Burung Love Bird pada awalnya burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Seiring dengan pesatnya trend dunia burung berkicau, burung Love Bird banyak dijadikan sebagai burung master dan burung lomba oleh Kicaumania di Tanah Air. Burung ini terkenal dengan bentuknya yang lucu dan kombinasi warna-warna bulu yang sangat menawan.Burung ini terkenal cerewet, karena sensitif dengan suara tinggi yang ada disekitarnya.Merawat burung Love Bird sangatlah mudah dan menyenangkan.

Berikut ini informasi yang penting agar anda lebih mengenal 9 jenis Lovebird yang dirangkum dari berbagai sumber:

Jenis Lovebird
  1. Lovebird kerah hitam, gambar kiri tengah ( Nama Latin: Agapornis Swinderniana) jenis Lovebird ini Disebut kerah hitam karena ada warna hitam pada bagian leher walaupun terkadang warna hitam itu hanya terlihat sedikit, terutama pada Lovebird jantan. Pada bulunya umumnya berwarna hijau dengan bagian punggung berwarna biru.Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman sedangkan pada bagian kaki berwarna kuning kehijauan. Perbedaan jantan dan betina: LoveBird jantan, bulu hitam lebih terlihat di bagian tengkuknya, sedangkan lovebird betina terlihat lebih sedikit. Habitat asal: banyak ditemukan di Afrika Tengah dan sebagian di Afrika Barat.
  2. Lovebird Muka Merah, kiri atas (Nama Latin:Agapornis Pullaria) memang Sesuai dengan namanya jenis Lovebird ini memang punya warna merah atau oranye pada bagian dahi/wajah. Lovebird betina berwarna merah muda pada bagian dahi/muka sedangkan warna hijau ada di bagian bawah sayap.Lovebird yang jantan bulunya berwarna hijau kekuningan di bagian bawah sedang sayapnya berwarna hitam dengan ekor hijau.Paruhnya berwarna merah dan kaki abu-abu.Perbedaan lainnya antara jantan dan betina terletak pada bulu di bawah sayap.Burung Lovebird betina bewarna hijau sedangkan Lovebird jantan berwarna hitam.Habitat asli lovebird muka merah adalah dari Afrika tengah dan barat.
  3. Lovebird Sayap Hitam / Lovebird Abisinia, kanan atas (Nama Latin:Agapornis Taranta), ciri khas jenis Lovebird sayap hitam adalah terletak pada warna hitam pada bagian bawah sayap sedangkan bulu tubuhnya umumnya berwarna hijau kekuningan di bagian bawahnya. dahi dan Lingkar mata Lovebird jantan berwarna merah sedangkan betina berwarna hijau. Perbedaan yang lain antara pejantan dan betina adalah pada warna bulu secara keseluruhan. LoveBird betina dominan berwarna hijau sedangkan Lovebird jantan mempunyai warna merah pada bagian dahi dan lingkar mata.Habitat asli Lovebird jenis ini adalah : Ethiopia – Benua Afrika.
  4. Lovebird Kacamata Topeng aka Dakocan, kanan bawah (Nama Latin: Agapornis Personata) jenis Lovebird Kacamata Topeng pada umumnya berbulu hijau, dimana dahi dan pipi depan berwarna hitam kecoklatan. Warna kehitaman terlihat pada bagian kepala burung sedangkan bagian leher dan dada burung berwarna kuning dengan bulu ekor berwarna hijau dan kaki abu-abu .Dari segi warna, kita sulit membedakan Lovebird betina dan jantan. Habitat asli burung ini adalah : Tanzania – Benua Afrika.
  5. Lovebird Muka Salem, kanan tengah (Nama latin: Agapornis Roseicollis) jenis Lovebird muka salem umumnya mempunyai bulu berwarna berwarna hijau dan pada bagian tubuh di bawah cenderung kekuning-kekuningan. dada, dahi dan belakang mata berwarna merah, pada sayap bagian bawah berwarna kebiruan sedangkan paruhnya berwarna kuning dengan kaki berwarna abu-abu. Lovebird ini memiliki varian seperti Lovebird Albino dengan bulu putih bermata merah, LoveBird Biru yang berwarna biru, Lovebird Golden Cherry dengan bulu kuning keemasan, Lovebird Cinamon yang berbulu coklat kekuningan, Lovebird Lutino (bulu kuning bermata merah) , Lovebird Pied yang memiliki bercak warna pada bulu-bulunya. Perbedaan antara lovebird jantan dan betina tidak terlihat jelas. Habitat aslia adalah daerah : Afrika Barat Daya.
  6. Lovebird Kacamata Pipi Hitam, tengah bawah (Nama Latin: Agapornis Nigrigenis)jenis LoveBird spesies kacamata pipi hitam punya bulu hijau hijau sedangkan pada dahi depan berwarna coklat kemerahan. Pada dada bagian atas berwarna oranye lembut dengan ekor warana hijau dan kaki abu-abu.Lingkar matanya berwarna putih sedang pada paruh bagian atas terdapat bercak hitam, dan warna hitam terlihat jelas pada bagian pipi. Habitat asli jenis ini adalah : Zimbabwe dan Zambia – Afrika. Negara asal burung jenis Lovebird kacamata pipi hitam telah membatasi ekspor Lovebird ini sehingga sulit ditemui di pasaran.
  7. LoveBird Kacamata Fischeri, tengah tengah (Nama latin: Agapornis Fischeri) Spesies Lovebird Kacamata Fischeri pada umumnya punya bulu hijau dan lebih kekuningan di tubuh bagian bawah.sedang bagian Dahi, pipi dan kerongkongan warnanya oranye, sedang bulu kepala bagian bawah berwarna hijau lembut. Warna kuning terdapat di dada atas dan kerah sekitar leher dengan ekor biru muda.Kaki Lovebird Kacamata fischeri warnanya abu abu sedangkan paruh Love bird ini berwarna merah.asal Habitat aslinya Tanzania – Benua Afrika.
  8. LoveBird kepala abu-abu / Lovebird Madagaskar, tengah atas (Nama Latin:Agapornis Cana) Spesies lovebird kepala abu-abu Bulu di tubuh dan ekor umumnya berwarna hijau kekuning kuningan. Bagian bawah kepala, dada, kaki, leher & paruh berwarna berwarna abu-abu. Perbedaan pejantan dan betina adalah di bagian Bulu di bawah sayap, burung yang berkelamin betina bewarna hijau dan lovebird berkelamin berwarna hitam.Habitat asli spesies ini adalah dari Madagaskar.
  9. LoveBird Kacamata Nyasa, kiri bawah (Nama latin:Agapornis Lilianae) jenis atau spesies Lovebird Kacamata Nyasa pada umumnya punya bulu hijau. Tubuh bagian bawah, dahi dan kerongkongan Lovebird ini berwarna oranye dengan mahkota berwarna merah kekuningan.Lingkar mata putih dengan paruh merah tua, sedang kaki berwarna abu abu. Habitat love bird ini berasal dari Tanzania, Malawi, dan Mozambique – Benua Afrika.

Sumber: http://goo.gl/p6ZoLT

Posting Selanjutnya, Kami akan menjelaskan jenis warna pada Love Bird Kacamata (Klep).

 

Follow us:
Berbagai Jenis Love Bird
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.