Mengunci durasi lovebird betina biasanya dilakukan agar birahi burung tidak naik-turun saat di gantangan. Alasannya sederhana saja, birahi yang naik-turun bisa membuat penampilan burung menurun. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan. Pada kesempatan kali ini om master akan membahas metode tersebut agar sobat kicau bisa membuat penampilan lovebird kesayangannya tetap stabil. 

Namun, perlu diperhatikan oleh sobat kicau bahwa metode yang akan om master bahas hanya cocok diterapkan pada lovebird betina yang sudah gacor atau sudah keluar suara double-annya. Sebaiknya jangan mencoba menerapkannya pada betina yang belum gacor karena membuat burung rentan macet bunyi. 

mengunci durasi lovebird betina

Cara Mengunci durasi lovebird betina

Secara keseluruhan ada empat metode atau cara mengunci durasi lovebird betina yang bisa sobat terapkan di rumah. Berikut ini adalah daftar beserta penjelasannya:

Lovebird ibu tiri

Lovebird ibu tiri adalah istilah yang digunakan oleh kicau mania untuk merujuk cara mengunci durasi lovebird betina. Caranya adalah dengan menguntul lovebird betina bersama burung lolohan. Sudah banyak yang menerapkan metode ini dan banyak juga yang berhasil mengunci durasi lovebird betina kesayangannya. 

Syarat utama dari metode lovebird ibu tiri adalah lovebird betina sudah berumur lebih dari 9 bulan atau yang sudah kawin, atau berproduksi. Jangan mencoba memasangkan lovebird betina muda dan belum berpengalaman dalam berproduksi karena kemungkinan besar akan membantai lolohannya.

Untulan dengan lovebird balibu atau paud

Tujuan dari metode untulan dengan lovebird balibu atau paud adalah untuk mencari titik nyaman dari burung. Dengan menerapkan metode ini diharapkan kondisi emosi dan birahi burung betina menjadi lebih stabil dan terkontrol dengan baik. 

Umumnya metode ini diterapkan pada lovebird betina yang berusia di atas 7 bulan. Sementara lovebird balibu yang menjadi pasangannya akan diganti setelah dewasa agar tidak terjadi perkelahian di antara burung. 

Dipasangkan dengan burung betina lainnya

Metode pemasangan lovebird betina dengan burung betina lainnya sampai sekarang masih banyak dilakukan oleh penghobi burung lovebird karena dinilai masih efektif untuk mengunci durasi lovebird betina di lapangan.

Biasanya metode ini dilakukan dengan menggunakan kandang berbentuk kotak serta dilengkapi glodok, namun tanpa sarang. Ada juga yang tidak menggunakan glodok sama sekali. Pemilihan cara melakukan metode ini sangat tergantung dengan settingan yang dipilih. 

Tujuan lain dari metode ini adalah agar burung betina tidak kawin dan bisa fokus pada penampilan serta suaranya. 

Memberikan pasangan burung jantan

Dengan memberikan pasangan burung jantan pada lovebird betina, diharapkan penampilan si betina menjadi lebih baik dan gacor di lapangan. Biasanya, metode ini dilakukan setelah ketiga metode sebelumnya dianggap tidak memberikan hasil yang memuaskan. 

Metode ini diterapkan dengan menggunakan kandang kotak yang tidak dilengkapi dengan glodok atau tempat sarang bagi burung.

Menerapkan sistem koloni

Metode untuk mengunci durasi lovebird betina yang terakhir adalah dengan menerapkan sistem koloni. Artinya, lovebird betina yang ingin ditingkatkan penampilannya dicampurkan bersama lovebird paud serta lovebird betina lainnya dalam satu kandang. 

Saat satu hari menjelang perlombaan, biasanya koloni yang sudah dekat dengan burung betina gacoan akan dijadikan untulan di lapangan. 

Sekali lagi, keempat metode di atas terbukti dapat meningkatkan penampilan lovebird betina di lapangan. Jika sobat bingung harus memilih metode yang mana, saran om master sebaiknya coba satu persatu sampai nanti didapatkan metode yang paling cocok. 

Setelah mendapatkan metode yang cocok, lakukan settingan harian yang disesuaikan dengan kebiasaan untuk proses penggacoran lovebird betina. Seperti pengembunan, lovebird dimandikan dan dijemur, memberikan multivitamin dan ekstra fooding (EF); serta memberikan pakan yang berkualitas tinggi seperti Pakan Master Daily atau Pakan Master Premium. Baik Pakan Master Daily atau Premium terbukti dapat meningkatkan performa burung di lapangan dan memiliki kandungan nutrisi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi lovebird. 

Demikianlah empat metode mengunci durasi lovebird betina yang bisa om master bagikan dalam kesempatan kali ini. Sampai bertemu di kesempatan lainnya, ya!

Follow us:
Cara Mengunci Durasi Lovebird Betina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020