Haloo Catlovers..

Tau gak kalian, kalau kucing itu ternyata sudah lama menjadi sahabat manusia lho.. dari zaman kerajaan-kerajaan zaman dahulu kucing sudah berada diantara manusia sebagai hewan peliharaan. Selain itu tingkah lucunya yang selalu bikin kita gemes, kucing juga bisa membuat pemiliknya lebih bahagia lho.. membahas tentang kucing memang ga ada habisnya! selalu aja ada hal menarik yang bikin kita makin penasaran. Jenisnya pun beragam, dan banyak sekali. catlovers mungkin sudah tahu beberapa di antaranya seperti kucing domestik atau kucing Mix persia yang sering kita jumpai dii sekityar tempat tinggal kita. Namun bagaimana dengan jenis yang lainnya? Bagaimana jika cat lovers ingin mengadopsi jenis kucing lain yang jarang ada di Indonesia? Untuk membantu cat lovers menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah mengumpulkan informasi umum tentang 38 jenis kucing yang paling populer di dunia.

 

Berikut ini adalah daftar-daftarnya, silakan disimak, ya!

1.ABYSSINIAN

cat-abyssinian

sumber: https://www.holidogtimes.com/wp-content/uploads/2018/02/chat-abyssin-fi.png

Jenis kucing Abyssinian mulai dipopulerkan pada tahun 1871. Namanya diambil dari sebuah kota di Ethiopia, yaitu Abyssinia. Bulu kucing jenis ini cenderung tipis dengan telinga yang terlihat besar. Kucing Abyssinia juga termasuk kucing yang cerdas loh cat lovers sehingga cocok untuk dipelihara.Menurut beberapa sumber, kucing Abyssinia ini sangat aktif dan suka sekali bermain. Selain itu, cat lovers juga bisa melatihnya melakukan beberapa games. Cat lovers juga bisa mengajak kucing Abyssinia jalan-jalan juga menggunakan tali harnes. Kucing Abyssinia sangat penyayang, meski pada mulanya mereka waspada dan pemalu. Namun setelah mengenal dan mempercayai pemiliknya, mereka bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan.

2.AMERICAN BOBTAIL

Cat-American Bob Tail

Sumber: https://telanganatoday.com/american-bobtail-cats-kinky-feline-furballs

American Bobtail lahir pada tahun 1960 dari mutasi genetik alamiah. Ciri utama kucing American Bobtail memiliki ekor yang pendek, bulunya cenderung tipis dengan berbagai corak warna. Pasangan breeder John dan Brenda Sanders pernah menyilangkan kucing jenis ini dengan kucing yang mereka miliki dan semua anaknya lahir dengan ekor yang pendek, seperti ayahnya.Kucing American Bobtail memiliki sifat baik dan menyenangkan, sangat cocok jika cat lovers ingin memeliharanya di rumah. Selain itu, mereka juga jinak serta ramah pada anak kecil atau hewan peliharaan lain seperti anjing. Mereka juga memiliki sifat seorang petualang sehingga tidak akan merasa stress saat diajak jalan-jalan.

3.AMERICAN CURL

Cat-American Curl

sumber: https://www.petfinder.com/cat-breeds/american-curl

Cikal bakal kucing American Curl ditemukan oleh pasangan Joe dan Grace Ruga di California pada tahun 1981 silam. Mereka memungut seekor kucing liar yang sedang hamil dengan telinga yang terlipat. Setelah melahirkan, anak kucing tersebut memiliki telinga yang sama dengan ibunya. Mulai dari sini jenis kucing ini berkembang.Telinga yang terlipat merupakan satu-satunya ciri khusus dari kucing American Curl, seperti namanya curl yang berarti melengkung atau menggulung. Kucing jenis ini merupakan tipe kucing yang mudah bersahabat dengan manusia. Jika cat lovers senang berinteraksi dengan kucing, maka American Curl sangat cocok untuk dipelihara karena dia bisa memberikan salam berupa “sundulan” setiap kali cat lovers pulang ke rumah. Mereka juga sangat senang bermain dengan anak kecil.Namun sebisa mungkin jangan terlalu sering meninggalkannya sendirian di rumah terutama dalam waktu yang lama, karena dia akan merasa kesepian lalu merasa stress serta jadi paranoid.

