Salam ngekek nusantara.. . untuk sahabat ngekek (pecinta lovebird) semua, kali ini kami akan membahas 10 macam karakter atau tingkah laku burung lovebird yang sering dijumpai baik ketika lovebird sedang dalam gantangan pada saat kontes, maupun dalam keseharian lovebird di rumah. Simak terus.. selamat membaca, ekek..kekek..kekek.. .

Lovebird gesek tangkringan Lutino Lovebird ngapal

Sumber Gambar : http://goo.gl/RSjvSp, http://goo.gl/RIxIFp, http://goo.gl/DxyZ0s

1.Burung lovebird gelisah naik turun sangkar saat digantangkan

Burung lovebird yang terlihat gelisah dan naik turun sangkar saat di gantang, kemungkinan besar burung tersebut jarang di trek atau jarang melihat lovebird lainya saat dipelihara oleh sang pemilik, solusi untuk mengatasi hal ini ketika sedang dalam gantangan adalah lovebird di trek terlebih dahulu 2 atau 3 sesi sebelum gantangan burung lovebird di mulai. Sembari di trek lovebird bisa di spray dan di jemur agar sedikit lebih tenang saat di gantangkan.

2.Burung lovebird langsung start saat digantangkan

Tipe burung lovebird yang seperti ini tentu menjadi salah satu tipe idaman para ngekek mania, karakter lovebird yang langsung start kerja saat digantangkan merupakan tipakal lovebird yang agresif. Namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan burung lovebird dengan tipe seperti ini, bisa juga dibiasakan dengan cara harian full kerodong,  dan hanya di buka saat pembersihan kandang, mengganti pakan, dan memandikan lovebird saja.

3.Burung lovebird hanya call, dan aktif pada akhir-akhir penilaian digantangkan

Untuk karakter seperti ini biasanya burung harus di trek terlebih dahulu sebelum di gantang, tempatkanlah burung lovebird dengan tipikal seperti ini di tengah keramaian, beberapa sesi sebelum digantangkan. Dengan maksud agar burung lovebird gacoan anda bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan sekitar. Bila perlu mandikan dengan spray / cepuk terlebih dahulu sebelum naik gantangan, agar burung lebih fresh saat digantangkan.

4.Burung lovebird tidak bunyi (jalan) sama sekali saat digantangkan

Jika didapati hal seperti ini bisa jadi akibat dari lingkungan yang bertemperatur tinggi atau angin kencang, maupun keadaan fisik dan mental lovebird gacoan anda yang sedang kurang baik.

5.Burung Lovebird terlihat mencabuti bulu saat digantangkan

Jika terindikasi, burung lovebird mencabuti bulu saat digantangkan itu pertanda bahwa lovebird gacoan anda sedang over birahi. Usahakan burung lovebird gacoan anda di rawat intensif terlebih dahulu supaya tidak menjadi lebi parah birahinya.

6.Burung lovebird yang mengembung / terlihat lesu

Burung lovebird yang terlihat mengembung / terlihat lesu ada beberapa kemungkinan, yang pertama lovebird gacoan anda sedang dalam kondisi fisik / mental yang kurang prima. Yang kedua bisa jadi karena faktor lingkungan (Angin dan udara yang dingin).

7.Burung lovebird agresif pada salah satu jenis warna burung lovebird lainya

Ketertarikan burung lovebird pada salah satu warna yang ada pada burung lovebird, sering kali menjadi salah satu persoalan. Bagaikan pedang yang bermata pisau dua, disatu sisi hal ini bisa menjadi keuntungan, apabila lovebird gacoan anda menjadi lebih sering kerja (ngekek) karenanya, akan tetapi tidak sedikit yang menyebabkan burung lovebird gacoan anda malah sibuk mengejar / memperhatikan burung lovebird yang disukainya saja.

8.Burung lovebird terlihat gelisah dan hanya memperhatikan keadaan sekitar gantangan

Jka ditemukan keadaan / tingkah laku burung lovebird seperti ini, bisa jadi burung lovebird gacoan anda perlu beradaptasi dilingkungan barunya, terutama dengan kondisi hiruk pikuk dan keramaian di arena lomba yang sangat jauh berbeda dengan keadaan di rumah. Untuk itu bukalah kerondong sangkar burung lovebird anda dan letakan (gantungkan) sangkar didekat arena kontes, sesampainya di arena kontes. Agar Lovebird mempunyai waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan arena kontes terlebih dahulu.

9.Burung lovebird menggigit ruji dan terlihat agresif

Burung lovebird yang agresif dan menggigit-gigit ruji saat di gantangan kemungkinan besar salah satu faktornya adalah burung lovebird gacoan anda birahinya sedang tidak stabil. Usahakan untuk selalu memberikan treatment khusus terlebih dahulu pada burung lovebird gacoan anda sebelum mengikuti lomba. Dan pastikan kondisi fisik serta mental lovebird anda sedang dalam kondisi yang baik. Agar terhindar dari tingkah laku lovebird yang satu ini.

10.Burung lovebird menggesek tangkringan / ngapal saat digantangkan

Sudah dapat dipastikan burung lovebird gacoan anda sedang pada masa birahi tinggi (Over Birahi) pastikan juga berikan treatment yang khusus pada burung lovebird gacoan anda agar terhindar dari tingkah laku seperti tersebut pada  point 10 ini.

 

Demikianlah, 10 macam karakter atau tingkah laku burung lovebird yang sering dijumpai ketika burung lovebird berada pada gantangan saat mengikuti kontes semoga bermanfaat.

 

Redaksi,

 

Master BirdFood

10 macam karakter atau tingkah laku burung lovebird yang sering dijumpai ketika burung lovebird berada pada gantangan
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.