Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai jenis-jenis kucing, perawatan, sampai dengan kesehatan. Kali ini kita akan membahas tentang mengadopsi seekor kucing, tujuannya untuk memberitahu persiapan dan informasi tambahan pada cat lovers yang ingin memelihara kucing.

Pada dasarnya, memelihara kucing mudah dilakukan, apalagi jika memelihara kucing kampung. Kamu cukup memberinya makan setiap hari dan membiarkan ia bermain di luar rumah. Namun, majikan yang baik haruslah bertanggung jawab sepenuhnya atas kehidupan kucing. Maka, hal-hal seperti kesehatan dan kenyamanan kucing juga harus diperhatikan dengan baik.

Oleh karena itu, silakan baca artikel ini sampai selesai ya!

IMG_20200610_170458-01

Apa yang harus kamu tahu sebelum mengadopsi kucing?

Sekarang kamu sudah mempunyai rencana untuk mengadopsi kucing. Sebelum membawa kucing ke rumah atau menyiapkan kebutuhannya, sebaiknya kenali dulu sifat-sifat dasar kucing agar tidak membuatmu kaget nantinya.

Berikut ini adalah sifat-sifat dasar kucing yang harus kamu ketahui:

 

  • Kucing suka naik atau memanjat
  • Kucing adalah hewan yang aktif di malam hari
  • Kucing memiliki waktu tidur yang lama (sekitar 12-16 jam)
  • Kucing bisa mengeluarkan berbagai suara (mendengkur, mengeong, mendesis, mengeram)
  • Kucing senang menggaruk untuk mengasah cakarnya
  • Kucing menimbun kotorannya sendiri
  • Kucing masih memiliki naluri berburu yang kuat seperti nenek moyangnya

 

Setelah mengenali semuanya, kamu bisa mulai mencari kucing untuk diadopsi. Kamu bisa mengadopsi kucing dari tempat penampungan kucing; beli dari breeder lain; meminta pada teman yang punya banyak kucing di rumahnya; atau mengadopsi kucing liar di lingkungan rumahmu. Pilihan mana saja baik, selama kamu serius memeliharanya. Begitupun dengan jenis kucingnya, apapun jenisnya, jika dipelihara dengan baik pasti menjadi kucing yang sehat dan menggemaskan.

Namun sebelum mengadopsi, alangkah baiknya jika kamu mengetahui kesibukanmu sehari-hari. Sanggupkah kamu berinteraksi dengan kucingmu di sela-sela kesibukan pekerjaan yang padat? Pertimbangkan juga apakah kamu akan menelantarkan kucingmu nantinya atau tidak? Setelah itu baru kamu bisa memilih kucing yang mau diadopsi.

Karena kucing juga seperti manusia, mempunyai banyak kepribadian. Jika kamu jarang ada di rumah sebaiknya pilih kucing yang bisa kamu tinggalkan sendirian di rumah; sebaliknya jika kamu lebih sering berada di rumah maka pilih kucing yang ingin selalu mendapatkan perhatian, ada juga yang bisa kamu tinggalkan sendirian di rumah. Tentukan dengan baik, jangan sampai salah memilih.

Selain waktu, ketahui juga kemampuan finansial mu. Maksudnya, ketahui beban yang harus kamu keluarkan jika mengadopsi kucing. Apakah akan membuatmu kesulitan dan akhirnya menelantarkan kucing, membuatnya kelaparan lalu mati?

Jangan sampai keputusanmu untuk mengadopsi kucing membuatnya menderita. Lebih baik urungkan niatmu.

 

Apa yang harus kamu persiapkan setelah mengadopsi kucing?

grinder-3054159

sumber: https://pixabay.com/id/photos/penggiling-muffin-kucing-penasaran-3054159/

Jika semua pertanyaan di atas telah kamu jawab dan hasilnya kamu yakin akan mengadopsi kucing, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan hal-hal yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Persiapkan rumahmu untuk kucing

Sebelum membawa kucing ke rumah, sebaiknya persiapkan dulu rumahmu agar menjadi tempat yang aman untuknya. Bisa dimulai dengan menyimpan barang-barang berharga yang mudah pecah dan mengundang rasa penasaran kucing, karena barang tersebut kemungkinan akan pecah.