4.BALINESE

Cat-Balinese

sumber: https://phz8.petinsurance.com/-/media/all-phz-images/2016-images-breeds-850/balinese850

Pemberian nama Balinese bukan karena kucing ini berasal dari Bali, namun lebih menunjukan keindahannya yang mirip penari Bali. Secara kasat mata, kucing Balinese juga sangat mirip dengan kucing Siamese. Namun jika diperhatikan lebih detail lagi, Balinese memiliki bulu yang lebih panjang dari kucing Siamese. Sampai saat ini, belum diketahui kenapa dua jenis kucing ini memiliki fisik yang mirip.Jika cat lovers ingin memelihara kucing namun memiliki anggota keluarga yang alergi pada kucing, maka Balinese ini cocok jadi pilihan. Alasannya karena mereka tidak memproduksi alergen (penyebab alergi) sebanyak kucing yang lain. Selain itu, mereka juga memiliki badan yang kecil—sekitar 3-6 Kg—penyayang dan juga setia.

5.BENGAL

sumber: https://catiesocute.files.wordpress.com/2019/01/harga-kucing-bengal.png

Kucing jenis Bengal memiliki corak seperti kucing hutan liar karena mereka adalah hasil persilangan antara kucing Asian Leopard (kucing liar) dengan kucing domestik. Corak ini menjadi ciri khas dari kucing Bengal serta membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya karena tampak seperti macan versi mini—meskipun untuk kucing, Bengal tergolong kucing yang besar dengan berat badannya yang bisa mencapai 6-8 Kg.Jika cat lovers ingin memelihara kucing Bengal, lebih baik berhati-hati karena mereka aktif sekali. Saking aktifnya, bahkan ketika bosan mereka bisa memainkan barang-barang yang ada di rumah cat lovers. Selain itu, kami juga menyarankan cat lovers menyediakan tempat untuk memanjatnya seperti pohon atau yang lainnya karena mereka masih keturunan kucing liar yang hidup di hutan.Yang paling penting adalah cat lovers harus bisa memberikan perhatian yang cukup karena mereka akan melakukan sesuatu untuk mendapatkan perhatian dari cat lovers. Kalau bisa, sebaiknya sering-sering bermain dengannya atau berikan teman untuknya bermain.

6.BIRMAN

sumber: https://kucingpedia.com/wp-content/uploads/2019/08/sejarah-Kucing-Birman.jpg

Birman adalah kucing dengan ciri khas mata biru yang cantik, berasal dari Perancis. Jika dilihat dari corak di wajahnya, sekilas Birman mirip dengan Kucing Siamese dan Balinese. Namun ada perbedaan di antara mereka yaitu mata juga gradasi warna di tubuhnya. Kucing Birman memiliki warna yang lebih dominan pada setiap ujung tubuhnya seperti tangan, kaki, telinga, dan ekor.Bagi cat lovers yang berencana memelihara kucing jenis ini di rumah, sebaiknya berhati-hati karena mereka sangat senang mengeksplor tempat aneh. Sebisa mungkin jangan sampai mereka keluar dari rumah tanpa sepengetahuan cat lovers ya!Namun di luar dari kebiasaannya itu, kucing Birman ini cenderung kalem dan sangat menempel dengan pemiliknya. Bahkan, menurut beberapa sumber, mereka selalu ingin ikut pergi bersama pemiliknya.

7.BRITISH SHORTHAIR

sumber: https://dokterhewan.co.id/po-content/uploads/ciri-ciri-kucing-british-shorthair.jpg

Kucing British Shorthair ini termasuk ke dalam golongan kucing yang senang bermain, namun ketika sudah beranjak dewasa mereka jadi lebih pasif. Meski begitu, mereka adalah kucing yang sangat sayang pada pemiliknya. Jika cat lovers senang tidur dengan kucing, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing British Shorthair karena mereka sangat cocok untuk dijadikan teman tidur ketika usianya beranjak dewasa.

8.BURMESE

sumber: https://www.mediastorehouse.com.au/p/172/la-7685-british-burmese-cat-studio-5275025.jpg

Kucing Burmese muncul pada tahun 1930 silam, mereka diketahui berasal dari area sekitar Thailand-Burma. Dengan ciri khas bulunya yang pendek, kucing ini memiliki penampilan yang menggemaskan.Secara umum, ada dua variasi kucing Burmese di seluruh dunia, yaitu tradisional British dan kontemporer Amerika. Burmese versi tradisional British memiliki tubuh langsing dan panjang serta mata sedikit oval. Sedangkan versi kontemporer Amerika tubuhnya lebih berisi dengan moncong yang pendek dan mata bundar.Kucing ini sangat aktif bermain dari mereka kecil sampai dewasa, ramah pada anak kecil yang sering memainkan kucing seperti sebuah boneka. Oleh karena itu, mereka cocok dijadikan teman bermain bagi si kecil di rumah.

