Menyediakan kandang kucing di rumah sangat baik untuk memberikan ruang pribadi padanya. Selain itu, bisa mencegah ia buang kotoran dan kencing sembarangan. Namun pemilihan kandang untuk kucing tidak bisa sembarangan karena kandang juga ikut mempengaruhi kondisi kesehatan kucing.

Untuk menghindari hal tersebut, cat lovers tentu perlu mengetahui dasar-dasar dalam memilih kandang kucing. Untungnya, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai hal tersebut. Jadi, jangan lupa siapkan catatan untuk mencatat informasi-informasi penting ya!

Kandang Kucing
Kandang Kucing

 

sumber: https://arenahewan.com/tips-memilih-kandang-kucing

 

Jenis kandang kucing

Sebelum membahas lebih jauh, pertama-tama cat lovers harus tahu dulu jenis-jenis kandang kucing. Berdasarkan fungsi dan ukurannya, kandang kucing terbagi menjadi dua yaitu kandang outdoor dan indoor.

 

Kandang outdoor

Kandang Outdoor

sumber: https://www.infocatdog.com/kandang-kucing-cantik-2/

Kandang outdoor adalah tempat yang bisa digunakan untuk mengembangbiakkan kucing, mengurus anak kucing; sekaligus untuk tempat bermainnya. Dengan fungsi sebanyak itu, ukuran kandang harus sesuai dengan jumlah kucing yang dipelihara, termasuk anak kucing atau kucing yang masih remaja, sehingga tidak terlalu sempit.

Ukuran standar untuk kandang outdoor menurut CFA adalah 6 meter x 6 meter untuk 12 ekor kucing. Kandang outdoor biasanya memiliki sekat untuk membagi kandang menjadi beberapa bagian sesuai dengan umur kucing. Ada bagian khusus untuk induk kucing dan anak-anaknya, dan bagian untuk kucing yang masih remaja. Ada juga bagian untuk bermain dan untuk kucing beristirahat. Dengan begitu kucing bisa bergerak dengan leluasa dan beristirahat dengan aman dan nyaman.

Umumnya, kandang outdoor berbentuk semi permanen atau dari kayu lengkap dengan kawat ram. Atapnya terbuat dari genting dan menyediakan tempat terbuka untuk sirkulasi udara dan jalan masuk sinar matahari. Sedangkan lantainya terbuat dari keramik yang mudah dibersihkan. Seperti namanya, kandang ini biasanya terletak di luar rumah pemilik kucing.

Kandang Indoor

Kandang 2

sumber: https://denahose.blogspot.com/2019/07/model-denah-rumah-kucing-outdoor.html

Kandang indoor bisa digunakan untuk 1-2 kucing saja. Kandang indoor juga bisa digunakan untuk memisahkan induk dan anak kucingnya agar pemiliknya bisa mengontrol perkembangan mereka.

Biasanya, kandang indoor mempunyai bentuk persegi, namun ada juga yang berbentuk seperti rumah atau bertingkat. Apapun bentuknya tidak jadi masalah, karena itu sangat tergantung dengan selera pemiliknya. Daripada bentuk, ukuran kandang jauh lebih penting karena sangat berpengaruh pada kenyamanan kucing.

Ukuran standar kandang indoor adalah 150 cm x 80 cm untuk 1-2 kucing saja. Ukuran ini cukup untuk seekor kucing dewasa melakukan berbagai aktivitas di dalam kandang seperti bergerak memutar, tidur, makan, minum dan mengasah cakarnya. Sedangkan untuk kucing yang lebih kecil (anak kucing sampai usia remaja) ukuran standarnya adalah 100 cm x 85 cm yang cukup untuk 2-4 ekor anak kucing.

Kandang indoor juga biasanya memiliki jeruji. Dan setiap jarak antara jeruji sudah disesuaikan dengan ukuran kaki kucing sehingga mencegah kakinya terjepit di sela-sela jeruji. Keunggulan kandang indoor yang paling menonjol adalah mudah dibawa ke mana-mana, terutama kandang yang dilengkapi dengan roda.