Lalu bersihkan juga barang yang berbahaya untuk kucing seperti kawat, atau tanaman-tanaman yang tidak disukai kucing. Selain itu, cek juga jika ada barang yang memudahkan kucing naik ke atas lemari dan genteng. Termasuk juga barang yang mudah roboh karena kucing sangat suka melompat dan memanjat. Singkatnya, buat seakan-akan rumahmu sudah siap menyambut kedatangan kucing.

2. Beli barang-barang penting yang dibutuhkan

Setelah menjamin rumahmu aman bagi kucing, selanjutnya kamu bisa menyiapkan barang-barang penting yang dibutuhkan untuk membuatnya senang berada di rumahmu. Berikut ini daftar lengkap barang-barang yang harus kamu siapkan:

  • Makanan
  • Tempat makan
  • Tempat minum
  • Litter box
  • Pasir
  • Tempat tidur
  • Mainan
  • Tempat menggaruk
  • Kandang (jika diperlukan)
  • Sekrup (untuk mengangkat kotoran kucing dari litter box)
  • Alat-alat untuk menjaga kebersihan kucing seperti bak mandi, shampoo atau conditioner

3. Bawa kucing ke dokter hewan

Setelah kucing tiba di rumah, maka tugas selanjutnya adalah membawa kucing ke dokter hewan untuk periksa kondisi kesehatannya. Selain itu, kamu bisa sekaligus melakukan konsultasi dengannya.

Ini penting untuk kamu lakukan untuk mendeteksi penyakit pada kucing.

 4. Temani kucingmu beradaptasi dengan rumah barunya

Setelah semuanya siap dan kucingmu tiba di rumah, sebaiknya luangkan waktu untuk menemaninya  beradaptasi. Bisa dimulai dengan memberitahu dimana tempat litter box, tempat makan dan minumnya. Lalu beritahukan juga tempat tidur dan tempat menggaruk. Lakukan dengan perlahan, jangan sampai memaksa karena biasanya butuh beberapa hari sebelum ia terbiasa dengan semuanya.

Berikan juga ia waktu untuk mengeksplorasi rumahmu sendirian. Biarkan dia berlarian atau jalan-jalan di dalam rumah untuk membiasakan dirinya dengan lingkungan, aroma, dan suara yang baru. Kamu juga bisa mengusap-usap tubuhnya sekali-kali, atau bermain dengannya jika ia sudah mulai terbiasa. Jika ada hewan lain di rumahmu, sebaiknya biarkan mereka membiasakan diri satu sama lain terlebih dulu.

Perkenalkan juga kucingmu pada anggota keluarga yang lain, terutama anak kecil. Karena mereka nantinya kan menjadi teman bermain, jadi jangan sampai kucingmu merasa terganggu dengan kehadiran anakmu atau sebaliknya.

 5. Cari informasi mengenai dunia kucing sebanyak mungkin

Jika ini merupakan pertama kalinya kamu memelihara kucing, sangat disarankan untuk mencari informasi dan pengetahuan mengenai dunia kucing sebanyak mungkin, terutama informasi yang berkaitan dengan kesehatan kucing. Ini bisa kamu lakukan sambil memelihara kucingmu. Jadi nantinya ada proses penyesuaian antara informasi yang kamu dapatkan dengan pengalaman yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu bisa memelihara kucing sekaligus mengenal dunianya dengan baik.

Nah, selesai sudah informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan adopsi kucing. Selamat berteman baik dengan kucing barumu! Jika kamu bingung mencari sumber infomasi, pakanmaster.com bisa jadi pilihan pertamamu. Nantikan artikel selanjutnya, ya!

 

Sumber:

https://www.purina.co.uk/cats/getting-a-new-cat/guide-for-new-owners/checklist-to-adopt-a-cat

https://petlifetoday.com/what-you-need-to-know-before-adopting-a-cat/

https://www.rajapetshop.com/en/news/PERSIAPAN-MEMELIHARA-KUCING-BAGI-PEMULA

https://www.miawhoic.com/articles/persiapan-sebelum-adopsi-kucing-panduan-untuk-pemula.1/

Follow us:
5 Hal Penting Sebelum Mengadopsi Kucing
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020