9.CHARTREUX

sumber: https://majalahhewan.com/wp-content/uploads/2017/06/Chartreux-640×426.jpg

Kucing Chartreux mulanya adalah kucing yang dirawat oleh pendeat di gereja Chartusian di Perancis untuk mengusir tikus yang masuk ke dalam gereja pada tahun 1930 silam. Lalu setelah diimpor ke Amerika Serikat di tahun 1970, kucing jenis Chartreux mulai dikenal masyarakt seluruh dunia.Kucing Chartreux memiliki bulu yang tipis tapi padat dengan warna abu-abu yang jadi ciri khasnya. Jika memelihara kucing ini di rumah, cat lovers akan dimanjaka dengan sifatnya yang loyal seperti anjing dan dia juga senang mengikuti pemiliknya, duduk di pangkuan cat lovers, juga senang bermain.

10.CORNISH REX

sumber: https://bulletboy.net/wp-content/uploads/2019/01/Cornish-Rex-greengato.com-.jpg

Cornish Rex lahir dari persilangan tidak sengaja antara shorhaired Tortoishel dan kucing berwarna putih yang belum diketahui jenisnya di United Kingdom pada tahun 1950-an.Kucing Cornish Rex memiliki telinga yang berukuran besar sehingga sangat mencolok jika dibandingkan dengan kepalanya yang lebih “kecil”. Mereka adalah kucing dengan jiwa petualang, senang bermain dan suka mengikuti orang-orang. Cocok bagi cat lovers yang senang mengajak kucing jalan-jalan di sekitar rumah.

11.DEVON REX

sumber: https://hewany.com/wp-content/uploads/2019/09/jenis-jenis-kucing-peliharaan-rex-devon.jpg

Devon Rex juga lahir dari mutasi genetik yang tidak disengaja mirip Cornish Rex. Meski begitu, tak ada kesamaan genetik di antara keduanya. Nama Devon Rex diambil dari tempat pertama kali kucing ini ditemukan, yaitu di Devonshire daerah Buckfastleigh, Inggris.Keunikan kucing Devon Rex ini ada pada kumisnya yang sedikit membengkok dan membuatnya kadang terlihat tak memiliki kumis. Bulunya bergelombang dan sedikit melipat. Memiliki telinga dengan posisi yang lebih rendah, mendekati kepalanya.Mereka termasuk kucing yang cerdas dan sangat senang bermain. Kami sarankan cat lovers mengadopsinya sejak masih kecil karena kucing Devon Rex dapat dilatih bermain puzzle juga mengembangkan kecerdasannya.

12.EGYPTIAN MAU

sumber: https://newcastlebeach.org/images/egyptian-mau-10.jpg

Kucing Egytian Mau adalah kucing alami, dia bukan hasil persilangan antara dua kucing ras. Konon katanya, kucing ini sudah ada sejak jaman Pharaoh di Mesir sana. Namun baru diakui oleh Cat Fancier Federation di tahun 1968.Sekilas kucing Egyptian Mau ini terlihat seperti kucing domestik yang biasa cat lovers temukan. Namun mereka memiliki bulu yang tidak terlalu panjang serta halus. Mereka juga termasuk kucing yang aktif dan senang memanjat seperti bengal. Uniknya, kucing ini sangat senang bermain air, seperti di akuarium, wastafel atau bak mandi.

13.EXOTIC SHORHAIR

sumber: https://kucingpedia.com/wp-content/uploads/2019/07/Kucing-Exotic-Shorthair.jpg

Kucing Exotic Shorthair adalah hasil dari persilangan antara kucing Persian dengan American Shorthair. Maka dari itu dia memiliki penampilan yang mirip kucing Persian di wajah dan tubuhnya.  Perbedaanya terletak pada bulunya yang tak selebat kucing Persian.Sementara itu, sifatnya justru lebih mirip dengan American Shorthai yang penyayang dan sengang duduk di pangkuan pemiliknya. Jika dibandingkan dengan kucing Persian, kucing Exotic Shorthai cenderung lebih senang bermain.

