Kucing makan nasi?

Kucing merupakan hewan peliharaan yang dianggap tidak rewel soal makanan oleh mayoritas pecinta kucing di Indonesia. Ia bisa makan apa saja, dari mulai makanan khusus kucing sampai dengan nasi yang dicampur ikan asin atau ikan pindang. Namun seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan karnivora yang makanan pokoknya adalah daging. Sedangkan nasi merupakan makanan pokok bagi manusia

Dengan fakta seperti itu, pertanyaan yang muncul adalah bolehkah kucing makan nasi? Lebih jauh lagi, amankah jika kucing mengkonsumsi nasi setiap hari?

Kali ini kita akan coba menjawab dua pertanyaan tersebut berdasarkan sumber-sumber yang ada di internet. Silakan disimak baik-baik ya!

Kucing-Makan-Nasi-1280x720

sumber: https://arenahewan.com/bahaya-kucing-makan-nasi

 

Kucing boleh makan nasi asal tidak terlalu banyak porsinya

Kucing adalah hewan karnivora yang membutuhkan nutrisi serta gizi berbeda dengan manusia. Oleh karena itu, kucing memerlukan asupan nutrisi yang berasal dari sumber protein hewani seperti asam arakidonat, vitamin B, vitamin A, asam amino taurine, asam linoleat, dan arginine.

Dilansir dari website goldenmaze.net, nutrisi yang terkandung dalam semangkuk kecil nasi (185 gram) adalah 108,14 gram air, 205 kkak kalori, 4,25 gram protein, 0,44 gram lemak, 44,51 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 0,08 gula, 162,67 mineral dan 2,2911 Mg vitamin.

Dengan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa nasi mengandung terlalu banyak karbohidrat tapi sedikit protein. Jadi jika kucing diberi makan nasi setiap hari dengan porsi yang banyak maka tubuhnya jadi kelebihan karbohidrat dan kekurangan protein serta nutrisi yang lainnya.

Selain itu, karbohidrat yang berlebih dalam tubuh kucing nantinya akan diubah menjadi senyawa pembentuk lemak yaitu alkoksan. Singkatnya, terlalu banyak karbohidrat membuat tubuh kucing dipenuhi lemak. Jika sudah seperti ini maka kucing rentan terserang beberapa macam penyakit, seperti:

  • Obesitas
  • Gangguan perkembangan otot yang menyebabkan kucing menjadi tidak lincah, kurang kuat, dan lebih malas
  • Kesulitan bernafas, mencerna dan gangguan metabolisme karena organ dalam kucing terhimpit lemak dalam tubuhnya
  • Masa hidupnya jadi lebih pendek
  • Malnutrisi

Contoh di atas memang terlalu ekstrim, dan mungkin saja cat lovers tidak banyak menemukan kucing yang kesehatannya terganggu karena terlalu banyak mengkonsumsi nasi. Sekarang, mari kita lihat ancaman lain yang tidak terlalu ekstrim dan mudah ditemukan pada kucing di sekitar cat lovers.

1. Muntah

Kucing yang terlalu banyak makan nasi rawan memuntahkan makanannya kembali karena nasi sulit dicerna oleh sistem pencernaannya. Coba bayangkan jika cat lovers dipaksa memakan makanan yang tidak cat lovers suka, apa yang akan terjadi? Tidak enak perut lalu muntah, bukan?

Ini juga yang dialami kucing saat dipaksa makan nasi oleh majikannya. Apalagi jika nasinya sudah dicampur dengan macam-macam bumbu seperti nasi goreng atau nasi kuning, tentu kucing jadi tidak nyaman.

2. Mudah cacingan

Efek samping lain yang menunggu dari kebiasaan makan nasi pada kucing adalah cacingan. Cacing yang dimaksud di sini bukan jenis biasa, namun cacing pita. Salah satu jenis cacing yang paling berbahaya dan sulit mati dalam tubuh kucing.

3. Kurang cerdas

Jika cat lovers ingin mempunyai kucing yang pintar dan bisa diajak melakukan banyak hal, sebaiknya jangan berikan nasi karena menjadikannya malas berlatih juga terlalu gemuk. Kalau sudah begitu, punya kucing pintar hanya jadi mimpi bagi cat lovers.

