Alasan kucing mengikuti pemiliknya saat berada di rumah ternyata bermacam-macam, lho. Sebagai pecinta kucing, cat lovers mungkin pernah diikuti oleh kucingnya selama berada di rumah. Baik ke kamar tidur, kamar mandi, maupun ke dapur. Bahkan saat cat lovers menutup pintunya, kucing justru menunggu di dekat pintu sambil kadang-kadang mengeong. Kenapa hal ini bisa terjadi? 

Umumnya, setelah cat lovers hidup lama bersama kucingnya, ikatan batin yang kuat akan terbentuk. Namun, tentu saja ada motif lain di balik kebiasaannya ini. Kira-kira apa saja hal yang membuat kucing mengikuti majikannya?

kucing mengikuti pemiliknya

Mencari keamanan
Anak kucing sejak lahir selalu mengikuti induknya sampai ia cukup umur untuk hidup sendiri. Saat ia mengikuti induknya, secara bersamaan ia juga belajar banyak hal, termasuk di antaranya belajar memahami bahwa suatu saat nanti manusia bisa menggantikan peran induknya.

Maka dari itu, setelah dewasa ia merasa majikannya bisa memberikan rasa aman dan bisa memenuhi kebutuhannya seperti makan, kasih sayang, dan bermain.

 

Bosan
Tak seperti kucing liar yang bebas mengeksplorasi banyak tempat saat bosan, kucing rumahan justru tidak bisa berbuat banyak saat bosan. Sebab itu lah kucing rumahan seringkali mengikuti majikannya di dalam rumah.

Terlebih jika ia sudah merasa bosan bermain di luar rumah. Ketika pulang ke rumah, kemungkinan besar ia akan mengikuti pemiliknya. Hal ini, secara tidak langsung, menunjukan bahwa ia sedang merindukan pemiliknya.

 

Territorial
Kucing, pada dasarnya adalah hewan yang sangat memperhatikan teritorialnya. Ia seringkali menandai “wilayah kekuasaannya” dengan aroma air kencingnya atau menggesek-gesekkan badannya pada apa saja. Hal ini bertujuan untuk mengintimidasi kucing lain yang datang.

Namun, kebiasaan ini sedikit berbeda dengan kucing yang banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Saat ia melihat pemiliknya mondar-mandir di dalam rumah, ia berpikir bahwa cat lovers sedang menandai setiap ruangan di dalam rumah.

Saat kucing mengikuti cat lovers, tandanya ia ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan “menandai wilayah kekuasaan” tersebut.

 

Membutuhkan pertolongan
Beberapa kucing menunjukan sikap mandiri dan tidak mau ditolong oleh manusia di sekitarnya. Ciri-cirinya, mereka akan menjauh atau bersembunyi saat didekati manusia. Namun, ada juga kucing yang bersikap sebaliknya. Mereka justru mengeong dan mengikuti manusia yang mendekatinya karena membutuhkan pertolongan seperti sakit, takut, atau lapar.

Kebiasaan seperti ini bisa ditemui pada kucing rumahan maupun kucing jalanan. Namun, kucing jalanan sedikit selektif karena mereka bisa tahu manusia yang dekat dengan kucing alias mempunyai kucing peliharaan.

 

Ingin bermain
Waktu bermain bagi kucing adalah hal yang sangat penting, apalagi jika permainan yang bersangkutan dengan misi mengejar dan menangkap sesuatu. Karena di habitat aslinya, kucing memang harus berlari mengejar mangsanya untuk makan dan bersenang-senang. Insting pemburu ini belum menghilang sampai sekarang.

Saat kucing sudah terjamin makanannya, maka kebiasaan ini pun berubah dengan sendirinya. Hanya saja, rangsangan atau aktivitas mengejar dan menangkap sesuatu tetap harus dilakukan. Nah, saat mereka ingin bermain atau melakukan aktivitas mengejar dan menangkap, biasanya mereka akan mengikuti pemiliknya bahkan menyerang kaki atau bagian tubuh majikan yang bisa dijangkaunya.

 

Mengerti dan paham perasaan pemiliknya
Cat lovers harus tahu bahwa kucing juga bisa mengerti perasaan atau mood cat lovers. Saat cat lovers sedang bahagia atau memiliki mood yang baik, kucing cenderung memberikan sikap yang positif seperti selalu mengikuti, mengeong manja, atau menggesekkan badannya. Sebaliknya saat mood cat lovers sedang tidak baik, kucing cenderung menjauh atau bersembunyi.

 

Ingin dirawat
Selain membutuhkan pertolongan sesaat seperti yang dijelaskan di awal tadi, kucing liar juga bisa mengikuti manusia yang mendekatinya karena ia ingin dirawat. Terlebih pada manusia yang sering memberikan makanan atau mengelus tubuhnya.

Hal ini terjadi karena mereka sudah menganggap manusia sebagai teman baiknya. Jadi wajar jika ia “menawarkan diri” untuk dirawat oleh teman baiknya tersebut.

 

Kucing penurut

kucing mengikuti pemiliknya

Jika kucing di rumah cat lovers merasakan keikhlasan dari cat lovers, maka ia akan membalasnya dengan perasaan kasih sayang dan sikap penurut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia juga selalu mengikuti cat lovers di rumah.

 

Mencintai pemiliknya
Ada sebagian orang yang berasumsi jika kucing tidak suka menghabiskan waktu dengan manusia. Namun, ini tidak sepenuhnya benar karena kucing bisa mengetahui mana manusia yang menyayanginya dan mana yang tidak. Artinya, kucing cat lovers di rumah tahu bahwa cat lovers memberikan kasih sayang, cinta, kenyamanan, dan sering memanjakan mereka. Oleh karena itu, sebagai balasannya, ia juga menunjukan sikap cintanya dengan cara selalu mengikuti cat lovers.

Itulah beberapa alasan kucing mengikuti pemiliknya selama berada di rumah. Nantikan artikel kucing dari pakanmaster.com berikutnya!

Follow us:
Alasan Kucing Mengikuti Pemiliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020