14.KORAT

sumber: https://dokterhewan.co.id/po-content/uploads/kucing_korat.jpg

Kucing Korat Cat adalah kucing alami yang berasal dari Thailand. Menurut beberapa sumber, kucing ini sudah ada sejak abad ke-14 silam. Di Thailand sendiri, kucing Korat Cat sering dijadikan sebagai simbol keberuntungan dan diberikan sebagai hadiah.Ciri khasnya adalah bulu berwarna perak kebiruan dengan mata yang besar berwarna hijau. Sementara itu, sifatnye cenderung posesif pada pemiliknya sehingga mereka lebih memilih tetap berada di dekat pemiliknya daripada orang asing. Mereka juga termasuk kucing yang loyal, meski sedikit keras kepala dan agak pelit. Jadi saat cat lovers memeliharanya, lebih baik penuhi keperluannya dengan baik, ya.

15.LAPERM

sumber: https://infobinatang.com/wp-content/uploads/2019/08/cropped-wallapaper-Kucing-Laperm.jpg

Laperm adalah kucing jenis Rex dari Amerika Serikat yang lahir berkat mutasi genetik spontan. Bulu kucing Laperm termasuk sedang—tak terlalu panjang ataupun terlalu pendek—serta halus dan bergelombang. Seperti Balinese, kucing jenis Laperm juga memiliki alergen yang lebih sedikit dari kucing lain sehingga aman bagi pemilik alergi kucing.Laperm adalah kucing yang pendiam, namun bandel. Mereka suka berulah, menganggu namun tetap menggemaskan.

16.MAINE COON

sumber: https://meowcitizen.com/wp-content/uploads/2019/05/Meowcitizen_pelihara_MaineCoon.jpg

Maince Coon adalah kucing besar dengan bulu yang sangat lebat dan sudah ada sejak abad ke-19. Dari berebagai sumber yang kami baca, tak ada yang menyebutkan dengan jelas asal usul jenis kucing ini. Konon kucing ini berasal dari New England, Amerika Serita yang dibawa oleh pelaut.Dikatakan besar karena beratnya bisa mencapai 8-9 Kg, ditambah dengan bulunya yang lebat dan panjang membuatnya terlihat lebih menyeramkan dari kucing yang lainnya. Meski begitu, sebenarna mereka adalah kucing yang jinak, senang bermain, bisa berteman baik dengan hewan peliharaan lain dan bisa diajak jalan-jalan menggunakan tali.

17.NEBELUNG

sumber: https://hewany.com/wp-content/uploads/2019/09/Kucing-Nebelung.jpg

Nama Nebelung diambil dari bahasa Jerman yang berarti “kabut” dan sesuai dengan ciri khas kucing ini yang memiliki warna bulu perak kebiruan.Nebelung adalah kucing dengan penampilan yang mengagumkan serta terlihat lebih gagah dari kucing yang lainnya. Meski begitu, ternyata mereka adalah kucing yang lembut dan tenang serta senang bermain dengan orang yang mereka sudah mereka kenal. Namun ketika bertemu orang baru, mereka biasanya terlihat lebih pendiam.FYI, kucing ini juga bisa hidup sampai umur 16 tahun lebih.

18.NORWEGIAN FOREST

sumber: https://www.catlovers.id/wp-content/uploads/2017/06/Pelihara-Kucing-Ras-Norwegian-Forest-Jangan-Masukkan-Kucingmu-Ke-Kandang-Ya.jpg

Konon, kucing ini sudah ada sejak jaman baheula. Norwegian Forest juga ada pada legenda dan dongeng di Norwegia sana. Namun masih belum ada sumber yang memberitahukan dari mana asal kucing ini yang sebenarnya.Kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang dan lebat serta tubuh yang besar, namun tak sebesar Maine Coon. Mereka adalah kucing yang lembut, penyayang dan cerdas, hanya saja kadang mereka malas. Di luar sifat malasnya ini, Norwegian Forest tetaplah cocok untuk cat lovers pelihara di rumah!

19.OCICAT

sumber: https://infobinatang.com/wp-content/uploads/2019/08/cropped-kucing-Kucing-Ocicat.jpg

Ocicat adalah salah satu kucing eksotis yang lahir dari perslinagan antara kucing Abyssinian, Siamese dan Oriental Shorthair pada tahun 1964 yang lalu.Kucing jenis Ocicat memiliki mata seperti almond, tubuh besar dan kaki berotot—kesannya kuat dan gahar. Karena mereka adalah keturunan dari tiga ras kucing maka sifatnya juga campuran, umumnya memiliki sifat mirip Abyssinian dan Siamese.Mereka adalah kucing yang senang berinteraksi, tak malu ataupun takut pada orang baru, bisa berteman dengan hewan peliharaan lain, senang diajak jalan-jalan, juga cerdas. Jika cat lovers memelihara Ocicat di rumah, kemungkinan besar akan seperti memelihara anjing karena sifat-sifat tersebut.

