Sebagai penghobi burung lovebird, kita tentu harus bisa merawat lovebird di berbagai musim, baik musim kemarau maupun musim hujan. Terlebih di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti beberapa tahun belakangan, kemampuan ini akan sangat membantu kita untuk menjaga performa lovebird kesayangan di rumah tetap stabil.

Saat musim kemarau, suhu yang panas serta kering dapat memicu kemunculan macam-macam penyakit. Khususnya yang disebabkan oleh debu atau virus. Selain itu, saat musim kemarau lovebird juga rentan mengalami stress dan sakit karena kenaikan suhu tubuh yang cepat. 

Sementara saat musim hujan, burung biasanya merasa kurang nyaman karena habitat asli burung lovebird di kawasan Afrika sana memiliki iklim tropis yang hangat (bahkan lebih hangat daripada Indonesia). Karena itu, ketika cuaca menjadi dingin saat musim hujan kita perlu memberikan perhatian lebih kepada lovebird kesayangan di rumah. 

Kali ini om master akan membahas mengenai cara merawat lovebird di berbagai musim agar performa dan penampilan lovebird sobat kicau bisa tetap stabil. 

Cara merawat lovebird di berbagai musim untuk pemula

Berikut ini om master bagikan beberapa tips dan cara merawat lovebird di berbagai musim yang bisa sobat lakukan. Khususnya jika sobat merupakan pemula dalam dunia burung kicauan seperti lovebird. 

Perawatan lovebird di musim kemarau

merawat lovebird di berbagai musim

Pertama-tama, sebisa mungkin sobat mengeluarkan lovebird pada pagi hari untuk diembunkan. Dengan pengembunan ini diharapkan burung bisa mendapatkan udara yang sejuk dan segar dan bisa memberikan kelembaban pada burung. 

Setelah itu, mandikan lovebird hingga basah kuyup dengan semprotan atau menggunakan bak mandi kecil di dalam sangkarnya. Setelah selesai mandi, angin-anginkan lovebird sampai bulu tubuhnya kering. Jika sobat mau, bisa juga melakukan mandi sore untuk menjaga kesegaran tubuh lovebird kesayangannya. 

Langkah selanjutnya adalah dengan menggantang sangkarnya di tempat yang teduh dan lembab. Jika tidak ada, sobat bisa membuat kelembaban sendiri dengan cara menyemprot sangkar menggunakan hand sprayer atau meletakan alat pelembab udara di tempat (ruangan) sangkarnya. Khusus untuk lovebird yang dipelihara dalam kandang ternak, cara menjaga kelembabannya bisa dilakukan dengan cara meletakan baskom yang berisi spons basah di dasar sangkar. 

Jangan lupa untuk memberikan pakan yang berkualitas baik untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Saran om master sobat sebaiknya memberikan Pakan Master Daily yang terbuat dari biji-bijian berkualitas. Selain itu, Pakan Master Daily juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh lovebird  kesayangan sobat di rumah. 

Perawatan lovebird di musim hujan

merawat lovebird di berbagai musim

Saat musim hujan, meskipun cuaca menjadi dingin namun tidak sedingin di benua Eropa sana. Keuntungan dari hal ini adalah kita tidak membutuhkan mesin penghangat untuk merawat lovebird kesayangan di rumah. Daripada mesin penghangat, sebaiknya usahakan untuk membuat lovebird terhindar dari terpaan angin secara langsung. Entah itu angin yang masuk melalui lubang ventilasi udara, pintu, atau kipas angin. Alasannya karena terpaan angin secara langsung dapat membuat burung menjadi lebih mudah stress. 

Dengan kata lain, yang menjadi kunci dalam perawatn lovebird di musim penghujan adalah lokasi penggantangan sangkar lovebird. Namun tentu saja, selain lokasi yang harus dipikirkan dengan matang, ada beberapa cara yang bisa sobat kicau lakukan. Simak penjelasannya di bawah ini:

Memasang lampu full spectrum

Khusu selama musim hujan, sobat bisa mengganti lampu biasa dengan lampu full spektrum yang memiliki suhu sekitar 5500 kelvin serta cahaya yang mirip dengan sinar matahari. Dengan begitu, lampu ini terbilang baik bagi kesehatan burung, terlebih saat musim penghujan. 

Alasan lainnya adalah karena selama musim hujan, durasi terpaan sinar matahari di Indonesia berkurang. Singkatnya, untuk menjemur burung pun terbilang susah. Saat cuaca sudah sampai di tahap tersebut, lampu full spectrum sangat membantu untuk menggantikan sinar matahari.

Menutup sangkar dengan kerodong

Saat musim hujan, usahakan agar burung jadi lebih sering dikerodong. Terutama saat cuaca mendung atau air hujan turun disertai angin yang kencang. Fungsi dari kerodong ini adalah untuk mencegah embusan angin mengenai burung secara langsung. Selain itu, bisa juga untuk menjaga agar suhu di dalam sangkarnya tetap hangat.

Menambah porsi dan menu pakan

Saat udara dingin, biasanya energy dari makanan langsung diolah oleh tubuh lalu dimanfaatkan untuk melawan hawa dingin. Karena itu, jika cuaca dingin terjadi dalam waktu yang lama, kita harus menambah porsi pakan dan membuatnya lebih bervariasi lagi. 

Biasanya, saat musim hujan pakan lovebird ditambah dengan memberikan racikan pakan berbahan dasar telur rebus (eggfood) karena memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menghangatkan tubuh lovebird. Jangan lupa juga untuk memastikan pakan tambahan (EF) tetap tersedia selama musim hujan untuk energi dan protein tambahan. 

Perbanyak multivitamin selama musim hujan

Burung yang mendapatkan banyak asupan multivitamin selama musim hujan biasanya memiliki pertahanan tubuh yang lebih optimal. Dengan begitu, tubuhnya menjadi lebih kuat dari serangan penyakit yang disebabkan oleh udara dingin di musim hujan. 

Itulah beberapa cara untuk merawat lovebird di berbagai musim yang bisa sobat lakukan. Semua cara yang om master bagikan adalah yang sudah om master lakukan sendiri atau teman-teman om master lakukan. Jadi sudah terbukti keampuhannya. Selanjutnya sobat hanya tinggal menyiapkan semua hal yang berhubungan dengan metode yang ada di artikel ini. Sampai jumpa di lain kesempatan, ya. 

Follow us:
Cara Tepat Merawat Lovebird di Berbagai Musim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020