Perawatan untuk mengikuti kontes lovebird malam hari ternyata cukup berbeda dengan lovebird yang main siang hari. Apalagi cuaca dan angin malam bisa membahayakan kesehatan burung, karena itu ada tips dan trik khusus jika sobat ingin mengiktui kones lovebird di malam hari agar performa burung tetap prima. 

Seperti yang kita ketahui, saat ini perlombaan burung lovebird tidak hanya dilakukan di pagi atau siang hari saja. Beberapa penyelenggara lomba ada yang menggelar perlombaan di malam hari. Jika  sobat tidak menemukan setingan yang pas untuk lovebird yang main di malam hari, maka kesempatan meraih prestasi pun lenyap.

kontes lovebird malam hari

Namun, menemukan setingan yang pas tidak pernah mudah untuk dilakukan. Perlu eksperimen untuk menerapkan berbagai macam settingan. Tapi dengan bantuan internet, sobat tidak perlu lagi melakukan hal seperti itu lagi karena bisa belajar dari pengalaman orang lain yang dibagikan di website atau forum-forum. 

Untuk menambah referensi settingan burung lovebird yang bermain di malam hari, kali ini om master ingin membagikan trik khusus serta beberapa tips yang sudah terbukti berhasil meningkatkan performa lovebird andalan om master saat mengikuti perlombaan yang digelar di malam hari.

Trik khusus dalam perawatan harian untuk mengikuti kontes lovebird malam hari

Untuk lovebird yang main di malam hari, adaptasi dengan cuaca, kondisi, dan suasana adalah kuncinya. Berdasarkan pengalaman om master, lovebird yang sudah beradaptasi memiliki performa lebih baik dari yang lainnya. Oleh karena itu, perawatannya pun berbeda dengan biasanya.

Misalnya saja waktu mandi, untuk lovebird main malam hari waktu mandi berubah menjadi sore hari sekitar pukul 17.00. Sedangkan untuk lovebird main siang hari biasanya dimandikan pada pukul 10.00 pagi. Selain itu, waktu istirahatnya juga berbeda. Khusus lovebird yang main di malam hari, waktu istirahat berubah menjadi pagi hari setelah dijemur. Sedangkan umumnya, lovebird beristirahat pada malam hari, yaitu sekitar pukul 19.00. 

Cara lain yang bisa sobat kicau lakukan untuk membantu lovebird beradaptasi dengan suasana malam hari adalah dengan membiasakan burung digantang di dalam rumah yang dibantu dengan penerangan lampu. Dengan begitu, perlahan-lahan burung bisa menyesuaikan diri dengan cuaca dan  suasana malam hari. 

Namun tidak cukup sampai disitu saja, burung juga harus dibiarkan beradaptasi dengan suasana lomba sebelum perlombaan dimulai. Caranya, sobat bisa meletakkan sangkar burung di dalam gedung tempat lomba digelar lalu membuka kerodongnya. 

Berikan Pakan Master Premium agar lovebird sukses main kontes malam hari

MASTER GABUNG BARU 4

Untuk menjaga kondisi kesehatan burung, pakan yang diberikan tidak cukup yang biasa-biasa saja, tapi harus yang berkualitas dan kaya akan vitamin. Jadi tidak cukup jika burung hanya diberi makan milet putih dan extra food saja. Untuk itu, om master menyarankan agar sobat memberikan produk Pakan Master Premium yang dibuat khusus untuk menjaga stamina dan membuat performa burung tetap stabil saat mengikuti kontes lovebird malam hari. Selain itu, Pakan Master Premium juga bisa menambah durasi ngekek lovebird sobat kicau.

Untuk extra food-nya, sebaiknya ganti kangkung menjadi jagung manis. Alasannya karena jagung manis terbukti bisa memberikan tenaga tambahan serta membantu lovebird mencapai titik puncak birahinya. Sementara kangkung justru bisa membuat burung mengantuk dan birahinya jadi kurang. 

Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan suplemen multivitamin sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Tujuannya agar kondisi kesehatan dan fisik burung tetap prima setiap harinya, sehingga tahan dari segala penyakit yang diakibatkan oleh cuaca dan angin malam hari. Yang terakhir, jangan mandikan lovebird di malam hari setelah lomba, lebih baik mandikan keesokan harinya sekitar pukul 17.00.

Demikian tips dan trik khusus untuk mengikuti kontes lovebird malam hari dari om master. Semoga bisa membantu dalam meningkatkan performa burung sobat.

Follow us:
Tips dan Trik Untuk Mengikuti Kontes Lovebird Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020