20.SIAMESE

sumber: https://cvm.ncsu.edu/wp-content/uploads/2017/04/siamemsescats-e1491411839658-828×477.jpg

Siapa yang tak mengenal kucing ini? Perlu cat lovers ketahui bahwa kucing ini berasal dari Thailand dan sudah berumur panjang—sampai berabad-abad loh! Meski begitu, keberadaannya baru dikenal di dunia barat pada akhir abad ke-19 di sebuah pertunjukan kucing di Crystal Palace, London.Menurut beberapa sumber, Siamese adalah kucing yang cerewet namun cerdas. Mereka bisa mengerti apa yang cat lovers lakukan kemudian ikut campur dalam kegiatan kalian di rumah. Selain itu, mereka juga aktif dan senang bermain, sangat sosial. Kami ingatkan bahwa mereka bisa merasa depresi jika terlalu lama ditinggal sendirian.

21.ORIENTAL LONGHAIR

Cat-Oriental Long Hair

Kucing Oriental Longhair termasuk ke dalam kucing domestik. Beberapa registri kucing mengelompokan Oriental Longhair dengan Oriental Shorthair ke dalam jenis yang sama, yaitu Oriental. Sementara yang lainnya justru menyebutkan bahwa dua bersaudara ini berebda jenis. Sebelum menyandang nama Oriental Longhair seperti sekarang, mereka disebut British Persia.Kucing Oriental Longhair memiliki tubuh panjang—mirip tabung—dengan bentuk kepala yang sedikit tringular dan mencolok. Mereka juga sangat aktif, lincah dan memiliki kemampuan melompat serta memanjat yang sangat baik. Meski begitu, mereka termasuk sangat loyal pada pemiliknya.

22.ORIENTAL SHORTHAIR

sumber: https://fullofcats.com/wp-content/uploads/2020/03/oriental-shorthair1.jpg

Secara umum, kucing Oriental Shorthair memiliki kemiripan dengan saudaranya si Oriental Longhair. Hanya saja, mereka memiliki bulu yang lebih pendek. Namun beberapa artikel mengatakan mereka juga memiliki kedekatan dengan kucing Siamese.

23.PERSIAN

sumber: https://www.mendetail.com/wp-content/uploads/2014/11/Daftar-Harga-Kucing-Anggora-Jantan-dan-Betina-Jual-Sesuai-Umur-dan-Kondisi.jpg

Kami yakin, cat lovers sangat akrab sekali dengan kucing jenis Persian. Namun, tahukah bahwa kucing ini masih belum jelas asal-usulnya? Tak ada sumber yang bisa menjelaskan kapan dan di mana kucing Persian pertama kali ditemukan, namun ada yang menyebutkan bahwa mereka berasal dari Persia (Iran) kemudian dibawa ke Italia di tahun 1620 oleh seseorang yang bernama Pietro Della Valle. Si malas ini adalah kucing yang memiliki bulu panjang dan tebal, kaki pendek, kepala lebar serta posisi telinga yang berjauhan. Namun mereka juga penyayang, bersahabat, tenang, tak suka membuat ulah. Oleh karena itu banyak keluarga yang mengadopsinya sebagai hewan peliharaan.

24.RAGDOLL

sumber: https://4.bp.blogspot.com/-zPnFX2A2bso/TYBF6szHEYI/AAAAAAAAGLo/7J-fwXrScRI/s1600/ragdolls.jpg

Ragdol adalah nama yang diambil dari kebiasaan pendahulu kucing ini yang sering lemas dan santai saat digendong—seperti orang yang pasrah pada keadaan hidupnya. Pertama kali dikembangbiakan pada tahun 1960an di California dengan mengawinkan Persian dan Birman.Ragdol adalah kucing yang cantik, juga termasuk dalam jenis kucing domestik. Tubuh dan kakinya memiliki besar yang proporsional, bulu yang lembut. Selain itu, mereka juga tak banyak menuntut dan mempunyai toleransi tinggi pada berbagai macam situasi. Hal ini lah yang membuat mereka bisa membaur dengan anak kecil dengan baik.

