas dari kucing anggora adalah telinga. Bentuknya lumayan panjang juga runcing, selain itu jarak antara telinga juga tidak terlalu jauh. Ditambah lagi, kucing anggora memiliki hidung yang mancung meskipun tidak semancung kucing domestik.

Sementara itu, bentuk wajah kucing persia lumayan bulat dengan lebih banyak bulu. Oleh karena itu, sekilas leher kucing persia tidak terlihat karena tertutup bulu lebatnya. Di sisi lain, mata kucing persia juga lebih lebar dengan telinga yang cukup pendek. Jarak antara telinga juga agak jauh.

Dengan semua karakteristik tersebut, wajah kucing persia terlihat lebih bulat, dan selaras dengan bentuk tubuhnya sehingga membuatnya lebih menggemaskan. Apalagi hidung kucing persia juga tidak semancung kucing anggora.

Perlu cat lovers ketahui bahwa hidung kucing persia terbagi menjadi tiga jenis, yaitu peaknose, flatnose dan medium (tidak terlalu pesek).

 

4. Bulu

Perbedaan antara dua jenis kucing ini juga terlihat pada bulunya. Seperti yang kita tahu, baik kucing anggora maupun persia memiliki bulu yang panjang. Namun, ternyata ada yang berbeda di beberapa bagian.

Misalnya, bulu kucing anggora tidak lebih lebat dan tebal daripada kucing persia. Namun pada bagian ekor, bulunya lebih tebal dan panjang mirip musang atau kemoceng. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, ada bulu-bulu panjang di bagian pipi kucing anggora.

Sedangkan pada kucing persia, bulu panjang dan tebal menyelimuti seluruh tubuhnya. Kecuali kucing persia jenis eksotis dan medium hasil kawin silang dengan kucing bulu pendek.

 

5. Karakter

Setiap jenis kucing tentu memiliki karakternya masing-masing, termasuk kucing anggora dan persia. Dengan mengenali karakter di antara kedua jenis kucing ini, cat lovers bisa lebih mudah membedakannya.

Kucing anggora termasuk kucing yang senang bermain, aktif, juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Artinya, kucing anggora akan merasa senang saat diajak bermain dan tidak terganggu dengan kehadiran binatang peliharaan lain di rumah. Bahkan kucing persia bisa mengajaknya main bersama. Selain itu, kucing anggora juga termasuk kucing yang cerdas, dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar.

Berbeda dengan kucing anggora, kucing persia lebih tenang dan pendiam serta tidak begitu aktif. Bahkan ada juga yang mengatakan kucing persia adalah kucing pemalas karena lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur dan makan. Selain itu, kucing persia juga lebih manja daripada kucing anggora.

 

6. Aktivitas

Selain karakter, aktivitas kedua jenis kucing ini juga cukup berbeda sehingga bisa membantu cat lovers membedakan keduanya.

Kucing anggora lebih senang menghabiskan waktu di luar kandang ataupun rumah sesuai dengan karakternya yang aktif. Ia bisa berburu serangga kecil bersama hewan lain untuk dijadikan mainan atau memakannya. Selain itu, kucing anggora juga lebih senang berada di tempat yang tinggi sehingga membuatnya senang memanjat dan melompat-lompat. Ditambah lagi kucing anggora senang berlari-lari dan terlihat menggemaskan saat berjalan.

Sebaliknya, kucing persia jauh lebih suka diam di dalam kandang dengan tidur atau bermalas-malasan. Aktivitas yang ia lakukan hanya makan, buang air, atau buang kotoran. Karena kemalasannya ini, kucing persia juga berjalan dengan pelan dan terlihat manja. Namun, jika sudah menemukan hal yang menarik ia bisa menjadi hiperaktif.

 

7. Perawatan bulu

Meskipun memiliki bulu yang panjang, namun perawatan bulu yang dilakukan berbeda antara kucing anggora dan kucing persia. Apalagi jika berkaitan dengan kesehatan bulunya. Ketelatenan dan jenis produk perawatan bulu yang digunakan juga berbeda agar perawatan lebih maksimal.

Untuk perawatan bulu, kucing anggora lebih mudah dibandingkan kucing persia karena bulunya lebih pendek dan tidak lebat seperti bulu kucing persia. Sebaliknya, bulu kucing persia membutuhkan perawatan ekstra karena bulunya lebih panjang dan rawan mengalami masalah.

 

8.Kesehatan

Di sisi kesehatan, daya tahan tubuh kedua jenis kucing ini juga sangat berbeda. Kucing anggora mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga jarang terserang penyakit dibandingkan kucing persia. Artinya butuh perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan kucing persia. Namun bukan berarti cat lovers boleh mengabaikan kesehatan kucing anggora ya!

 

9.Harga

Secara umum, harga kucing anggora biasanya lebih mahal daripada kucing persia. Namun ini tidak bisa dijadikan patokan begitu saja. Karena pada dasarnya, harga kucing sangat tergantung pada kualitas kucing itu sendiri. Misalnya, kucing yang sudah mendapatkan vaksin lengkap dan pernah memenangkan kontes harganya jauh lebih mahal daripada kucing yang biasa saja. Selain itu, umur juga ikut mempengaruhi harganya.

 

10. Jenis

Perbedaan kucing anggora dan persia yang terakhir adalah jenisnya. Kucing persia modern sudah berkembang dan memiliki 3 jenis ras sampai saat ini, yaitu: kucing persia himalaya, kucing persia exotic shorthair, dan kucing persia traditional chinchilla. Sedangkan kucing anggora, tidak memiliki ras turunan dan termasuk ke dalam jenis kucing autentik.

Sudah jelas ya sekarang, meskipun terlihat sama namun ada sepuluh hal yang membedakan kucing anggora dan persia. Jika cat lovers ingin memiliki salah satunya, namun masih kebingungan ada baiknya dipahami baik-baik setiap poin di atas ya!

Sampai jumpa lagi di artikel pakanmaster.com berikutnya!

Follow us:
Perbedaan Kucing Anggora & Persia
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020