 

Bahan-bahan yang biasa dipakai untuk kandang kucing

Bahan terbaik untuk kandang kucing adalah yang mudah dibersihkan serta tidak berkarat seperti keramik dan stainless steel. Jika kandang mudah dibersihkan, kebersihan kandang bisa dijaga sebaik mungkin sehingga kucing merasa nyaman diam di kandang untuk waktu yang lama.

Selain keramik dan stainless steel, berikut ini adalah beberapa bahan yang biasa dipakai untuk kandang kucing:

  • Kayu
  • Besi
  • Tembok (bata dan pasir)
  • aluminium

 

Barang apa saja yang harus ada di dalam kandang kucing?

Pet Condo

sumber: https://www.catlovers.id/perlengkapan-kandang-kucing/

Setelah jenis dan bahan-bahan kandang kucing, berikutnya adalah daftar barang yang wajib ada di dalam kandang kucing. Kandang kucing tak ubahnya seperti rumah bagi manusia: harus membuat penghuninya (kucing) merasa nyaman dan aman dari macam-macam gangguan, termasuk gangguan kesehatan dan mental. Oleh karena itu, kandang yang baik haruslah dilengkapi dengan berbagai macam barang yang menunjang aktivitas kucing.

1. Tempat tidur

Kucing adalah hewan yang menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur, ia bisa tidur selama 16 jam dalam satu hari. Oleh karena itu tempat tidur jadi barang yang wajib ada di kandang kucing. Bahan dan bentuknya bebas, asal nyaman digunakan oleh kucing dan membuat tidurnya semakin lelap.

 

2. Tempat makan dan minum

Tempat makan dan minum wajib ada agar memudahkan kucing makan. Khusus untuk tempat makan, biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter sekitar 12-15 cm, serta bentuknya tidak datar agar makanan tidak berserakan nantinya.

Untuk tempat minum, banyak yang menggunakan tempat dengan ukuran besar agar menjamin kucing bisa minum kapan saja dan airnya tidak berserakan dimana-mana.

 

3. Litter tray

Kucing merupakan hewan yang senang dengan kebersihan. Oleh karena itu kandangnya pun harus bersih dan terbebas dari kotoran kucing. Caranya bisa dengan menyediakan litter tray agar kucing tidak kencing dan membuang kotoran di mana saja. Litter tray biasanya terbuat dari plastik dengan tinggi 8-10 cm, panjang 25-30 cm, dan lebar 15-20 cm.

Tray yang sudah dilapisi dengan plastik lebih direkomendasikan karena aman dari jamur dan bisa mencegah kotoran bercampur dengan pasir.

 

4. Tempat menggaruk

Kucing diberkahi dengan insting untuk menggaruk. Menggaruk bagi kucing bermanfaat untuk membuat kukunya tetap terasah dan tajam. Selain itu, mencakar sesuatu dengan kukunya juga biasa dilakukan untuk menandai daerah kekuasaannya. Oleh karena itu, agar barang-barang rumah tangga seperti kursi atau karpet tidak rusak, lebih baik sediakan tempat menggaruk di dalam kandang kucing.

 

5. Mainan kucing

Kucing senang bermain, baik sendiri maupun bersama kucing lainnya. Menyediakan mainan di dalam kandang adalah salah satu usaha untuk membuat kucing tetap bergerak dan bermain meskipun sedang berada di dalam kandang sendirian.

Jenis mainannya bebas, bisa apa saja, yang terpenting mampu membuat kucing bergerak kesana-kemari.

 

6. Lampu kandang

Kandang yang baik perlu diberi lampu untuk penerangan. Tidak perlu terlalu banyak jumlahnya, satu saja, cukup. Selain untuk penerangan, lampu juga bisa digunakan untuk memberikan kehangatan pada kucing saat hujan atau cuaca dingin menyerang.

Jika cat lovers sudah membulatkan niat untuk membangun atau membeli kandang kucing, sebaiknya segera lakukan penghitungan budget. Kandang kucing tidak harus selalu mahal dan berkualitas tinggi. Kandang yang murah pun tidak masalah selama bisa membuat kucing nyaman serta seluruh perlengkapannya tersedia.

Nantikan artikel mengenai dunia kucing lainnya hanya di pakanmaster.com!

Follow us:
Jenis-Jenis Kandang Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020