25.RAGAMUFFIN

sumber: https://vetstreet.brightspotcdn.com/dims4/default/3a4729f/2147483647/thumbnail/645×380/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fvetstreet-brightspot.s3.amazonaws.com%2F34%2F570ef0a34011e087a80050568d634f%2Ffile%2FRagamuffin-2-645mk062211.jpg

Kucing ini merupakan hasil persilangan antara Ragdoll dengan kucing Persian, Himalayan, dan kucing longhair domestik yang lain. Perkawinan antara empat jenis kucing ini membuat fisik kucing Ragamuffin berbeda dengan Ragdoll, terutama di bagian bulunya.Meski begitu, sifat dan tempramennya sama seperti kucing Ragdoll. Artinya, baik Ragamuffin maupun Ragdoll adalah sama-sama kucing yang baik untuk dipelihara.

26.RUSSIAN BLUE

sumber: https://adellezapataurdaneta.files.wordpress.com/2016/05/rbcat.jpg

Russian Blue adalah jenis kucing alamiah yang berasal dari Archangle Island, kemudian pada tahun 1860an kucing ini dibawa oleh pelaut keluar dari pulau tersebut. Maka diketahui nama lain dari Russian Blue adalah Archangel Cat atau Archangle Blue.Mereka adalah kucing dengan penampilan yang elegan, bersahabat dan setia. Namun mereka juga merupakan hewan yang penasaran, sangat energetik, senang melompat ataupun memanjat. Hal inilah yang membuat mereka jadi menyenangkan untuk diajak bermain. Selain itu, Russian Blue juga merupakan jenis kucing yang cerdas.Saking cerdasnya, cat lovers bisa diajak bermain oleh mereka dengan kode-kode tertentu. Misalnya membawa mainan ke tempat cat lovers duduk.Ciri khas dari kucing jenis ini adalah warna bulunya yang perak kebiruan—mirip Nebelung—hanya saja, Russian Blue memiliki bulu yang lebih pendek.

27.SELKIRK REX

sumber: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/12/selkirk1-742e422506bb31a515822185ae339990_600x400.jpg

Selkirk Rex ditemukan pada tahun 1987 di Montana secara tidak sengaja oleh seorang breeder bernama Jeri Newman.Selkirk Rex berbeda dengan Cornish atau Devon Rex karena memiliki bulu yang lebih tebal yang menutupi seluruh badannya. Hal ini dikarenakan genetik “Rex” di dalam diri mereka lebih dominan. Meski begitu, sifatnya masih sama seperti kucing dengan genetik “Rex” yang lain, hanya saja Selkirk Rex memiliki waktu bermain yang lebih panjang.

28.SIBERIAN FOREST

sumber: https://i.pinimg.com/originals/03/ac/dd/03acdd7f2a2b941aef18058529e27f6d.jpg

Siberian Forest dikenal juga dnegan nama Moscow Semilonghair, Neva Masquerade, atau Siberia. Konon, kucing jenis alami ini sudah berumur lebih dari seribu tahun, serta kerap muncul dalam berbagai dongeng di Rusia. Habitatnya berada di iklim yang sangat dingin, sehingga bulunya tumbuh lebih tebal—sampai tiga lapis—untuk membantunya tetap hangat.Kucing Siberian juga merupakan pemburu ulung yang lincah dalam melompat. Meski begitu, sebagai peliharaan mereka sangat jinak dan senang bermain. Terlabih mereka juga sering mengambil berbagai benda di sekitarnya untuk dijadikan mainan. Kabar baik bagi cat lovers yang alergi pada kucing, Siberian sangat cocok dipelihara karena dia mempunyai zat alergen yang lebih sedikit.

29.SINGAPURA

sumber: https://vetstreet.brightspotcdn.com/dims4/default/49bc458/2147483647/crop/0x0%2B0%2B0/resize/645×380/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fvetstreet-brightspot.s3.amazonaws.com%2F59%2F80b0d0a34211e087a80050568d634f%2Ffile%2FSingapura-3-645mk062311.jpg

Kucing Singapura termasuk ke dalam jenis kucing domestik alami yang berasal dari jalanan di Singapura. Kucing yang memiliki nama lain Kucinta atau Kucing Got ini mulai dikembangkan pada tahun 1970 yang lalu.Ciri khas kucing ini adalah tubuhnya yang kecil, bulu pendek, warna yang solid, serta mata yang besar. Meski begitu, Singapura adalah kucing yang aktif dan senang mencari perhatian bahkan menurut pengakuan beberapa orang, kucing ini cenderung rese. Oleh sebab itu maka kami sarankan cat lovers mengadopsi mereka sejak kecil agar bisa lebih mengendalikan “kereseannya”.