Khusus untuk cat lovers yang ingin kucingnya mempunyai penampilan bagus, gagah, dan berbulu lebat, sangat tidak dianjurkan memberi makan nasi pada kucingnya. Sebaiknya, berikan makanan yang rendah karbohidrat, mengandung cukup asam lemak, serta memiliki kandungan protein berkualitas tinggi dalam jumlah yang banyak agar asupan nutrisinya terjamin dan tubuhnya menjadi lebih sehat.

Kesimpulannya, jangan terlalu banyak dan terlalu sering memberikan nasi pada kucing. Berikan dalam jumlah yang sedikit dalam rentang waktu yang cukup lama. Misalnya memberikan satu mangkuk kecil nasi pada kucing 3 hari 1 kali. Sisanya, berikan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Kebutuhan nutrisi harian kucing

cat-4376782

sumber: https://pixabay.com/id/photos/kucing-makanan-makan-4376782/

Dilansir dari goldenmaze.net, ternyata data tentang nutrisi yang dibutuhkan kucing dalam sehari sudah dirumuskan oleh ilmuwan dan pakar hewan di luar sana. Berikut ini adalah data lengkapnya:

Kebutuhan protein kucing setiap hari

Anak kucing Kucing dewasa dengan berat 4 kg & konsumsi 250 kalori Induk kucing berat 4 kg & sedang menyusui 4 anaknya
Protein 10 g 12,5 g 41 g
Total lemak 4 g 5,5 g 12 g

 

Kebutuhan energi rata-rata kucing setiap hari

Usia Kucing Kebutuhan energi per hari
5 lb 10 lb 15 lb 20 lb
Anak kucing setelah disapih 200
Kucing domestik kurus 190 280 360 440
Kucing domestik gemuk 180 240 280 310
Kucing eksotis (liar) 100-480 170-810 230-1.100 200-1.360
Kucing hamil/menyusui 4 anak kucing 336 603 603 1.091

 

Kebutuhan vitamin kucing setiap hari

Jenis vitamin Rekomendasi asupan harian
Vitamin A 63 mg
Vitamin D 0.4 mg
Vitamin E 2.5 mg
Vitamin K 82 mg
Vitamin B1 (thiamin) 0.33 mg
Riboflavin 0.27 mg
Vitamin B6 0.16 mg
Niacin 2.5 mg
Pantothenic Acid 0.4 mg
Vitamin B12 1.4 mg
Asam Float 47 mg

 

Kebutuhan mineral kucing sehari-hari

Nama Mineral Rekomendasi asupan harian
Calcium 0.18 mg
Phosphorus 0.16 mg
Magnesium 25 mg
Sodium 42 mg
Potassium 0.33 mg
Chlorine 60 mg
Iron 5 mg
Copper 0.3 mg
Zinc 4.6 mg
Manganese 0.3 mg
Selenium 19 mg
Iodine 88 mg

 

Berdasarkan tabel-tabel di atas kita bisa menyimpulkan bahwa nutrisi untuk kucing setiap hari sangat beragam dan tidak bisa sembarangan. Selain itu, usia juga ikut menentukan kebutuhan nutrisinya. Artinya memberi makan nasi tidak bisa menutupi semua kebutuhan nutrisi kucing.

Cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing adalah dengan membeli makanan khusus kucing yang sudah direkomendasikan oleh dokter hewan, atau menyesuaikan kandungan nutrisi dalam makanannya dengan tabel di atas.

Jadi bolehkah kucing makan nasi? Jawabannya, boleh, asal porsinya sedikit dan bukan menjadi makanan pokok. Lalu, amankah nasi untuk kucing? Aman, selama nutrisi yang lain tetap dipenuhi dari makanan khas kucing.

Itulah penjelasan mengenai nasi sebagai makanan kucing dan kebutuhan nutrisi sehari-harinya. Semoga bisa mencerahkan bagi cat lovers yang sedang kebingungan dalam memilih makanan untuk kucing kesayangannya. Sampai jumpa di artikel berikutnya di pakanmaster.com ya!

Follow us:
Bolehkah Kucing Diberi Makan Nasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020