Glodok lovebird biasanya digunakan para peternak sebagai sarang tempat induk lovebird mengerami telurnya. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari kotak sampai setengah lingkaran. Glodok memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai pintu keluar masuk bagi induk lovebird. Bagi peternak lovebird, gelodok merupakan penentu keberhasilan, bahkan bahan dan modelnya juga ikut harus diperhatikan dengan baik. 

Dalam artikel ini om master akan membahas tentang glodok lovebird secara lengkap, termasuk cara membuat dan memasangnya di luar kandang. Jadi pastikan sobat membaca sampai selesai, ya!

glodok lovebirdMacam-macam glodok lovebird

Secara umum, gelodok yang ada di pasaran terbuat dari bahan yang keras dan padat. Tujuannya adalah mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh keropos atau gigitan burung. Namun, kekurangan bahan ini tidak bisa menjaga suhu dan kelembaban yang dibutuhkan induk lovebird untuk mengerami telur-telurnya.

Berikut ini beberapa macam glodok lovebird yang ada di pasaran:

Glodok Lovebird Kaca

glodok lovebird

Glodok ini terbuat dari kayu dan kaca maka dari itu dinamakan glodok kaca. Biasanya memiliki bentuk yang sesuai dengan bentuk kandang burung. Selain itu, terdapat dua pintu dalam glodok kaca ini yaitu pintu kayu dan pintu kaca. Jadi ketika pintu kayu dibuka, kita bisa melihat situasi di dalamnya. Namun burung juga tidak bisa terbang begitu saja karena masih tertahan oleh pintu kaca. 

Kelebihan dari Glodok Kaca adalah: 

  • Kita dapat dengan mudah memantau situasi di dalam glodok
  • Tidak membuat burung mudah stress karena kita hanya perlu membuka pintu glodok dari luar saat ingin mengamati telur atau anak lovebird.

Glodok Lovebird Setengah Lingkaran Untuk Sangkar Kapsul

glodok lovebird

Glodok setengah lingkaran biasanya digunakan oleh peternak yang tidak mempunyai tempat yang ideal untuk beternak. Alasannya karena gelodok jenis ini didesain agar sesuai dengan bentuk sangkar kapsul. 

Glodok setengah lingkaran cocok untuk beternak lovebird dengan ukuran kecil, yaitu nyasa dan black cheeked. Namun untuk jenis fischeri dan personata, glodok ini kurang ideal karena tubuhnya juga cukup besar. 

Akan tetapi, bukan berarti gelodok ini tidak mempunyai kelebihan. Karena sejatinya, gelodok ini sangat membantu bagi peternak lovebird pemula dengan modal minim. 

Glodok Lovebird Berdiri

glodok lovebird

Sesuai namanya, glodok lovebird jenis ini mempunyai ukuran yang tinggi dengan bentuk yang menjulang ke atas. Meski dinamakan gelodok berdiri, namun sebagian peternak menempatkannya dengan posisi tidur. 

Kelebihan dari gelodok Berdiri adalah:

  • Harganya cukup terjangkau
  • Tersedia hampir di setiap toko burung
  • Memiliki tata letak dalam kandang sehingga lebih fleksibel dan juga bebas
  • Urusan kelembaban terjaga lantaran ukuran glodok pas untuk burung lovebird

Glodok, sebaiknya terbuat dari triplek atau multiplek agar peluang keberhasilan beternak juga meningkat karena bahan ini terkenal dapat menjaga suhu dan kelembaban di dalamnya. 

Cara membuat glodok lovebird sendiri

Jika sobat cukup yakin dengan kemampuan yang sobat miliki, mungkin ada baiknya mencoba membuat glodok lovebird sendiri. Berikut ini om master tuliskan bahan baku yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat glodok sendiri adalah: 

  • Multiplek setebal 9 mm
  • Gergaji kayu
  • Lem kayu
  • Paku secukupnya
  • Kawat tali
  • Engsel.

Untuk pembuatannya, pertama-tama kita persiapkan dulu multipleknya dengan cara memotongnya sesuai ukuran-ukuran ini:

  • Untuk bagian depan dan belakang ukurannya yaitu 16,5 x 19 cm
  • Buat lubang berdiameter 7 cm di bagian depan untuk pintu glodok
  • Untuk bagian atas dan bawah ukurannya 16,5 x 18,5 cm
  • Untuk bagian sisi kiri dan kanan ukurannya 18,5 x 20,5 cm
  • Untuk pengunci, potong multiplek dengan ukuran kecil

Setelah menyiapkan multiplek selanjutnya adalah proses pembuatan glodok. Berikut ini tahapan dalam membuat glodok lovebird:

  1. Rakit dan satukan bagian depan, atas, bawah, sisi kiri, dan kanan dengan lem kayu dan paku
  2. Untuk bagian belakang bisa dipasang menggunakan engsel agar memudahkan kita saat ingin membuka atau menutup gelodok. 
  3. Gunakan kayu yang berukuran paling kecil untuk kuncinya
  4. Tancapkan paku di bagian kiri dan kanan gelodok agar dapat mengikat glodok ke kandang ternak

Proses pemasangan glodok lovebird: 

  1. Pertama, pastikan kandang yang akan digunakan memiliki beberapa pintu. Nah, salah satu dari pintu tersebut biasanya digunakan untuk memasang glodok di luar kandang
  2. Tempelkan gelodok di lokasi yang sobat inginkan
  3. Pasangkan kawan pada paku yang terpasang di sisi kiri dan kanan gelodok untuk mengikat gelodok ke kandang. Jangan lupa pastikan gelodok terikat dengan kencang, ya
  4. Sediakan mainan atau kayu manis di dalam kandang agar lovebird tidak menggigit glodok.

Demikian informasi seputar glodok lovebird yang bisa om master bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat kicau yang ingin memulai beternak lovebird. 

Follow us:
Jenis Glodok Lovebird dan Cara Membuatnya
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020