30.SNOWSHOE

sumber: https://2.bp.blogspot.com/-PsZR3TndtRc/V_NzweAEoqI/AAAAAAAAEiU/W6OMm0uSgBsdBHC7nN3QqE-thEGe3oOjgCLcB/s1600/SEJARAH%2BKUCING%2BSNOWSHOE.jpg

Nama Snowshoe diambil dari karakter bulu pada tubuhnya yang berwarna putih di bagian tangan dan kakinya—seperti sedang mengenakan sepatu. Mulai dikembangbiakan pa tahun 1960an dari hasil persilangan antara kucing Siamese dengan Oriental Shorthair di Philadelphia.Snowshoe banyak mengadopsi karakteristik nenek moyangnya, yaitu Siamese. Baik dalam sifat maupun tubuhnya. Perbedaannya hanya pada “sepatu” saja, karena Siamese memiliki “sepatu” berwarna hitam.Sayangnya, sebagian besar registri kucing mengakui bahwa Kucing Snowshoe sekarang sudah termasuk jenis kucing yang langka.

31.SOKOKE

sumber: https://www.gccfcats.org/portals/0/Sokoke.Snow.jpg

Sokoke berasal dari hutan Arabuko Sokoke di Kenya, Afrika. Di pedalaman hutan tersebut, Kaum Giriama hidup berdampingan dengan Kucing Sokoke sejak dulu kala. Meski begitu, nenek moyangnya masih belum diketahui sampai sekarang.Kucing ini masuk ke dalam kategori kucing liar. Kemampuan yang mereka miliki pun tak sembarangan. Mereka bisa melompat sangat tinggi dan lari dengan cepat, telinganya bisa berputar 180 derajat, dan sensitif terhadap suara yang masuk. Namun sayang sekali karena Hutan Arabuko mulai menyusut, populasi kucing ini pun ikut berkurang. Sampai saat ini, mungkin hanya tersisa tak lebih dari 100 ekor Kucing Sokoke di seluruh dunia. Ini menjadikannya salah satu kucing terlangka.

32.SOMALI

sumber: https://cat-world.com/wp-content/uploads/2017/07/somali-cat.jpg

Somali atau Longhaired Abyssinian sering disebut kucing rubah. Sampai saat ini belum ada sejarah yang jelas tentang asal-usul kucing Somali. Namun, sudah diketahui bahwa mereka sudah muncul di Amerika sejak tahun 1950.Seperti julukannya, kucing Somali memiliki rambut, kepala, dan telinga dengan bentuk seperti rubah. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang cerdas, aktif dan enerjik serta senang berlarian kesana-kemari.

33.SPHYNX

sumber: https://okdogi.com/wp-content/uploads/2019/01/bicolor-sphynx.jpg

Meski bernama Sphynx, kucing ini bukan berasal dari Mesir, melainkan dari Toronto Kanada. Pertama kali muncul pada tahun 1966 dari sebuah ketidaksengajaan dan pgenetik resesif. Meski terlihat botak, namun ternyata mereka memiliki bulu yang sangat tipis di kulitnya.Bulu yang tipis ini membuat mereka bisa melepas panas lebih mudah dan mengakibatkan tubuhnya menjadi terasa hangat saat disentuh. Sphynx juga merupakan kucing yang cerdas, extrovert, dan terikat pada pemiliknya. Jika cat lovers ingin memeliharanya di rumah, kami sarankan agar memberikan perhatian yang cukup padanya, karena mereka juga suka caper saat merasa tak mendapatkan perhatian dari cat lovers.

34.TONKINESE

sumber: https://vetstreet.brightspotcdn.com/dims4/default/fb98293/2147483647/crop/0x0%2B0%2B0/resize/645×380/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fvetstreet-brightspot.s3.amazonaws.com%2F26%2F88c8f0a34e11e087a80050568d634f%2Ffile%2FTonkinese-2-645mk062211.jpg

Tonkinese berasal dari persilangan antara Kucing Siamese dengan Kucing Burmese. Menurut data yang kami kumpulkan, mereka pertama kali terlihat pada tahun 1880an di daerah Tonkin, Indochina. Lalu tahun 1930an, mereka masuk ke San Francisco, Amerika Serikat.Bulu dan kulit kucing Tonkinese tergolong unik, karena bisa menyesuaikan dengan iklim habitatnya. Jika iklim yang lebih dingin, warna gelap akan mendominasi tubuhnya, sedangkan pada iklim yang hangat warna cerah yang mendominasi.Yang lebih menarik dari kucing ini adalah dia mengadopsi sifat penasaran serta cerdas dari Kucing Siaese dan sifat ekstrovert serta senang bermain dari Kucing Burmese. Maka jika cat lovers mengadopsinya, yang cat lovers dapatkan adalah kucing yang senang mengeksplorasi lingkungan sekitar serta penasaran pada macam-macam hal yang ada di sekitarnya.

35.TOYGER

sumber: https://vetstreet.brightspotcdn.com/dims4/default/52c83d6/2147483647/thumbnail/645×380/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fvetstreet-brightspot.s3.amazonaws.com%2Ff1%2F1a%2Fff1856564c279bf07a47185d5bb8%2FToyger-AP-GS5SQA-645sm3614.jpg

Kucing jenis Toyger adalah hasil persilangan antara kucing Bengal dengan kucing domestik lain yang dilakukan pada tahun 1980 oleh Judy Sugden. Hasilnya seperti yang cat lovers lihat, Toyger lebih mirip seperti macan dengan ukuran mini.Ciri khas kucing Toyger adalah warna kulit yang didominasi oleh warna orange dan punya tutul layaknya seekor macan. Meski penampilannya mirip dengan macan, Toyger ternyata sangat bersahat dan senang berada di dekat manusia.

36.TURKISH VAN

sumber: https://vetstreet.brightspotcdn.com/dims4/default/d59e671/2147483647/crop/0x0%2B0%2B0/resize/645×380/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fvetstreet-brightspot.s3.amazonaws.com%2F27%2Fa8e980a34f11e087a80050568d634f%2Ffile%2FTurkish-Van-4-645mk062211.jpg

Setelah membaca berbagai macam sumber, kami menemukan kesimpulan bahwa kucing Turkish Van disebut-sebut sebagai pembasmi tikus yang ada di bahtera Nabi Nuh a.s. Namun legenda tetaplah legenda, cat lovers boleh percaya mauapun tidak. Yang jelas, beberapa sumber mengatakan bahwa kucing ini tiba di Amerika Serikat pada tahun 1982.Penampilan Turkish Van cenderung cantik dan atletis. Bulunya empuk serta lembut; cerdas dan independen. Karena itu mereka hanya dekat dengan satu-dua orang manusia di sekitarnya. Sementara itu, sifat alami yang menarik dari kucing ini adalah mereka tak takut pada air, justru mereka lebih senang berenang.

37.TURKISH PERSIA

sumber: https://www.askideas.com/media/22/Tabby-And-White-Turkish-Angora.jpg

Turkish Persia merupakan jenis kucing Longhair yang pertama tiba di daratan Eropa. Sejak berabad-abad silam, Turkish Persia sudah jadi hiburan bagi masyarakat Turki. Kucing ini sangat lincah, cerdas, aktif, loyal, dan interaktif pada lingkungan di sekitarnya.

38.HIMALAYA

sumber: https://kucingmanis.com/wp-content/uploads/2019/10/kucing-himalaya2.jpg

Kucing Himalaya adalah hasil persilangan kucing Persia dengan Siamese. Kucing berbulu lebat yang biasa disebut Himmie dianggap sebagai sub-jenis kucing Persia daripada Siamese.Meski begitu warna bulunya yang indah merupakan turunan dari genetik kucing Siamese. Mereka juga mempunyai sifat yang kalem, senang bermain dan penyayang terhadap pemiliknya seperti kucing Siaese. Mereka bukan kucing yang ramah dengan lingkungan ramai, serta tidak suka berkelahi. Maka, kami sarankan sebisa mungkin cat lovers tetap menjaganya di dalam rumah karena di luar mereka rentan mendapatkan serangan dari kucing maupun hewan lain.

Nah, demikianlah 38 jenis kucing populer yang ada di dunia dan masih banyak lagi jenis kucing lainya yang akan dibahas pada kesempatan yang akan datang. Untuk menambah wawasan cat lovers semua dibawah ini kami sertakan link untuk menonton videonya:

http://www.youtube.com/c/TVMASAJI

 

Follow us:
38 Jenis Kucing Populer Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright @pakanmaster.com 2020